Silabus
Al-Qur’an-Hadits Kelas 10 Madrasah Aliyah Kurikulum 2013 Edisi Revisi
Satuan Pendidikan :
Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran :
Kelas/Program :
X (Sepuluh)
Semester :
Ganjil
Kompetensi Inti :
KI-1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
KI-2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
KI-3
|
:
|
Memahami, menerapkan, Menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI-4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
1.1. Meyakini
Al-Qur’an sebagai pedoman hidup
|
|
Membimbing Keyakinan Al-Qur’an sebagai pedoman
hidup
|
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian Sejawat
·
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.2. Menunjukkan sikap berpegang teguh
dalam mengamalkan ajaran Al-Qur’an
|
|
Pembiasaan sikap Mengamalkan ajaran Al-Qur’an
|
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian Sejawat
·
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
3.1
Memahami pengertian Al-Qur’an menurut para ulama’
4.1
Menyajikan pengertian Al-Qur’an yang disampaikan para
ulama
|
· Pengertian
Al-Qur’an
· Nama-nama Al-Qur’an
|
Mengamati
· Mengamati Gambar Kitab Al-Qur’an
· Menyimak
penjelasan tambahan dan penguatan dari Guru
tentang Gambar Kitab Al-Qur’an
Menanya
·
Memberi komentar atau menanya
terhadap gambar yang diamati.
·
Guru mempersilahkan siswa
lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·
Guru memberi tanggapan
atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
Mengeksplorasi
·
Menentukan sumber
informasi berkaitan dengan Pengertian dan Nama-nama Al-Qur’an
·
Mengumpulkan informasi
dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang macam-macam
dalil dalam pembahasan Pengertian dan Nama-nama Al-Qur’an
Mengasosiasikan
·
Merumuskan kembali hasil
temuan dari beberapa sumber belajar mengenai Pengertian dan Nama-nama Al-Qur’an
·
Menganalisis hasil
temuannya berkaitan dengan macam-macam Pengertian
dan Nama-nama Al-Qur’an
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan
kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan pengertian dan Nama-nama Al-Qur’an
·
Menyampaikan hasil
belajar atau hasil temuannya tentang
macam-macam dalil dalam pembahasan Pengertian dan Nama-nama Al-Qur’an
|
· Tes tertulis
· Observasi
· Penugasan
·
Unjuk Kerja/Kinerja/Praktek
·
Projek
·
Produk
·
Portofolio
·
Tertulis
|
2
TM
(4
X 45 )
|
·
Buku Guru Al-Qur’an Hadis,
Kemenag RI, 2014
·
Buku Siswa Al-Qur’an
Hadis MA, Kemenag RI, 2014
·
Al-Qur’an dan
Terjamahanya
·
Buku penunjang
lainnya yang relevan
· Media
cetak dan elektronik sesuai materi
·
Lingkungan sekitar yang
mendukung
|
1.2. Menghayati
keautentikan Al-Qur’an sebagai wahyu Allah
|
|
Membimbing penghayatan keautentikan Al-Qur’an sebagai wahyu Allah
|
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian Sejawat
·
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.1. Menunjukkan
perilaku cermat terhadap dalil syar’I sebagai implementasi dari belajar
tentang bukti keautentikan Al-Qur’an
|
|
Membiasakan
sikap cermat terhadap dalil Syar’i sebagai implementasi dari belajar tentang
bukti keautentikan Al-Qur’an
|
·
Observasi Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian Sejawat
·
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
3.2 Memahami bukti
keautentikan Al-Qur’an
4.2 Menunjukkan contoh bukti-bukti
keautentikan Al-Qur’an
|
a.
Pengertian
keautentikan Al-Qur’an
b.
Al-Qur’an sebagai mu’jizat
c.
Macam-Macam tan dalam
Al-Qur’an
d.
Bukti-bukti
bukti keautentikan
Al-Qur’an
|
Mengamati
· Mengamati
Gambar bermacam-macam Al-Qur’an kuno dan modern
·
Menyimak penjelasan
singkat dari guru tentang sejarah
penulisan Kitab Al-Qur’an
Menanya
·
Memberi komentar atau
menanya terhadap gambar yang diamati.
·
Guru mempersilahkan siswa
lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·
Guru memberi
tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
Mengeksplorasi
·
Menentukan sumber informasi
berkaitan dengan keontetikan
Al-Qur’an
·
Mengumpulkan informasi dari
berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang macam-macam kemu’jizatanAl-Qur’an
Mengasosiasikan
·
Merumuskan kembali hasil
temuan dari beberapa sumber belajar mengenai keontetikan Al-Qur’an
·
Menganalisis hasil
temuannya berkaitan dengan macam-macam kemu’jizatan dalam Al-Qur’an
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan
kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan keontetikanAl-Qur’an
·
Menyampaikan
hasil belajar atau hasil temuannya
tentang macam-macam dalil dalam membuktikan bahwa Al-Qur’an adAlah
mu’jizat
|
· Tes tertulis
· Observasi
· Penugasan
·
Unjuk Kerja/Kinerja/Praktek
·
Projek
·
Produk
·
Portofolio
·
Tertulis
|
2 TM
(4 X 45 )
|
·
Buku Guru Al-Qur’an
Hadis, Kemenag RI, 2014
·
Buku Siswa Al-Qur’an
Hadis MA, Kemenag RI, 2014
·
Al-Qur’an dan
Terjamahanya
·
Buku penunjang
lainnya yang relevan
· Media
cetak dan elektronik sesuai materi
·
Lingkungan sekitar yang
mendukung
|
1.3.Memfungsikan
Al-Qur’an secara tepat dan benar
|
|
Membimbing penghayatan fungsi Al-Qur’an secara
tepat dan benar
|
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian Sejawat
·
Jurnal/Catatan
|
|
|
2.3.Menunjukkan
perilaku yang mengamalkan ajaran Al-Qur’an
|
|
Membiasakan sikap mengamalkan Ajaran Al-Qur’an
|
·
Observasi Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian Sejawat
·
Jurnal/Catatan
|
|
|
3.3 Memahami
tujuan dan fungsi Al-Qur’an
4.3 Menceritakan kisah orang yang menjadikan
Al-Qur’an sesuai dengan tujuan dan fungsinya
|
a. Kedudukan Al-Qur’an
b. Fungsi Al-Qur’an
c.contoh orang yang menjadikan Al-Qur’an sesuai dengan
tujuan dan fungsinya
|
Mengamati
·
Mengamati gambar yang berhungan dengan fungsi Al-Qur’an
·
Menyimak pengantar guru tentang Al-Qur’an sesuai dengan tujuan dan fungsinya
Menanya
·
Siswa saling
mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan gambar yang diamati
·
Memberi tanggapan
atas pertanyaan yang diajukan oleh teman sejawat
·
Guru memberi
apresiasi atau tanggapan terhadap pertanyaan yang muncul serta terhadap tanggapan
dari siswa lainnya
·
Mengungkapkan
pendapat atau komentar atas penjelasan guru tentang Al-Qur’an sesuai dengan
tujuan dan fungsinya
Mengeksplorasi
·
Menentukan sumber
informasi berkaitan dengan Al-Qur’an sesuai dengan tujuan dan fungsinya
·
Mengumpulkan informasi
dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang Al-Qur’an
sesuai dengan tujuan dan fungsinya
Mengasosiasikan
·
Merumuskan
kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar
·
Menganalisis
hasil temuannya berkaitan dengan Al-Qur’an sesuai dengan tujuan dan fungsinya
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan
kesimpulan berdasarkan hasil temuannya
·
Menyampaikan hasil
belajar atau hasil temuan tentang
Al-Qur’an sesuai dengan tujuan dan fungsinya
|
· Tes tertulis
· Observasi
· Penugasan
·
Unjuk Kerja/Kinerja/Praktek
·
Projek
·
Produk
·
Portofolio
·
Tertulis
|
2 TM
(45x4)
|
·
Buku Guru Al-Qur’an
Hadis, Kemenag RI, 2014
·
Buku Siswa Al-Qur’an
Hadis MA, Kemenag RI, 2014
·
Al-Qur’an dan
Terjamahanya
·
Buku penunjang
lainnya yang relevan
· Media
cetak dan elektronik sesuai materi
·
Lingkungan sekitar yang
mendukung
|
1..4.Meyakini
kebenaran nilai-nilai yang terdapat pada pokok-pokok isi Al-Qur’an
|
|
Membimbing penghayatan tentang pokok-pokok isi
Al-Qur’an
|
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian Sejawat
·
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.4.Menunjukkan
perilaku yang menjadikan Al-Qur’an sebagai sumber hukum dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
membiasakan sikap menjadikan Al-Qur’an sebagai sumber hukum
|
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian Sejawat
·
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
3.4 Memahami pokok-pokok
isi Al-Qur’an
4.4 Memaparkan pokok-pokok ajaran Al-Qur’an
beserta contoh-contohnya dalam ayat
|
pokok-pokok
isi Al-Qur’an
|
Mengamati
·
Mengamati gambar yang
berhubungan dengan pokok-pokok isi Al-Qur’an
·
Menyimak pengantar
guru tentang pokok-pokok isi Al-Qur’an
Menanya
·
Siswa saling
mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan gambar yang diamati
·
Memberi tanggapan
atas pertanyaan yang diajukan oleh teman sejawat
·
Guru memberi
apresiasi atau tanggapan terhadap pertanyaan yang muncul serta terhadap
tanggapan dari siswa lainnya
·
Mengungkapkan
pendapat atau komentar atas penjelasan guru tentang pokok-pokok isi Al-Qur’an
Mengeksplorasi
·
Menentukan sumber
informasi berkaitan dengan pokok-pokok isi Al-Qur’an
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang
pokok-pokok isi Al-Qur’an
Mengasosiasikan
·
Merumuskan
kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar
·
Menganalisis
hasil temuannya berkaitan dengan pokok-pokok isi Al-Qur’an
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan
kesimpulan berdasarkan hasil temuannya
·
Menyampaikan
hasil belajar atau hasil temuan
tentang pokok-pokok isi Al-Qur’an
|
· Tes tertulis
· Observasi
· Penugasan
·
Unjuk Kerja/Kinerja/Praktek
·
Projek
·
Produk
·
Portofolio
·
Tertulis
|
2 TM
(45x4)
|
·
Buku Guru Al-Qur’an
Hadis, Kemenag RI, 2014
·
Buku Siswa Al-Qur’an
Hadis MA, Kemenag RI, 2014
·
Al-Qur’an dan
Terjamahanya
·
Buku penunjang
lainnya yang relevan
· Media
cetak dan elektronik sesuai materi
·
Lingkungan sekitar yang
mendukung
|
1.5.Beramal sesuai dengan kandungan Surah Al-Mu’minun:12–14;
Surah an-Nahl: 78; Surah Al-Baqarah: 30–32; dan Surah Adz-Dzariyat:
56 (dalam kehidupan sehari-hari)
|
|
Membimbing
pengamalan Surah Al-Mu’minun:12–14; Surah An-Nahl: 78; Surah Al-Baqarah: 30–32; dan Surah Adz-Dzariyat:
56
|
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian Sejawat
·
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.5.Memiliki sikap
yang mencerminkan fungsi manusia baik sebagai hamba Allah maupun khalifah-Nya
di bumi sebagaimana yang terkandung dalam Surah Al-Mu’minun:12–14; Surah An-Nahl: 78; Surah Al-Baqarah: 30–32; dan Surah Adz-Dzariyat:
56
|
|
membiasakan
mengamalkan isi Surah Al-Mu’minun:12–14; Surah An-Nahl: 78; Surah Al-Baqarah: 30–32; dan Surah Adz-Dzariyat:
56
|
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian Sejawat
·
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
3.5 Memahami ayat-ayat
Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah di
bumi pada Surah Al-Mu’minun:12–14;
Surah An-Nahl: 78; Surah Al-Baqarah: 30–32; dan Surah Adz-Dzariyat:
56
4.5
Mendemonstrasikan hapalan dan arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang
manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi pada Surah
Al-Mu’minun:12–14;
Surah An-Nahl: 78; Surah Al-Baqarah: 30–32; dan Surah Adz-Dzariyat:
56
|
Surah Al-Mu’minun:12–14; Surah An-Nahl: 78; Surah Al-Baqarah: 30–32; dan Surah ak-dzriyat: 56
|
Mengamati
·
Mengamati gambar yang
berhubungan dengan manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah di
bumi
·
Menyimak pengantar
guru tentang manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi
Menanya
·
Siswa saling
mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan gambar yang diamati
·
Memberi tanggapan
atas pertanyaan yang diajukan oleh teman sejawat
·
Guru memberi
apresiasi atau tanggapan terhadap pertanyaan yang muncul serta terhadap
tanggapan dari siswa lainnya
·
Mengungkapkan
pendapat atau komentar atas penjelasan guru tentang manusia dan tugasnya
sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi
Mengeksplorasi
·
Menentukan sumber
informasi berkaitan dengan manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah dan
khalifah di bumi
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang
manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi
Mengasosiasikan
·
Merumuskan
kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar
·
Menganalisis
hasil temuannya berkaitan dengan manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah dan
khalifah di bumi
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan
kesimpulan berdasarkan hasil temuannya
·
Menyampaikan
hasil belajar atau hasil temuan
tentang manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi
|
· Tes tertulis
· Observasi
· Penugasan
·
Unjuk Kerja/Kinerja/Praktek
·
Projek
·
Produk
·
Portofolio
·
Tertulis
|
2
TM
(4 X 45 )
|
·
Buku Guru Al-Qur’an
Hadis, Kemenag RI, 2014
·
Buku Siswa Al-Qur’an
Hadis MA, Kemenag RI, 2014
·
Al-Qur’an dan
Terjamahanya
·
Buku penunjang
lainnya yang relevan
· Media
cetak dan elektronik sesuai materi
·
Lingkungan sekitar yang
mendukung
|
ILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Qur’an-Hadits
Kelas/Program : X (Sepuluh)
Semester :
Genap
Kompetensi Inti :
KI-1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI-2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
KI-3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI-4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
1.1.
Meyakini hadis sahih dan hasan sebagai dasar hukum ajaran Islam
|
Keyakinan
terhadap hadis sahih dan hasan sebagai dasar hukum ajaran Islam
|
Membimbing
keyakinan terhadap hadis sahih dan hasan sebagai dasar hukum ajaran Islam
|
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.1
Menunjukkan sikap kritis
dalam mengamalkan hadis sebagai dasar dalam kehidupan sehari-hari
|
sikap
kritis dalam mengamalkan hadis sebagai dasar dalam kehidupan sehari-hari
|
Membiasakan
sikap kritis dalam mengamalkan hadis sebagai dasar dalam kehidupan
sehari-hari
|
·
Observasi Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
|
3.1. Memahami pengertian hadis, sunah,
khabar, dan atsar
4.1.Mendeskripsikan
Substansi perbedaan dan persamaan pengertian hadits, sunnah, khabar, dan
Atsar
|
Pengertian
hadis, sunah,
khabar, dan atsar
Persamaan Hadis, Sunnah, Khabar, Afar
Perbedaan Hadis, Sunnah, Khabar, dan
Asar
|
Mengamati
Mengamati Gambar hadis, sunah,
khabar, dan atsar
Menyimak penjelasan singkat dari guru tentang Pengertian
hadis, sunah,khabar,
dan atsar
Menanya
·
Memberi komentar atau
menanya terhadap gambar yang diamati.
·
Guru mempersilahkan siswa
lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·
Guru memberi tanggapan
atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
Mengeksplorasi
· Menentukan
sumber informasi berkaitan dengan Substansi perbedaan dan persamaan
pengertian hadits, sunnah, khabar, dan Atsar
· Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang
Persamaan Hadis, Sunnah, Khabar, Atsar,Perbedaan Hadis, Sunnah,
Khabar, dan Asar
Mengasosiasikan
· Merumuskan
kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar Persamaan Hadis, Sunnah,
Khabar, Asar
· Perbedaan
Hadis, Sunnah, Khabar, dan Asar
· Menganalisis
hasil temuannya berkaitan dengan Persamaan Hadis, Sunnah, Khabar, Asar
· Perbedaan
Hadis, Sunnah, Khabar, dan Asar
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan
kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan Persamaan Hadis, Sunnah, Khabar,
Afar
· Perbedaan
Hadis, Sunnah, Khabar, dan Asar
· Menyampaikan
hasil belajar atau hasil temuannya
tentang Persamaan Hadis, Sunnah, Khabar, Asar
· Perbedaan Hadis,
Sunnah, Khabar, dan Asar
|
· Tes tertulis
· Observasi
· Penugasan
·
Unjuk Kerja/Kinerja/Praktek
·
Projek
·
Produk
·
Portofolio
·
Tertulis
|
2
TM
(4
X 45 )
|
·
Buku Guru Al-Qur’an
Hadis, Kemenag RI, 2014
·
Buku Siswa Al-Qur’an
Hadis MA, Kemenag RI, 2014
·
Al-Qur’an dan Terjamahanya
·
Buku penunjang
lainnya yang relevan
· Media
cetak dan elektronik sesuai materi
·
Lingkungan sekitar yang
mendukung
|
1.2.
Berpegang teguh pada hadits sahih dan hasan sebagai pedoman dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
Membimbing sikap Kritis Dalam
Mengamalkan
Hadis Sebagai Dasar Dalam
Kehidupan Sehari-Hari
|
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.2. Menunjukkan
perilaku yang menggunakan hadis sebagaimana fungsinya yang telah dipelajari
|
|
Membiasakan
perilaku menggunakan hadis sebagaimana fungsinya
|
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
3.2 Memahami unsur-unsur hadis
4.2. Menyajikan unsur-unsur hadis
|
e.
Pengertian Sanad,
matan, rawi
|
Mengamati
·
Pengertian Sanad,
matan, rawi
Menanya
· Siswa menanyakan mengenai Pengertian Sanad, matan, rawi
· Siswa lainnya memberi tanggapan atas pertanyaan yang muncul
· Guru memberi apresiasi atau tanggapan terhadap pertanyaan yang muncul
serta terhadap tanggapan dari siswa lainnya
Mengeksplorasi
· Menentukan sumber informasi berkaitan dengan unsur-unsur yang ada dalam hadis
· Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan
elektronik tentang Menyajikan
unsur-unsur yang ada dalam hadis
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan
antara beberapa materi yang ditemukan dalam litearatur Menyajikan unsur-unsur yang ada dalam hadis
·
Menganalisis
hasil temuannya berkaitan dengan unsur-unsur
yang ada dalam hadis
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan tentang unsur-unsur yang ada dalam hadis
|
· Tes tertulis
· Observasi
· Penugasan
·
Unjuk Kerja/Kinerja/Praktek
·
Projek
·
Produk
·
Portofolio
·
Tertulis
|
2 TM
(4 X 45 )
|
·
Buku Guru Al-Qur’an
Hadis, Kemenag RI, 2014
·
Buku Siswa Al-Qur’an
Hadis MA, Kemenag RI, 2014
·
Al-Qur’an dan Terjamahanya
·
Buku penunjang
lainnya yang relevan
· Media
cetak dan elektronik sesuai materi
·
Lingkungan sekitar yang
mendukung
|
1.3.Menghayati nilai-nilai kebenaran yang
terkandung dalam hadis yang sahih
|
|
Membimbing penghayatan nilai-nilai kebenaran yang terkandung dalam
hadis yang sahih
|
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
|
|
2.3.Menunjukkan
perilaku yang selektif terhadap keanekaragaman hadits
|
|
Membiasakan
penerapan
sikap cinta ilmu sebagai
manfaat dari mempelajari
macam-macam
sunnah
|
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
|
|
3.3.
Mengidentifikasikan macam-macam sunah (qauliyah,
fi‘liyah, taqririyah, dan hammiyah) dan fungsinya terhadap
Al-Qur’an
4.3 Mempresentasikankan contoh macam-macam
sunnah (qauliyah, fi’liyah, taqririyah, dan hammiyah)
|
· Pengertian
Sunnah Qauliyah, fi‘liyah, taqririyah, dan hammiyah
· Perilaku Orang yang memahami Macam-macam Sunnah
|
Mengamati
· Mengamati gambar yang berhubungan dengan macam-macam
sunah (qauliyah, fi‘liyah, taqririyah, dan hammiyah) dan
fungsinya terhadap Al-Qur’an
· Menyimak
pengantar guru tentang macam-macam sunah (qauliyah, fi‘liyah, taqririyah,
dan hammiyah) dan fungsinya terhadap Al-Qur’an
Menanya
· Siswa
saling mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan gambar yang diamati
· Memberi tanggapan atas pertanyaan yang diajukan oleh teman sejawat
· Guru memberi apresiasi atau tanggapan terhadap pertanyaan yang muncul
serta terhadap tanggapan dari siswa lainnya
· Mengungkapkan pendapat atau komentar atas penjelasan guru tentang
contoh macam-macam sunnah (qauliyah, fi’liyah, taqririyah, dan hammiyah)
Mengeksplorasi
· Menentukan
sumber informasi berkaitan dengan contoh
macam-macam sunnah (qauliyah, fi’liyah, taqririyah, dan hammiyah)
· Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang contoh macam-macam sunnah (qauliyah, fi’liyah, taqririyah, dan hammiyah)
Mengasosiasikan
·
Merumuskan
kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar
·
Menganalisis
hasil temuannya berkaitan contoh macam-macam sunnah (qauliyah, fi’liyah,
taqririyah, dan hammiyah)
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuannya
· Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan tentang contoh macam-macam sunnah (qauliyah,
fi’liyah, taqririyah, dan hammiyah)
|
· Tes tertulis
· Observasi
· Penugasan
·
Unjuk Kerja/Kinerja/Praktek
·
Projek
·
Produk
·
Portofolio
·
Tertulis
|
2 TM
(4x45)
|
·
Buku Guru Al-Qur’an
Hadis, Kemenag RI, 2014
·
Buku Siswa Al-Qur’an
Hadis MA, Kemenag RI, 2014
·
Al-Qur’an dan
Terjamahanya
·
Buku penunjang
lainnya yang relevan
· Media
cetak dan elektronik sesuai materi
·
Lingkungan sekitar yang
mendukung
|
1..4.
Menyadari pentingnya berpegang teguh kepada hadits Nabi Muhammad SAW
|
Menyadari keanekaragaman hadis dan memedomani hadis
secara selektif
|
Membimbing
menyadari keanekaragaman hadis dan me medomani hadis
secara selektif
|
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.4. Menunjukkan
Perilaku selektif terhadap keanekaragaman hadits
|
Pembiasaan perilaku yang selektif
terhadap keanekaragaman hadis
|
membiasakan perilaku yang selektif
terhadap keanekaragaman hadis
|
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
3.4.
Memahami pembagian hadis dari segi kuantitas dan Kualitasnya
4.4.Menghayati
nilai-nilai toleransi yang benar,baik intern umat beragama maupun antar umat
beragama.
|
Pembagian Hadis Hadis
Ditinjau dari Segi Kuantitas
Hadis Ditinjau dari Segi Kualitas
|
Mengamati
·
Membaca Pembagian
hadis
Menanya
·
Siswa menanyakan
mengenai Pembagian Hadis ditinjau dari Segi Kuantitas dan Kualitasnya
·
Siswa lainnya
memberi tanggapan atas pertanyaan yang muncul
·
Guru memberi
apresiasi atau tanggapan terhadap pertanyaan yang muncul serta terhadap
tanggapan dari siswa lainnya
Mengeksplorasi
· Menentukan sumber informasi berkaitan dengan pembagian hadis dari segi
kuantitas dan Kualitasnya
· Mengumpulkan informasi / bahan dari berbagai sumber termasuk media
cetak dan elektronik tentang pembagian hadis dari segi kuantitas dan
Kualitasnya
Mengasosiasikan
·
Merumuskan
kembali hasil temuan dari berbagai sumber belajar mengenai pembagian hadis
dari segi kuantitas dan Kualitasnya
·
Menganalisis
hasil temuannya berkaitan dengan pembagian hadis dari segi kuantitas dan
Kualitasnya
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan
kesimpulan berdasarkan hasil temuan tentang pembagian hadis dari segi kuantitas dan Kualitasnya
|
· Tes tertulis
· Observasi
· Penugasan
·
Unjuk Kerja/Kinerja/Praktek
·
Projek
·
Produk
·
Portofolio
·
Tertulis
|
2 TM
(4x45)
|
·
Buku Guru Al-Qur’an
Hadis, Kemenag RI, 2014
·
Buku Siswa Al-Qur’an
Hadis MA, Kemenag RI, 2014
·
Al-Qur’an dan
Terjamahanya
·
Buku penunjang
lainnya yang relevan
· Media
cetak dan elektronik sesuai materi
·
Lingkungan sekitar yang
mendukung
|
1.5.
Memiliki sikap ikhlas dalam beribadah sebagai implemantasi dari pemahaman
ayat-ayat Al-Qur'an tentang keikhlasan dalam beribadah pada Surah Al-An‘am:
162–163; Surah Al-Bayyinah: 5; dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a.
|
|
Membimbing
sikap ikhlas dalam beribadah sebagai implemantasi dari pemahaman ayat-ayat
Al-Qur'an tentang keikhlasan dalam beribadah
|
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.5. Memiliki sikap
ikhlas dalam berbuat baik terhadap sesama sebagai implemantasi dari pemahaman
ayat-ayat Al-Qur'an tentang keikhlasan pada Surah Al-An‘am: 162–163; Surah
Al-Bayyinah: 5; dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a.
|
|
membiasakan
sikap ikhlas dalam berbuat baik terhadap sesama sebagai implemantasi dari
pemahaman ayat-ayat Al-Qur'an tentang keikhlasan
|
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
3.5.
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah pada Surah
Al-An‘am: 162–163; Surah Al-Bayyinah: 5; dan hadis riwayat Al-Bukhari dari
Aisyah r.a.
4.5. Mendemonstrasikan hapalan
dan arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah pada
QS
al-An‘am [6]: 162–163; QS. al-Bayyinah [98]: 5; dan hadis riwayat
Al-Bukhari dari Aisyah r.a.
|
Memahami
ayat-ayat Al
Qur’an
tentang Keikhlasan dalam beribadah pada Surah Al An‘am: 162–163; Surah
Al-Bayyinah: 5; dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a.
|
Mengamati
· Mengamati
Gambar orang yang berhungan dengan Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang
keikhlasan dalam beribadah pada Surah Al-An‘am: 162–163; Surah Al-Bayyinah:
5; dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a.
· Siswa
menyimak pengantar dari guru Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan
dalam beribadah pada Surah Al-An‘am: 162–163; Surah Al-Bayyinah: 5; dan hadis
riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a.
Menanya
·
Memberi komentar atau
menanya terhadap gambar yang diamati.
·
Guru mempersilahkan siswa
lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·
Guru memberi tanggapan
atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
Mengeksplorasi
· Menentukan
sumber informasi berkaitan dengan
hapalan dan arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam
beribadah pada Surah Al-An‘am: 162–163; Surah Al-Bayyinah: 5; dan hadis
riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a.
· Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik
tentang hapalan dan arti per kata
ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah pada Surah Al-An‘am:
162–163; Surah Al-Bayyinah: 5; dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a.
Mengasosiasikan
· Merumuskan
kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar tentang hapalan dan arti per kata ayat-ayat
Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah pada Surah Al-An‘am: 162–163;
Surah Al-Bayyinah: 5; dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a.
· Menganalisis
hasil temuannya berkaitan dengan hapalan dan arti per kata ayat-ayat
Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah pada Surah Al-An‘am: 162–163;
Surah Al-Bayyinah: 5; dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a.
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan penggaliannya
· Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan tentang hapalan dan arti per kata ayat-ayat
Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah pada Surah Al-An‘am: 162–163;
Surah Al-Bayyinah: 5; dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a.
|
· Tes tertulis
· Observasi
· Penugasan
·
Unjuk Kerja/Kinerja/Praktek
·
Projek
·
Produk
·
Portofolio
·
Tertulis
|
|
·
Buku Guru Al-Qur’an
Hadis, Kemenag RI, 2014
·
Buku Siswa Al-Qur’an
Hadis MA, Kemenag RI, 2014
·
Al-Qur’an dan
Terjamahanya
·
Buku penunjang
lainnya yang relevan
· Media
cetak dan elektronik sesuai materi
·
Lingkungan sekitar yang
mendukung
|