KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH
KEJURUAN
Bidang Keahlian :
Seluruh Bidang Keahlian
Program Keahlian :
Seluruh Program Keahlian
Kompetensi Keahlian : Seluruh Kompetensi
Keahlian (3 Tahun)
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi,
yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan,
dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intr.akurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja
sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui
keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara
berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia”. Kedua kompetensi
tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap
dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan
sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih
lanjut.
KOMPETENSI
INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis,
dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kajian/kerja _________________________________(diisi
Nama Mapel)pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks,
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai
dengan bidang kajian/kerja __________________________ ___________________(diisi Nama Mapel).
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang
terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan,
meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah
konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU (JP)
|
3.1
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks
penggunaannya di dunia kerja.(Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive)
|
4.1
Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
6
|
3.2
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal
lisan dan tulis yang melibatkan tindakan
memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), serta menanggapinya, sesuai dengan konteks
penggunaannya di dunia kerja.
|
4.2
Menyusun
teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sederhana yang melibatkan
tindakan memberikan ucapan selamat dan
memuji bersayap (extended), dan
menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks di dunia kerja.
|
6
|
3.3
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya
di dunia kerja. (Perhatikan unsur kebahasaan be going to, would like to)
|
4.3
Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan
suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks dunia kerja.
|
6
|
3.4
Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif
lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi pendek dan sederhana terkait
orang, benda dan tempat sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
4.4. Teks
deskriptif
4.4.1
Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks deskriptif, lisan dan tulis, pendek dan sederhana
terkait orang, benda dan tempat.
4.4.2
Menyusun teks deskriptif lisan dan
tulis, pendek dan sederhana, terkait orang, benda dan tempat, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai konteks
|
12
|
3.5
Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam
bentuk pemberitahuan (announcement),
dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah/tempat kerja,
sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.5
Teks Pemberitahuan (Announcement)
4.5.1
Menangkap makna secara kontekstual
terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam
bentuk pemberitahuan (announcement)
4.5.2 Menyusun teks
khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement),
lisan dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
6
|
3.6
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
keadaan/tindakan/ kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau
yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan simple past tense vs present perfect tense)
|
4.6
Menyusun
teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang
melibatkan tindakan unsur dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/
kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu
terjadinya dan kesudahannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
9
|
3.7
Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks recount lisan dan tulis dengan memberi
dan meminta informasi terkait peristiwa/pengalaman di tempat kerja sesuai
dengan konteks penggunaannya
|
4.7
Teks Recount
– peristiwa/pengalaman
4.7.1
Menangkap makna secara kontekstual
terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks recount lisan dan tulis terkait
peristiwa/pengalaman di tempat kerja.
4.7.2 Menyusun teks recount lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait
peristiwa/pengalaman di tempat kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
9
|
3.8
Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif
lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.8
Menangkap makna
secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks naratif, lisan dan tulis
sederhana terkait legenda rakyat
|
9
|
3.9
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
saran dan tawaran, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan should, can)
|
4.9
Menyusun
teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
|
6
|
3.10 Membedakan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk
surat pribadi dengan memberi dan menerima informasi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya, sesuai
dengan konteks penggunaannya
|
4.10 Teks
Surat Pribadi
4.10.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk
surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya
4.10.2
Menyusun teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri
dan orang sekitarnya, lisan dan tulis, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
6
|
3.11 Menerapkan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa
teks khusus dalam bentuk memo, menu, schedule dan signs
dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah atau tempat
kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
4.11
Teks memo, menu, schedule dan signs.
4.11.1Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk memo, menu, schedule dan signs.
4.11.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk memo, menu, schedule dan signs lisan dan tulis, pendek dan
sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan secara benar dan sesuai konteks.
|
12
|
3.12 Menerapkan fungsi
social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan
dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
perbandingan kata sifat sesuai dengan
bidang keahlian dan konteks penggunaannya.
|
4.12
Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan member
dan meminta informasi terkait perbandingan kata sifat dengan memperhatikan
fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
|
9
|
|
|
|
3.13 Menerapkan fungsi
social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan
dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi tentang
petunjuk arah (direction) sesuai
dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
4.13
Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi tentang petunjuk arah (direction) dengan memperhatikan fungsi
social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks di
dunia kerja.
|
9
|
3.14 Menerapkan fungsi
social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
kegiatan/tugas-tugas rutin sederhana (simple
routine tasks) sesuai dengan konteks penggunaan di dunia kerja.
|
4.14
Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis,
pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait kegiatan/tugas-tugas
rutin sederhana (simple routine tasks)
dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks dunia kerja.
|
9
|
3.15 Menerapkan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait pesan sederhana lewat telephone (taking simple phone message) sesuai dengan konteks penggunaannya
di dunia kerja.
|
4.15 Taking
phone message
4.15.1Menangkap makna secara kontekstual pesan
sederhana lewat telephone terkait tempat kerja.
4.15.2Mencatat teks pesan sederhana lewat telephone
terkait tempat kerja dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan secara benar dan sesuai konteks dunia kerja.
|
12
|
3.16 Membedakan fungsi
social, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks biografi tokoh sesuai
dengan konteks penggunaannya.
|
4.16
Teks biografi tokoh
4.16.1Menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi social, struktur teks dan unsur
kebahasaan teks biografi tokoh lisan dan tulis
4.16.2Menyusun teks biografi tokoh lisan dan tulis, pendek dan
sederhana, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
9
|
3.17 Membedakan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks eksposisi analitis lisan dan tulis
dengan memberi dan meminta informasi terkait isu aktual, sesuai dengan
konteks penggunaannya
|
4.17 Teks
eksposisi analitis
4.17.1Menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks eksposisi analitis lisan
dan tulis, terkait isu aktual
4.17.2Menyusun
teks eksposisi analitis tulis,
terkait isu aktual, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
12
|
3.18 Menerapkan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan dan tulis yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keadaan /tindakan/ kegiatan/
kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, sesuai dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan passive voice)
|
4.18
Menyusun teks interaksi transaksional lisan
dan tulis yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/
kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
12 JP
|
3.19 Menerapkan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan dan tulis yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, sesuai
dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan because of ..., due to ..., thanks to ...)
|
4.19
Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
9
|
3.20 Membedakan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks explanation lisan dan tulis dengan
memberi dan meminta informasi terkait gejala alam atau sosial yang tercakup
dalam mata pelajaran lain di kelas XI, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.20
Menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks explanation lisan
dan tulis, terkait gejala alam atau sosial yang tercakup dalam mata pelajaran lain di kelas XI
|
12
|
3.21 Menerapkan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati
diri dalam konteks pekerjaan (wawancara pekerjaan)
|
4.21
Menyusun
teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait jati diri dalam konteks pekerjaan (wawancara
pekerjaan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
12
|
|
|
|
3.22 Menerapkan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait penulisan laporan sederhana.
|
4.22
Menyusun
teks interaksi transaksional tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait penulisan laporan sederhana dengan memperhatikan
fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
10
|
3.23 Menerapkan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait penyajian laporan secara lisan (report presentation)
|
4.23
Menyusun
teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait penyajian laporan dengan memperhatikan fungsi
social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan
konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
10
|
3.24 Menerapkan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal
lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menawarkan jasa, serta
menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan May I help you?, What can I
do for you? What if ...?)
|
4.24
Menyusun
teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sederhana yang melibatkan
tindakan menawarkan jasa, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
4
|
3.25 Membedakan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan
tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait manual penggunaan
teknologi dan kiat-kiat (tips),
pendek dan sederhana, sesuai dengan bidang keahlian dan konteks penggunaannya
|
4.25
Teks
Prosedur
4.25.1Menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks prosedur lisan dan tulis, dalam bentuk manual terkait
penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips)
4.25.2Menyusun
teks prosedur, lisan dan tulis, dalam bentuk manual terkait penggunaan
teknologi dan kiat-kiat (tips),
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan,
secara benar dan sesuai konteks
|
8
|
3.26 Membedakan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk
surat lamaran kerja, dengan memberi dan meminta informasi terkait jati diri,
latar belakang pendidikan/pengalaman kerja, sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
4.26
Surat
Lamaran Kerja
4.26.1Menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi nsure, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks khusus dalam bentuk
surat lamaran kerja, yang memberikan informasi antara lain jati diri, latar
belakang pendidikan/pengalaman kerja
4.26.2
Menyusun teks khusus surat lamaran kerja, yang memberikan informasi antara
lain jati diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja, dengan memperhatikan fungsi nsure, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
8
|
3.27 Membedakan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk
undangan resmi dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan
sekolah/tempat kerja sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.27
Teks
Undangan Resmi
4.27.1 Menangkap makna secara kontekstual
terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk
undangan resmi lisan dan tulis, terkait kegiatan sekolah/tempat kerja
4.27.2
Menyusun teks khusus dalam bentuk undangan resmi lisan dan tulis, terkait
kegiatan sekolah/tempat kerja, dengan memperhatikan fungsi nsure, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
6
|
3.28 Membedakan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks news item lisan dan tulis dengan
memberi dan meminta informasi terkait berita sederhana dari koran/radio/TV,
sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.28
Menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks news items lisan
dan tulis, dalam bentuk berita sederhana koran/radio/TV
|
6
|
3.29 Menerapkan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait pengandaian diikuti oleh perintah/saran, sesuai dengan bidang
keahlian dan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan if dengan imperative, can, should)
|
4.29
Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/saran, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
6
|
3.30 Menerapkan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan dan tulis yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan pikiran, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan I
think, I suppose, in my opinion)
|
4.30
Menyusun
teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan
pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
6
|
Jumlah
|
256
|