SALINAN LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 24 TAHUN 2016 TENTANG KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PELAJARAN PADA KURIKULUM 2013 PADA PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR BAHASA INDONESIA SD/MI KELAS: I
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut.
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami pengetahuan faktual
dengan
cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan
menanya berdasarkan rasa
ingin tahu
tentang
dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di
rumah dan
di sekolah
|
4. Menyajikan
pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan
logis dalam karya yang estetis, dalam
gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang
mencerminkan
perilaku
anak beriman dan
berakhlak
mulia
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menjelaskan kegiatan persiapan
membaca permulaan
(cara duduk
wajar dan baik, jarak
antara mata dan
buku, cara memegang buku, cara membalik halaman
buku, gerakan mata dari
kiri
ke kanan, memilih
tempat
dengan cahaya
yang terang, dan etika membaca
buku) dengan
cara yang benar
|
4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan
baik, jarak antara mata
dan buku, cara
memegang
buku, cara membalik
halaman buku, gerakan mata dari
kiri
ke
kanan, memilih tempat
dengan cahaya yang terang) dengan benar
|
3.2 Mengemuka-kan kegiatan persiapan menulis permulaan
(cara duduk,
cara memegang pensil, cara
menggerakkan pensil, cara
meletakkan buku,
jarak antara
mata dan buku,
pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar secara lisan
|
4.2 Mempraktikkan kegiatan persiapan menulis
permulaan (cara duduk, cara memegang pensil,
cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, gerakan tangan atas-bawah, kiri-kanan,
latihan pelenturan gerakan tangan dengan gerakan menulis di udara/pasir/ meja,
melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak, menggambar, membuat garis tegak, miring, lurus,
dan lengkung, menjiplak
berbagai
bentuk gambar, lingkaran, dan
bentuk
huruf di tempat bercahaya terang) dengan
benar
|
3.3 Menguraikan lambang bunyi vokal
dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau
bahasa daerahatau
bahasa daerah
|
4.3 Melafalkan bunyi vokal
dan konsonan
dalam kata bahasa Indonesia atau
bahasa daerah
|
3.4 Menentukan
kosakata tentang anggota tubuh dan
pancaindra serta perawatannya melalui
teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair
lagu) dan eksplorasi
lingkungan
|
4.4 Menyampaikan penjelasan
(berupa
gambar dan tulisan)
tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya menggunakan
kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan
bahasa daerah secara
lisan dan/atau
tulis
|
3.5 Mengenal kosakata tentang cara
memelihara kesehatan melalui
teks pendek (berupa gambar, tulisan,
dan slogan sederhana) dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
4.5 Mengemukakan penjelasan
tentang cara memelihara kesehatan
dengan
pelafalan kosakata Bahasa Indonesia yang
tepat dan dibantu
dengan bahasa daerah
|
3.6 Menguraikan kosakata tentang
berbagai
jenis benda di lingkungan
sekitar melalui teks
pendek
(berupa gambar, slogan
sederhana, tulisan,
dan/atau syair lagu)
dan/atau
eksplorasi lingkungan.
|
4.6 Menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan ejaan
yang tepat dan dibantu dengan
bahasa daerah mengenai berbagai
jenis
benda di lingkungan sekitar dalam teks
tulis
sederhana
|
3.7 Menentukan
kosakata yang berkaitan
dengan peristiwa siang
dan malam melalui
teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair
lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
4.7 Menyampaikan penjelasan
dengan
kosakata Bahasa Indonesia dan dibantu
dengan bahasa daerah
mengenai
peristiwa siang dan
malam dalam teks
tulis dan gambar
|
3.8 Merinci ungkapan
penyampaian
terima kasih,
permintaan
maaf, tolong, dan
pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan
petunjuk kepada orang
lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan
tulisan
yang dapat dibantu dengan
kosakata bahasa daerah
|
4.8 Mempraktikan ungkapan terima kasih,
permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan
menggunakan bahasa yang
santun kepada orang lain secara lisan dan
tulis
|
3.9 Merinci kosakata dan ungkapan
perkenalan diri, keluarga, dan
orang-orang di tempat tinggalnya
secara lisan
dan tulis yang
dapat dibantu
dengan kosakata bahasa
daerah
|
4.9 Menggunakan kosakata dan
ungkapan
yang tepat untuk perkenalan
diri, keluarga, dan
orang-orang di tempat tinggalnya
secara sederhana dalam bentuk
lisan dan tulis
|
3.10Menguraikan kosakata hubungan kekeluargaan melalui
gambar/bagan silsilah keluarga dalam bahasa
Indonesia atau bahasa daerah
|
4.10 Menggunakan
kosakata yang tepat
dalam percakapan tentang hubungan
kekeluargaan dengan
menggunakan bantuan gambar/bagan silsilah keluarga
|
3.11Mencermati puisi anak/syair lagu
(berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan,
hormat kepada orang
tua, kasih sayang, atau
persahabatan) yang
diperdengarkan
dengan tujuan untuk
kesenangan
|
4.11 Melisankan puisi anak atau
syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan,
hormat kepada orang
tua, kasih sayang, atau
persahabatan) sebagai bentuk
ungkapan
diri
|