Buku Al-Qur’an-HadisMTs Kelas 9 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016

Al-Qur’an-Hadis merupakan sumber utama ajaran Islam, dalam  arti keduanya merupakan sumber akidah-akhlak, syari’ah/fikih (ibadah, muamalah), sehingga kajiannya berada di setiap unsur tersebut

Mata pelajaran Al-Qur’an-Hadis termasuk mata pelajaran kelompok A (wajib) untuk ilmu-ilmu agama Islam pada Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Mata pelajaran Al-Qur’an-Hadis kelas IX di Madrasah Tsanawiyah, sebagai mata pelajaran wajib yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan baca tulis yang baik dan benar, memahami makna secara tekstual dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari

Ruang lingkup mata pelajaran Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah kelas IX meliputi materi berikut:
1. Pembahasan tentang Ayat-ayat dan Hadis yang terkait  dengan fenomena alam.
2. Pembahasan tentang hukum bacaan mad silah, mad badal,  mad Tamkin, mad farqi, dan hukum bacaan mad lazim
3. Pembahasan tentang Ayat-ayat dan Hadis yang terkait  dengan pemanfaatan waktu dan kewajiban menuntut ilmu.

Kompetensi Inti pada kurikulum Ilmu Hadis terdiri dari 4 kompetensi. KI 1 berkaitan dengan  sikap terhadap al-Khaliq ( Tuhan Yang Maha Esa) atau sikap spiritual, KI 2 terkait dengan karakter diri dan sikap sosial, KI 3 terkait dengan pengetahuan tentang materi ajar atau aspek kognitif, dan KI 4 terkait dengan penyajian pengetahuan dan keterampilan.

KI 1, KI 2, dan KI 4 tidak diajarkan secara langsung (direct teaching) tetapi dikembangkan dan ditumbuhkan melalui proses pembelajaran secara tidak langsung (indirect teaching) pada setiap materi pokok yang ada pada KI 3.