KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH
KEJURUAN
Bidang Keahlian : Seluruh Bidang
Keahlian
Program Keahlian : Seluruh
Program Keahlian
Kompetensi
Keahlian :
Seluruh Kompetensi Keahlian (3 Tahun)
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi,
yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan,
dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja
sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui
keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara
berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia”. Kedua kompetensi
tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya
sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan
kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap
dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai
pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI
INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami,b menerapkan,
menganalisis,
dan mengevaluasi tentang
pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kajian bahasa
Indonesiapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai
dengan bidang kajian bahasa Indonesia.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu
dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi,
kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah
konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
(JP)
|
3.1
Memahami laporan hasil
observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dipresentasikan
dengan lisan dan tulis
|
4.1
Menyajikan isi teks (intisari) laporan hasil observasi berkaitan
dengan bidang pekerjaan berdasarkan
interpretasi baik secara lisan maupun tulis
|
8
|
3.2
Menganalisis
isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi berkaitan
dengan bidang pekerjaan
|
4.2
Mengonstruksikan
teks laporan observasi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan
isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis
|
8
|
3.3
Mendeskripsikan(permasalahan,
argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan
dengan bidang pekerjaan yang
didengar dan atau dibaca
|
4.3
Mengembangkan
isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan
dengan bidang pekerjaan secara
lisan dan/tulis
|
8
|
3.4
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang
berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.4
Mengonstruksikan
teks eksposisi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan
isi(permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan
kebahasaan
|
8
|
3.5
Menganalisis teks anekdot dari
aspek makna tersirat
|
4.5
Mengonstruksi
makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis
|
8
|
3.6
Mengevaluasi struktur dan
kebahasaan teks anekdot
|
4.6
Menciptakan
kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan
maupun tulis.
|
8
|
3.7
Mendeskripsikan nilai-nilai dan isi
yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis
|
4.7
Menceritakan
kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca
|
8
|
3.8
Membandingkan
nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen
|
4.8
Mengembangkan
cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan
nilai-nilai
|
8
|
3.9
Menguraikan butir-butir penting
dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel
|
4.9
Menyusun
ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel
yang dibaca
|
8
|
3.10 Menganalisis pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam
teks negosiasi berkaitan dengan
bidang pekerjaan lisan
maupun tertulis
|
4.10
Menyampaikan
pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi berkaitan
dengan bidang pekerjaan
secara lisan atau tulis
|
8
|
3.11 Mengevaluasi isi, struktur (orientasi,
pengajuan,penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi berkaitan dengan bidang
pekerjaan
|
4.11
Mengonstruksikan
teksnegosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan dengan memerhatikanisi,struktur
(orientasi, pengajuan, penawaran,
persetujuan, penutup) dan
kebahasaan
|
8
|
3.12 Menganalisis permasalahan/ isu,
sudut pandang dan argumen beberapa
pihak dan simpulan dari debat berkaitan dengan bidang pekerjaan untuk menemukan
esensi dari debat
|
4.12
Mengonstruksi
permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat berkaitan
dengan bidang pekerjaan
secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat
|
8
|
3.13 Menganalisis isi debatberkaitan dengan
bidang pekerjaan
(permasalahan/isu, sudutpandang danargumenbeberapa pihak, dan simpulan)
|
4.13
Mengembangkan
permasalahan/ isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam
berdebat berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
8
|
3.14 Menganalisisbutir-butir
penting
yang dapat diteladani dari teks biografi berkaitan dengan bidang
pekerjaan
|
4.14
Menyajikanhal-hal yang dapat
diteladani dari tokoh yang terdapat
dalam teks biografi berkaitan
dengan bidang pekerjaan
yang dibaca secara tertulis
|
8
|
3.15 Menganalisis aspek
makna dan kebahasaan dalam teks biografi berkaitan dengan bidang
pekerjaan
|
4.15
Membuat teks biografi berkaitan
dengan bidang pekerjaan
baik lisan maupun tulis
|
8
|
3.16 Menganalisis suasana, tema, dan
makna beberapa puisi yang terkandung
dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca
|
4.16
Mendemonstrasikan
(membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau
kumpulan puisi dengan memerhatikan
vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)
|
8
|
3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi
|
4.17
Menulis
puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa,
imaji, struktur, perwajahan)
|
8
|
3.18 Menganalisis isi
dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca
|
4.18
Menyajikan replikasi isi buku
ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi
|
8
|
|
|
|
3.19 Menganalisis informasi berupa
pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur berkaitan
dengan bidang pekerjaan
|
4.19
Merancang
pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur berkaitan
bidang pekerjaan
dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
|
6
|
3.20
Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks prosedur berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.20
Mengembangkan
teks prosedur berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan hasil
analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan
|
6
|
3.21 Menganalisis informasi
(pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi berkaitan
dengan bidang pekerjaan
lisan dan tulis
|
4.21
Mengkonstruksi
informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi berkaitan
dengan bidang pekerjaan
secara lisan dan tulis
|
6
|
3.22 Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks
eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.22
Memproduksi
teks eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan
atautulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
|
6
|
3.23 Menganalisis informasi berupa
permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah berkaitan
dengan bidang pekerjaan
|
4.23
Menyusun
bagian-bagian pentingdari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan
dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
6
|
3.24 Menganalisis isi,
struktur, dan kebahasaan dalam ceramahberkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.24
Mengonstruksi
ceramah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan
menggunakan struktur yang tepat
|
6
|
3.25 Mendeskripsikan butir-butir penting
dari satu
buku pengayaan(nonfiksi) berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca
|
4.25
Menyajikan butir-butir penting dari satu buku pengayaan(nonfiksi)berkaitan
dengan bidang pekerjaan
|
6
|
3.26 Menemukan butir-butir penting dari dua buku pengayaan berkaitan
dengan bidang pekerjaan
(nonfiksi) yang dibaca
|
4.26
Menyajikan persamaan dan perbedaan isi dua buku pengayaan
berkaitan dengan bidang pekerjaan (nonfiksi) yang dibaca
|
6
|
3.27 Menganalisis
pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
|
4.27
Menyusun ulasanterhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
|
6
|
3.28 Mendeskripsikaninformasi penting yang
ada dalam proposal kegiatan atau penelitian berkaitan dengan bidang
pekerjaan
|
4.28
Melengkapi
informasi dalam proposal berkaitan dengan bidang pekerjaansupaya lebih efektif
|
6
|
3.29 Menganalisisisi,
sistematika, dan kebahasaan suatu proposal berkaitan dengan bidang
pekerjaan
|
4.29
Merancang
sebuah proposal karya ilmiah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan informasi,
tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan
|
6
|
3.30 Menganalisis informasi, tujuan
dan esensi sebuah karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca
|
4.30
Merancang
informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah berkaitan
dengan bidang pekerjaan
|
6
|
3.31 Menganalisis
sistematika dan kebahasaan karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.31
Mengonstruksi
sebuah karya ilmiah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi,
sistematika, dan kebahasaan
|
6
|
3.32 Membandingkan isi
berbagai resensi berkaitan dengan bidang pekerjaan untuk menemukan
sistematika sebuah resensi
|
4.32
Menyajikan isi sebuah resensi berkaitan
bidang pekerjaan
dengan memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi
|
6
|
3.33 Menganalisis
kebahasaan resensi dalam kumpulan cerpen atau novel setidaknya
dua karya yang berbeda
|
4.33
Mengkonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan cerita pendek atau novel yang
sudah dibaca
|
6
|
3.34
Menganalisis alur cerita, babak
demi babak, dan konflik dalam drama
yang dibaca atau ditonton
|
4.34
Mempertunjukkan salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau
ditonton secara lisan
|
6
|
3.35 Menganalisis
isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton
|
4.35
Mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi
dan kebahasaan
|
6
|
3.36
Menganalisis pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan
puisi) yang dibaca
|
4.36
Menyusun ulasan terhadap pesan dari dua buku kumpulan puisi yang
dikaitkan dengan situasi kekinian
|
6
|
|
|
|
3.37
Mendeskripsikan isi dan sistematika
surat lamaran pekerjaan yang dibaca
|
4.37
Menyajikan
simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan
maupun tulis
|
6
|
3.38
Menganalisis unsur kebahasaan
surat lamaran pekerjaan
|
4.38
Menyusun
surat lamaran pekerjaan denganmemerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan
|
6
|
3.39
Menganalisis informasi, yang
mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan
resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis
|
4.39
Mengonstruksi
nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi
|
8
|
3.40
Menganalisis
kebahasaan cerita atau novel sejarah
|
4.40
Menulis
cerita sejarah pribadi dengan memerhatikan kebahasaan
|
8
|
3.41
Mendeskripsikan informasi
(pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks
editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.41
Menyeleksi
ragam informasi sebagai bahan teks editorial berkaitan dengan bidang
pekerjaan
baik secara lisan maupun tulis
|
6
|
3.42
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial berkaitan
dengan bidang pekerjaan
|
4.42
Merancang
teks editorial berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan struktur
dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
|
8
|
3.43
Menilai
isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku
pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
|
4.43
Menyusun
laporan hasil diskusi buku tentang satu topik baik secara lisan maupun tulis
|
8
|
3.44
Menganalisis isi teks iklansesuai bidang pekerjaan
|
4.44
Mengonstruksi makna dan tujuan isi teks iklan sesuai
bidang pekerjaan
|
6
|
3.45
Menganalisis
struktur dan ciri kebahasaan teks iklan sesuai bidang pekerjaan
|
4.45
Menyusunteks
iklan sesuai bidang pekerjaan
dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
|
8
|
3.46
Mengevaluasi
informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel berkaitan
dengan bidang pekerjaan
yang dibaca
|
4.46
Menyusun
opini dalam bentuk artikel berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
8
|
3.47
Menganalisis
kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.47
Mengonstruksi
sebuah artikel berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan fakta dan
kebahasaan
|
8
|
3.48
Mendeskripsikan isi dan sistematika
surat dinas berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.48
Menyajikan
simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat dinas berkaitan dengan bidang
pekerjaan
baik secara lisan maupun tulis
|
6
|
3.49
Menganalisis unsur kebahasaan
surat dinas yang sesuai bidang pekerjaan
|
4.49
Menyusun
surat dinas yang berkaitan bidang pekerjaan denganmemerhatikan isi,
sistematika dan kebahasaan
|
8
|
4.50
Menulis
refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan
(nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)
|
8
|
|
Jumlah
|
354
|
Download KIKD Bahasa Indonesia SMK Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017