KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH
KEJURUAN
Bidang Keahlian : Seluruh Bidang
Keahlian
Program Keahlian : Seluruh program
keahlian
Kompetensi
Keahlian :
Seluruh kompetensi keahlian (3 dan 4 Tahun)
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi,
yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan,
dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja
sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui
keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara
berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui
pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan
memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta
didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap
dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai
pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI
INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis,
dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kajian
matematikapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan
dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai
dengan bidang kajian matematika
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu
dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi,
kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah
konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
3.1 Menerapkan konsep bilangan berpangkat, bentuk akar dan
logaritma dalam menyelesaikan masalah
|
4.1
Menyajikan penyelesaian masalah bilangan berpangkat,
bentuk akar dan logaritma
|
20
|
3.2 Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak
bentuk linear satu variabel
|
4.2.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak
bentuk linear satu variabel
|
12
|
3.3 Menentukan nilai variabel pada sistem persamaan linear dua variabel dalam masalah kontekstual
|
4.3.
Menyajikan
penyelesaian masalah sistem persamaan linier dua variabel
|
|
3.4 Menentukan nilai maksimum dan minimum permasalahan kontekstual yang
berkaitan dengan program linear dua variabel
|
4.4
Menyajikan penyelesaian masalah kontekstual yang
berkaitan dengan program linear dua variabel
|
16
|
3.5 Menganalisis barisan dan deret aritmetika
|
4.5
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
barisan dan deret aritmatika
|
8
|
3.6 Menganalisis barisan dan deret geometri
|
4.6
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
barisan dan deret geometri
|
12
|
3.7 Menganalisis pertumbuhan, peluruhan, bunga dan anuitas
|
4.7
Menyelesaiakan masalah kontekstual yang berkaitan
dengan pertumbuhan, peluruhan, bunga dan anuitas
|
12
|
3.8 Menentukan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku
|
4.8
Menyajikan penyelesaian masalah yang
berkaitan dengan perbandingan
trigonometri pada segitiga siku-siku
|
8
|
3.9 Menentukan nilai sudut berelasi diberbagai kuadran
|
4.9
Menyajikan penyelesaian masalah nilai sudut
berelasi diberbagai kuadran
|
4
|
3.10 Menentukan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya
|
4.10
Menyajikan penyelesaian masalah perubahan
koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya
|
4
|
3.11 Menerapkan nilai perbandingan trigonometri pada grafik fungsi
trigonometri
|
4.11
Menyajikan grafik fungsi trigonometri
|
8
|
3.12 Menerapkan aturan sinus dan kosinus
|
4.12
Menyelesaikan permasalah kontekstual dengan
aturan sinus dan kosinus
|
8
|
3.13 Menentukan luas segitiga pada trigonometri
|
4.13
Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan luas segitiga pada trigonometri
|
4
|
3.14 Menganalisis nilai sudut dengan rumus jumlah dan selisih dua sudut
|
4.14
Menyelesaikan nilai nilai sudut dengan rumus
jumlah dan selisih dua sudut
|
12
|
3.15 Menerapkan operasi matriksdalam menyelesaiakan masalah yang berkaitan
dengan matriks
|
4.15
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan matriks
|
10
|
3.16 Menetukan nilai determinan, invers dan tranpos pada ordo 2 x 2 dan
nilai determinan dan tranpos pada ordo 3 x 3
|
4.16
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan determinan,
invers dan tranpose pada ordo 2 x 2 serta nilai
determinan dan tranpos pada ordo 3 x 3
|
10
|
3.17 Menentukan nilai besaran vektor pada dimensi dua
|
4.17
Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan
nilai besaran vektor pada dimensi dua
|
12
|
3.18 Menentukan nilai besaran vektor pada dimensi tiga
|
4.18
Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan
nilai besaran vektor pada dimensi tiga
|
12
|
3.19 Menentukan nilai variabel pada persamaan dan fungsi kuadrat
|
4.19
Menyajikan penyelesain masalah yang
berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat
|
20
|
3.20 Menganalisis operasi komposisi dan operasi invers pada fungsi
|
4.20
Menyelesaikan
masalah operasi komposisi dan operasi invers pada
fungsi
|
8
|
3.21 Menentukan persamaan
lingkaran
|
4.21
Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan persamaan lingkaran
|
8
|
3.22 Menentukan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
logika matematika (pernyataan
sederhana, negasi pernyataan sederhana, pernyataan majemuk , negasi
pernyataan majemuk dan penarikan kesimpulan)
|
4.22
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan logika matematika (pernyataan sederhana, negasi pernyataan sederhana,
pernyataan majemuk , negasi pernyataan majemuk dan penarikan kesimpulan )
|
16
|
3.23 Menganalisis titik, garis dan bidang pada geometri dimensi tiga
|
4.23
Menyajikan penyelesaian masalah yang
berkaitan dengan jarak antara titik ke titik, titik ke garis dan garis ke
bidang pada geometri dimensi tiga
|
16
|
3.24 Menetukan masalah kontekstual yang berkaitan dengan transformasi
geometri
|
4.24
Menyelesaikan masalah kontekstual kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri
|
16
|
3.25 Menganalisis kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi
pada masalah kontekstual
|
4.25
Menyajikan penyelesaian masalah kontekstual berkaitan
dengan kaidah pencacahan, permutasi dan
kombinasi
|
12
|
3.26 Menentukan peluang kejadian
|
4.26
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian
|
8
|
3.27 Mengevaluasi kajian statistika dalam masalah kontekstual
|
4.27
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan kajian statistika
|
12
|
3.28 Menganalisis ukuran pemusatan data tunggal dan data kelompok
|
4.28
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan ukuran pemusatan data tunggal dan data kelompok
|
16
|
3.29 Menganalisis ukuran penyebarandata tunggal dan data kelompok
|
4.29
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan ukuran penyebaran data tunggal dan data
kelompok
|
16
|
3.30 Menentukan
nilai limit fungsi aljabar
|
4.30
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan limit fungsi aljabar
|
24
|
3.31 Menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan definisi
limit fungsi atau sifat – sifat turunan fungsi serta penerapannya
|
4.31
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar
|
20
|
3.32 Menganalisis keberkaitan turunan pertama fungsi dengan
nilai maksimum, nilai minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta
kemiringan garis singgung kurva
|
4.32
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan turunan pertama fungsi aljabar
|
12
|
3.33 Menentukan
nilai integral tak tentu dan tertentu fungsi aljabar
|
4.33
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan integral tak tentu dan tertentu fungsi
aljabar
|
12
|
3.34 Menentukan luas permukaan dan volume benda putar dengan
menggunakan integral tertentu
|
4.34
Menyelesaikan
masalah luas permukaan dan volume benda putar dengan menggunakan integral
tertentu
|
16
|
Total jam
|
424
|