Buku Matematika SMA Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 - Kamus Edukasi

Perangkat administrasi guru,Kurikulum 2013 SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK & MA/MAK,Silabus Kurikulum 2013, perangkat pembelajaran kurikulum 2013,KIKD,Administrasi Sekolah, Buku kurikulum 2013, Juknis, Juklak, Permendikbud

Buku Matematika SMA Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Secara umum, pembelajaran matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kecakapan atau kemahiran matematika. Kecakapan atau kemahiran matematika merupakan bagian dari kecakapan hidup yang harus dimiliki peserta didik terutama dalam pengembangan penalaran, komunikasi, dan pemecahan masalah (problem solving) yang dihadapi dalam kehidupan peserta didik sehari-hari. Matematika selalu digunakan dalam segala segi kehidupan.
Semua bidang studi memerlukan keterampilan matematika yang sesuai, merupakan sarana komunikasi yang logis, singkat dan jelas, dapat digunakan untuk menyajikan informasi dalam berbagai cara, meningkatkan kemampuan berpikir logis, ketelitian dan kesadaran keruangan, memberikan kepuasan terhadap usaha memecahkan masalah yang menantang, mengembangkan kreativitas, dan sarana untuk meningkatkan kesadaran terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Pembelajaran matematika di SMA/MA/SMK/MAK diarahkan untuk mendorong peserta didik mencari tahu dari berbagai sumber, mampu merumuskan masalah bukan hanya menyelesaikan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Disamping itu, pembelajaran diarahkan untuk melatih peserta didik berpikir logis dan kreatif bukan sekedar berpikir mekanistis serta mampu bekerja sama dan berkolaborasi dalam menyelesaikan masalah.
Model pembelajaran yang diterapkan dalam buku matematika kelas 10 dilandasi dengan teori pembelajaran yang menganut paham konstruktivistik. Seperti Project- Based Learning, Problem-Based Learning, dan  Discovery Learning dengan pendekatan scientific learning melalui proses mengamati, menanya, menalar, mencoba, membangun  jejaring dan mengomunikasikan  berbagai informasi terkait pemecahan masalah real world, analisis data, dan menarik kesimpulan. Proses pembelajaran memberi perhatian pada aspek-aspek kognisi dan mengangkat berbagai masalah real world yang sangat mempengaruhi aktivitas dan perkembangan mental siswa selama proses pembelajaran dengan prinsip- prinsip berikut. (1) Setiap anak lahir, tumbuh dan berkembang dalam matriks sosial tertentu  telah  memiliki  potensi.  (2)  Cara  berpikir,  bertindak,  dan persepsi setiap orang dipengaruhi  nilai budayanya. (3) Matematika adalah hasil konstruksi  sosial dan  sebagai alat penyelesaian masalah kehidupan. (4) Matematika adalah hasil abstraksi pikiran manusia
Metode pembelajaran yang diterapkan, antara lain metode penemuan, pemecahan masalah, tanya-jawab, diskusi dalam kelompok heterogen, pemberian tugas produk, unjuk kerja, dan projek. Pembelajaran matematika yang diharapkan dalam praktek pembelajaran di kelas adalah (1) pembelajaran berpusat pada aktivitas siswa, (2) siswa diberi kebebasan berpikir memahami masalah,  membangun   strategi  penyelesaian  masalah,  mengajukan   ide- ide  secara bebas dan  terbuka,  (3)  guru  melatih  dan  membimbing  siswa berpikir  kritis dan  kreatif dalam menyelesaikan masalah, (4) upaya guru mengorganisasikan  untuk  bekerja sama  dalam  kelompok  belajar, melatih siswa berkomunikasi menggunakan grafik, diagram, skema, dan variabel, (5) seluruh hasil kerja selalu dipresentasikan di depan kelas untuk menemukan berbagai konsep, hasil penyelesaian masalah, dan aturan  matematika yang ditemukan melalui proses pembelajaran.
Rancangan model pembelajaran masing-masing akan diterapkan mengikuti  5 (lima)  komponen  utama  model  pembelajaran, yaitu sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, serta dampak instruksional dan pengiring yang diharapkan 

Pembelajaran matematika dilakukan dalam rangka mencapai kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Pengembangan kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran tidak langsung (Indirect Teaching).
Adapun ruang lingkup materi yang terdapat pada buku matematika kelas 10 kurikulum 203 revisi 2017 diantaranya meliputi
Bab 1 Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel
Konsep Nilai Mutlak 
Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel 

Bab 2 Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel 
Menyusun dan Menemukan Konsep Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel 
Penyelesaian Sistem Pertidaksamaan Linear Tiga Variabel 

Bab 3 Fungsi 
Memahami Notasi, Domain, Range dan Grafik Suatu Fungsi 
Operasi Aritmetika dan Komposisi Fungsi 
Menemukan Konsep Fungsi Invers 

Bab 4 Trigonometri 
Ukuran Sudut dan  Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku
Nilai Perbandingan Trigonometri.
Relasi Sudut
Identitas Trigonometri dan Aturan Sinus dan Cosinus
Grafik Fungsi Trigonometri (y = sin x, y = cos x, dan tan y = tan x

Tag : Buku Mapel
Back To Top