Perangkat administrasi guru,Kurikulum 2013 SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK & MA/MAK,Silabus Kurikulum 2013, perangkat pembelajaran kurikulum 2013,KIKD,Administrasi Sekolah, Buku kurikulum 2013, Juknis, Juklak, Permendikbud

KI-KD EKONOMI BISNIS (C1) SMK REVISI 2017


KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN

Bidang Keahlian
:
Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian
:
Semua Program Keahlian (3Tahun)
Kompetensi Keahlian
:
Semua Kompetensi Keahlian
Mata Pelajaran
:
Ekonomi  Bisnis (C1)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSIINTI(KI-3)
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI (KI-4)
(KETERAMPILAN)
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis,danmengevaluasitentangpengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Ekonomi Bisnispada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.      Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan  prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Ekonomi Bisnis
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang  terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secaraefektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerakalami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar 3
Kompetensi Dasar 4
Alokasi Waktu
3.1       Menerapkan ilmu ekonomi dan perkembangannya
4.1     Menggunakan konsepilmu ekonomi dalam kegiatan usaha
4 JP
3.2        Mengevaluasi masalah–masalah ekonomi
4.2     Memberikan solusi terhadap masalah ekonomi dilingkungannya
6 JP
3.3       Menganalisis kelangkaan (hubungan antara sumber daya dengan kebutuhan manusia)
4.3     Memecahkan masalah kelangkaan sumberdaya dan  kebutuhan manusia dilingkungannya
6 JP
3.4       Memahami Model, pelaku ekonomi, perilaku konsumen dan  produsen dalam kegiatan ekonomi
4.4      Menentukanmodel, pelaku ekonomi,  perilaku konsumen dan produsen  yang sesuai tuntutan perkembangan usaha
6 JP
3.5       Memahami  hukum permintaan, penawaran, konsep elastisitas dan harga keseimbangan  pasar

4.5     Menentukan  tingkat elastisitas permintaan, penawaran, dan harga keseimbangan pasar suatu produk
6 JP
3.6       Menerapkan langkah-langkahperhitungan biaya produksi dan  keuntungan (teori biaya)
4.6     Menghitung biaya produksi, dan  keuntungan dalam kegiatan usaha
8 JP
3.7       Mendeskripsikan  pasar monopoli, monopolistik dan oligopoly
4.7       Menentukanciri-ciri pasar monopoli, monopolistik dan oligopoly
6 JP
3.8       Menganalisisbentuk-bentuk badan usaha
4.8       Memilih  bentuk-badan usaha yang sesuai dengan sistem ekonomi  nasional
6 JP
3.9       Menerapkan rencana usaha kecil dan menengah
4.9       Membuat rancangan usaha kecil/menengah sesuai potensi lingkungannya
6 JP
3.10   Memahami Lembaga Keuangan
4.10     Mengklasifikasikanberbagai lembaga keuangan milik  pemerintah dan swasta sesuai perkembangannya
6 JP
3.11   Menganalisis hak dan kewajiban tenaga kerja berdasarkan undang-undang ketenagakerjaan.
4.11   Merumuskanhak dan kewajiban tenaga kerja di lingkungan kerja.
4 JP
3.12   Menerapkan  prosedur  kelengkapan dokumen perdagangan dalam dan luar negeri
4.12   Membuat kelengkapan dokumen yang diperlukandalam lalulintas  perdagangan dalam dan luar negeri
8 JP
4.13  Jumlah
72 JP

Malang, 1 Maret 2017
TIM PENGEMBANG  EKONOMI BISNIS
SMKN 1 PANGKAL PINANG




DARLIM, M.Pd
NO.HP :: 081367351764
SMKN 3 BANDUNG




DENI HAMDANI,S.Pd
N0. HP : 081220330950


Tag : KIKD
Back To Top