SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang
Keahlian
|
:
|
Bisnis dan
Manajemen
|
Program
Keahlian
|
:
|
Semua
Program Keahlian (3Tahun)
|
Kompetensi
Keahlian
|
:
|
Semua
Kompetensi Keahlian
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Ekonomi Bisnis (C1)
|
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi,
yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan,
dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap
spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial
yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab,
responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan,
pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
KOMPETENSIINTI(KI-3)
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI
(KI-4)
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis,danmengevaluasitentangpengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kerja Ekonomi Bisnispada
tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Ekonomi Bisnis
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secaraefektif,
kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi,
kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerakalami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung.
|
Kompetensi Dasar 3
|
Kompetensi
Dasar 4
|
Alokasi Waktu
|
3.1
Menerapkan ilmu ekonomi dan perkembangannya
|
4.1
Menggunakan konsepilmu ekonomi dalam kegiatan usaha
|
4 JP
|
3.2
Mengevaluasi
masalah–masalah ekonomi
|
4.2
Memberikan solusi terhadap masalah ekonomi
dilingkungannya
|
6 JP
|
3.3
Menganalisis kelangkaan (hubungan antara sumber daya
dengan kebutuhan manusia)
|
4.3 Memecahkan
masalah kelangkaan sumberdaya dan
kebutuhan manusia dilingkungannya
|
6 JP
|
3.4
Memahami Model, pelaku ekonomi,
perilaku konsumen dan produsen dalam
kegiatan ekonomi
|
4.4 Menentukanmodel,
pelaku ekonomi, perilaku konsumen dan
produsen yang sesuai tuntutan
perkembangan usaha
|
6 JP
|
3.5 Memahami hukum permintaan, penawaran, konsep
elastisitas dan harga keseimbangan
pasar
|
4.5
Menentukan
tingkat elastisitas
permintaan, penawaran, dan harga keseimbangan pasar suatu produk
|
6 JP
|
3.6 Menerapkan
langkah-langkahperhitungan biaya produksi dan
keuntungan (teori biaya)
|
4.6 Menghitung
biaya produksi, dan keuntungan dalam
kegiatan usaha
|
8 JP
|
3.7 Mendeskripsikan pasar monopoli, monopolistik dan oligopoly
|
4.7 Menentukanciri-ciri
pasar monopoli, monopolistik dan oligopoly
|
6 JP
|
3.8 Menganalisisbentuk-bentuk
badan usaha
|
4.8 Memilih bentuk-badan usaha yang sesuai dengan
sistem ekonomi nasional
|
6 JP
|
3.9 Menerapkan
rencana usaha kecil dan menengah
|
4.9 Membuat
rancangan usaha kecil/menengah sesuai potensi lingkungannya
|
6 JP
|
3.10 Memahami
Lembaga Keuangan
|
4.10
Mengklasifikasikanberbagai
lembaga keuangan milik pemerintah dan
swasta sesuai perkembangannya
|
6 JP
|
3.11 Menganalisis
hak dan kewajiban tenaga kerja berdasarkan undang-undang ketenagakerjaan.
|
4.11
Merumuskanhak dan
kewajiban tenaga kerja di lingkungan kerja.
|
4 JP
|
3.12 Menerapkan prosedur
kelengkapan dokumen perdagangan dalam dan luar negeri
|
4.12
Membuat kelengkapan dokumen yang
diperlukandalam lalulintas perdagangan
dalam dan luar negeri
|
8 JP
|
4.13 Jumlah
|
72 JP
|
Malang, 1
Maret 2017
TIM PENGEMBANG EKONOMI BISNIS
|
|
SMKN 1
PANGKAL PINANG
DARLIM, M.Pd
NO.HP ::
081367351764
|
SMKN 3 BANDUNG
DENI HAMDANI,S.Pd
N0. HP : 081220330950
|