Silabus Al-Qur’an-Hadits Kelas 10 Madrasah Aliyah Kurikulum 2013 Edisi Revisi - Kamus Edukasi

Perangkat administrasi guru,Kurikulum 2013 SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK & MA/MAK,Silabus Kurikulum 2013, perangkat pembelajaran kurikulum 2013,KIKD,Administrasi Sekolah, Buku kurikulum 2013, Juknis, Juklak, Permendikbud

Silabus Al-Qur’an-Hadits Kelas 10 Madrasah Aliyah Kurikulum 2013 Edisi Revisi

Silabus Al-Qur’an-Hadits Kelas 10 Madrasah Aliyah Kurikulum 2013 Edisi Revisi


Satuan Pendidikan     : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran           :                                                                                            
Kelas/Program            : X (Sepuluh)
Semester                       : Ganjil

Kompetensi Inti          :
KI-1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI-2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3
:
Memahami, menerapkan, Menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1.1. Meyakini Al-Qur’an sebagai pedoman hidup

Membimbing Keyakinan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup
· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
· Jurnal/Catatan
-
-
2.2. Menunjukkan sikap berpegang teguh
dalam mengamalkan ajaran Al-Qur’an

Pembiasaan sikap Mengamalkan ajaran Al-Qur’an
· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
· Jurnal/Catatan
-
-
3.1      Memahami pengertian Al-Qur’an menurut para ulama’








4.1     Menyajikan pengertian Al-Qur’an yang disampaikan para ulama
















·   Pengertian Al-Qur’an
·   Nama-nama Al-Qur’an

Mengamati
·     Mengamati Gambar  Kitab Al-Qur’an
·     Menyimak penjelasan tambahan dan penguatan dari Guru  tentang Gambar Kitab Al-Qur’an
Menanya
·         Memberi komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati.
·         Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·         Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
Mengeksplorasi
·      Menentukan sumber informasi berkaitan dengan Pengertian dan Nama-nama Al-Qur’an
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang macam-macam dalil dalam pembahasan Pengertian dan Nama-nama Al-Qur’an
Mengasosiasikan
·         Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai Pengertian dan Nama-nama Al-Qur’an
·         Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan macam-macam Pengertian  dan Nama-nama Al-Qur’an
Mengkomunikasikan
·       Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan pengertian dan Nama-nama Al-Qur’an
·       Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuannya  tentang macam-macam dalil dalam pembahasan Pengertian dan Nama-nama  Al-Qur’an



· Tes tertulis
· Observasi
· Penugasan






·   Unjuk Kerja/Kinerja/Praktek
·   Projek
·   Produk
·   Portofolio
·   Tertulis

2 TM
(4 X 45 )
·  Buku Guru Al-Qur’an Hadis, Kemenag RI, 2014

·  Buku Siswa Al-Qur’an Hadis MA, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung












1.2. Menghayati keautentikan Al-Qur’an sebagai wahyu Allah

Membimbing penghayatan keautentikan Al-Qur’an sebagai wahyu Allah
· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
· Jurnal/Catatan
-
-
2.1. Menunjukkan perilaku cermat terhadap dalil syar’I sebagai implementasi dari belajar tentang bukti keautentikan Al-Qur’an

Membiasakan sikap cermat terhadap dalil Syar’i sebagai implementasi dari belajar tentang bukti keautentikan Al-Qur’an
· Observasi Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
· Jurnal/Catatan
-
-
3.2      Memahami bukti keautentikan Al-Qur’an









4.2   Menunjukkan contoh bukti-bukti keautentikan Al-Qur’an
a.    Pengertian keautentikan Al-Qur’an
b.     Al-Qur’an sebagai mu’jizat
c.      Macam-Macam tan dalam Al-Qur’an
d.     Bukti-bukti bukti keautentikan Al-Qur’an
Mengamati
·     Mengamati Gambar bermacam-macam Al-Qur’an kuno dan modern
·     Menyimak penjelasan singkat dari guru tentang sejarah penulisan Kitab Al-Qur’an

Menanya
·         Memberi komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati.
·         Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·         Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.

Mengeksplorasi
·      Menentukan sumber informasi berkaitan dengan keontetikan Al-Qur’an
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang macam-macam kemu’jizatanAl-Qur’an

Mengasosiasikan
·         Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai keontetikan Al-Qur’an
·         Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan macam-macam kemu’jizatan dalam Al-Qur’an

Mengkomunikasikan
·       Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan keontetikanAl-Qur’an
·      Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuannya  tentang macam-macam dalil dalam membuktikan bahwa Al-Qur’an adAlah mu’jizat
· Tes tertulis
· Observasi
· Penugasan








·   Unjuk Kerja/Kinerja/Praktek
·   Projek
·   Produk
·   Portofolio
·   Tertulis

2 TM
(4 X 45 )
·  Buku Guru Al-Qur’an Hadis, Kemenag RI, 2014

·  Buku Siswa Al-Qur’an Hadis MA, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung












1.3.Memfungsikan Al-Qur’an secara tepat dan benar

Membimbing penghayatan fungsi Al-Qur’an secara tepat dan benar
· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
· Jurnal/Catatan


2.3.Menunjukkan perilaku yang mengamalkan ajaran Al-Qur’an

Membiasakan sikap mengamalkan Ajaran Al-Qur’an
· Observasi Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
· Jurnal/Catatan


3.3      Memahami tujuan dan fungsi Al-Qur’an





4.3  Menceritakan kisah orang yang menjadikan Al-Qur’an sesuai dengan tujuan dan fungsinya
a. Kedudukan Al-Qur’an
b. Fungsi Al-Qur’an
c.contoh orang yang menjadikan Al-Qur’an sesuai dengan tujuan dan fungsinya


Mengamati
·     Mengamati gambar yang berhungan dengan fungsi Al-Qur’an
·     Menyimak pengantar guru tentang Al-Qur’an sesuai dengan tujuan dan fungsinya

Menanya
·         Siswa saling mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan gambar yang diamati
·         Memberi tanggapan atas pertanyaan yang diajukan oleh teman sejawat
·         Guru memberi apresiasi atau tanggapan terhadap pertanyaan yang muncul serta terhadap tanggapan dari siswa lainnya
·         Mengungkapkan pendapat atau komentar atas penjelasan guru tentang Al-Qur’an sesuai dengan tujuan dan fungsinya

Mengeksplorasi
·      Menentukan sumber informasi berkaitan dengan Al-Qur’an sesuai dengan tujuan dan fungsinya
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang Al-Qur’an sesuai dengan tujuan dan fungsinya

Mengasosiasikan
·         Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar
·         Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan Al-Qur’an sesuai dengan tujuan dan fungsinya

Mengkomunikasikan
·       Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuannya
·       Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan  tentang Al-Qur’an sesuai dengan tujuan dan fungsinya


· Tes tertulis
· Observasi
· Penugasan




·   Unjuk Kerja/Kinerja/Praktek
·   Projek
·   Produk
·   Portofolio
·   Tertulis

2 TM
(45x4)
·  Buku Guru Al-Qur’an Hadis, Kemenag RI, 2014

·  Buku Siswa Al-Qur’an Hadis MA, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung












1..4.Meyakini kebenaran nilai-nilai yang terdapat pada pokok-pokok isi Al-Qur’an

Membimbing penghayatan tentang pokok-pokok isi Al-Qur’an
· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
· Jurnal/Catatan
-
-
2.4.Menunjukkan perilaku yang menjadikan Al-Qur’an sebagai sumber hukum dalam kehidupan sehari-hari

membiasakan sikap menjadikan Al-Qur’an sebagai sumber hukum
· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
· Jurnal/Catatan
-
-
3.4      Memahami pokok-pokok isi Al-Qur’an








4.4  Memaparkan pokok-pokok ajaran Al-Qur’an beserta contoh-contohnya dalam ayat
pokok-pokok isi Al-Qur’an


Mengamati
·     Mengamati gambar yang berhubungan dengan pokok-pokok isi Al-Qur’an
·     Menyimak pengantar guru tentang pokok-pokok isi Al-Qur’an

Menanya
·         Siswa saling mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan gambar yang diamati
·         Memberi tanggapan atas pertanyaan yang diajukan oleh teman sejawat
·         Guru memberi apresiasi atau tanggapan terhadap pertanyaan yang muncul serta terhadap tanggapan dari siswa lainnya
·         Mengungkapkan pendapat atau komentar atas penjelasan guru tentang pokok-pokok isi Al-Qur’an

Mengeksplorasi
·      Menentukan sumber informasi berkaitan dengan pokok-pokok isi Al-Qur’an
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang pokok-pokok isi Al-Qur’an

Mengasosiasikan
·         Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar
·         Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan pokok-pokok isi Al-Qur’an

Mengkomunikasikan
·       Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuannya
·       Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan  tentang pokok-pokok isi Al-Qur’an
· Tes tertulis
· Observasi
· Penugasan







·   Unjuk Kerja/Kinerja/Praktek
·   Projek
·   Produk
·   Portofolio
·   Tertulis

2 TM
(45x4)
·  Buku Guru Al-Qur’an Hadis, Kemenag RI, 2014

·  Buku Siswa Al-Qur’an Hadis MA, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung












1.5.Beramal sesuai dengan kandungan Surah Al-Mu’minun:12–14; Surah  an-Nahl: 78; Surah  Al-Baqarah: 30–32; dan Surah Adz-Dzariyat: 56 (dalam kehidupan sehari-hari)

Membimbing pengamalan  Surah Al-Mu’minun:12–14; Surah  An-Nahl: 78; Surah  Al-Baqarah: 30–32; dan Surah Adz-Dzariyat: 56
· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
· Jurnal/Catatan
-
-
2.5.Memiliki sikap yang mencerminkan fungsi manusia baik sebagai hamba Allah maupun khalifah-Nya di bumi sebagaimana yang terkandung dalam Surah Al-Mu’minun:12–14; Surah  An-Nahl: 78; Surah  Al-Baqarah: 30–32; dan Surah Adz-Dzariyat: 56

membiasakan mengamalkan isi Surah Al-Mu’minun:12–14; Surah  An-Nahl: 78; Surah  Al-Baqarah: 30–32; dan Surah Adz-Dzariyat: 56
· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
· Jurnal/Catatan
-
-
3.5      Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi pada Surah Al-Mu’minun:12–14; Surah  An-Nahl: 78; Surah  Al-Baqarah: 30–32; dan Surah Adz-Dzariyat: 56


4.5 Mendemonstrasikan hapalan dan arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi pada Surah Al-Mu’minun:12–14; Surah  An-Nahl: 78; Surah  Al-Baqarah: 30–32; dan Surah Adz-Dzariyat: 56
Surah Al-Mu’minun:12–14; Surah  An-Nahl: 78; Surah  Al-Baqarah: 30–32; dan Surah ak-dzriyat: 56

Mengamati
·     Mengamati gambar yang berhubungan dengan manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi
·     Menyimak pengantar guru tentang manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi

Menanya
·         Siswa saling mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan gambar yang diamati
·         Memberi tanggapan atas pertanyaan yang diajukan oleh teman sejawat
·         Guru memberi apresiasi atau tanggapan terhadap pertanyaan yang muncul serta terhadap tanggapan dari siswa lainnya
·         Mengungkapkan pendapat atau komentar atas penjelasan guru tentang manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi

Mengeksplorasi
·      Menentukan sumber informasi berkaitan dengan manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi

Mengasosiasikan
·         Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar
·         Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi

Mengkomunikasikan
·       Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuannya
·       Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan  tentang manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi
· Tes tertulis
· Observasi
· Penugasan








·   Unjuk Kerja/Kinerja/Praktek
·   Projek
·   Produk
·   Portofolio
·   Tertulis

2
TM
(4 X 45 )
·  Buku Guru Al-Qur’an Hadis, Kemenag RI, 2014

·  Buku Siswa Al-Qur’an Hadis MA, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung

















ILABUS  PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan   : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran         : Qur’an-Hadits                                                                                                         
Kelas/Program          : X (Sepuluh)
Semester                    : Genap

Kompetensi Inti         :
KI-1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI-2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1.1. Meyakini hadis sahih dan hasan sebagai dasar hukum ajaran Islam

Keyakinan terhadap hadis sahih dan hasan sebagai dasar hukum ajaran Islam

Membimbing keyakinan terhadap hadis sahih dan hasan sebagai dasar hukum ajaran Islam

· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
2.1      Menunjukkan sikap kritis dalam mengamalkan hadis sebagai dasar dalam kehidupan sehari-hari
sikap kritis dalam mengamalkan hadis sebagai dasar dalam kehidupan sehari-hari
Membiasakan sikap kritis dalam mengamalkan hadis sebagai dasar dalam kehidupan sehari-hari
· Observasi Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-

3.1. Memahami pengertian hadis, sunah, khabar, dan atsar





4.1.Mendeskripsikan Substansi perbedaan dan persamaan pengertian hadits, sunnah, khabar, dan Atsar
















Pengertian
hadis, sunah,
khabar, dan atsar



Persamaan Hadis, Sunnah, Khabar, Afar
Perbedaan Hadis, Sunnah, Khabar, dan Asar

Mengamati
Mengamati Gambar hadis, sunah,
khabar, dan atsar
Menyimak penjelasan singkat dari guru tentang Pengertian
hadis, sunah,khabar, dan atsar

Menanya
·   Memberi komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati.
·   Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·   Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.

Mengeksplorasi
·  Menentukan sumber informasi berkaitan dengan Substansi perbedaan dan persamaan pengertian hadits, sunnah, khabar, dan Atsar
·  Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang Persamaan Hadis, Sunnah, Khabar, Atsar,Perbedaan Hadis, Sunnah, Khabar, dan Asar

Mengasosiasikan
·  Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar Persamaan Hadis, Sunnah, Khabar, Asar
·  Perbedaan Hadis, Sunnah, Khabar, dan Asar
·  Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan Persamaan Hadis, Sunnah, Khabar, Asar
·  Perbedaan Hadis, Sunnah, Khabar, dan Asar

Mengkomunikasikan
·  Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan Persamaan Hadis, Sunnah, Khabar, Afar
·  Perbedaan Hadis, Sunnah, Khabar, dan Asar
·  Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuannya  tentang Persamaan Hadis, Sunnah, Khabar, Asar
·  Perbedaan Hadis, Sunnah, Khabar, dan Asar

· Tes tertulis
· Observasi
· Penugasan



·   Unjuk Kerja/Kinerja/Praktek
·   Projek
·   Produk
·   Portofolio
·   Tertulis

2 TM
(4 X 45 )
·  Buku Guru Al-Qur’an Hadis, Kemenag RI, 2014

·  Buku Siswa Al-Qur’an Hadis MA, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung











1.2. Berpegang teguh pada hadits sahih dan hasan sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari


Membimbing sikap Kritis Dalam
Mengamalkan  Hadis  Sebagai Dasar Dalam Kehidupan Sehari-Hari

· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
2.2. Menunjukkan perilaku yang menggunakan hadis sebagaimana fungsinya yang telah dipelajari

Membiasakan perilaku menggunakan hadis sebagaimana fungsinya
· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
3.2  Memahami unsur-unsur hadis















4.2. Menyajikan unsur-unsur  hadis

e.   Pengertian Sanad, matan, rawi
Mengamati
·   Pengertian Sanad, matan, rawi

Menanya
·   Siswa menanyakan mengenai Pengertian Sanad, matan, rawi
·   Siswa lainnya memberi tanggapan atas pertanyaan yang muncul
·   Guru memberi apresiasi atau tanggapan terhadap pertanyaan yang muncul serta terhadap tanggapan dari siswa lainnya

Mengeksplorasi
·  Menentukan sumber informasi berkaitan dengan unsur-unsur yang ada dalam hadis
·  Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang Menyajikan unsur-unsur yang ada dalam hadis

Mengasosiasikan
·   Mencari hubungan antara beberapa materi yang ditemukan dalam litearatur Menyajikan unsur-unsur yang ada dalam hadis
·   Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan unsur-unsur yang ada dalam hadis

Mengkomunikasikan
Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan tentang unsur-unsur yang ada dalam hadis
· Tes tertulis
· Observasi
· Penugasan











·   Unjuk Kerja/Kinerja/Praktek
·   Projek
·   Produk
·   Portofolio
·   Tertulis

2 TM
(4 X 45 )
·  Buku Guru Al-Qur’an Hadis, Kemenag RI, 2014

·  Buku Siswa Al-Qur’an Hadis MA, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung












1.3.Menghayati nilai-nilai kebenaran yang terkandung dalam hadis yang sahih


Membimbing penghayatan  nilai-nilai kebenaran yang terkandung dalam hadis yang sahih
· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan


2.3.Menunjukkan perilaku yang selektif terhadap keanekaragaman hadits

Membiasakan penerapan
sikap cinta ilmu sebagai
manfaat dari mempelajari
macam-macam sunnah

· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan


3.3.  Mengidentifikasikan macam-macam sunah (qauliyah, fi‘liyah, taqririyah, dan hammiyah) dan fungsinya terhadap Al-Qur’an







4.3  Mempresentasikankan contoh macam-macam sunnah (qauliyah, fi’liyah, taqririyah, dan hammiyah)

·  Pengertian Sunnah Qauliyah, fi‘liyah, taqririyah, dan hammiyah





·  Perilaku Orang yang memahami     Macam-macam Sunnah


Mengamati
·   Mengamati gambar yang berhubungan dengan macam-macam sunah (qauliyah, fi‘liyah, taqririyah, dan hammiyah) dan fungsinya terhadap Al-Qur’an
·   Menyimak pengantar guru tentang macam-macam sunah (qauliyah, fi‘liyah, taqririyah, dan hammiyah) dan fungsinya terhadap Al-Qur’an

Menanya
·   Siswa saling mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan gambar yang diamati
·   Memberi tanggapan atas pertanyaan yang diajukan oleh teman sejawat
·   Guru memberi apresiasi atau tanggapan terhadap pertanyaan yang muncul serta terhadap tanggapan dari siswa lainnya
·   Mengungkapkan pendapat atau komentar atas penjelasan guru tentang contoh macam-macam sunnah (qauliyah, fi’liyah, taqririyah, dan hammiyah)
Mengeksplorasi
·  Menentukan sumber informasi berkaitan dengan contoh macam-macam sunnah (qauliyah, fi’liyah, taqririyah, dan hammiyah)
·  Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang contoh macam-macam sunnah (qauliyah, fi’liyah, taqririyah, dan hammiyah)

Mengasosiasikan
·   Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar
·   Menganalisis hasil temuannya berkaitan contoh macam-macam sunnah (qauliyah, fi’liyah, taqririyah, dan hammiyah)

Mengkomunikasikan
·   Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuannya
·   Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan  tentang contoh macam-macam sunnah (qauliyah, fi’liyah, taqririyah, dan hammiyah)

· Tes tertulis
· Observasi
· Penugasan








·   Unjuk Kerja/Kinerja/Praktek
·   Projek
·   Produk
·   Portofolio
·   Tertulis

2 TM
(4x45)
·  Buku Guru Al-Qur’an Hadis, Kemenag RI, 2014

·  Buku Siswa Al-Qur’an Hadis MA, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung












1..4. Menyadari pentingnya berpegang teguh kepada hadits Nabi Muhammad SAW

Menyadari keanekaragaman hadis dan memedomani hadis secara selektif

Membimbing menyadari keanekaragaman hadis dan me medomani hadis secara selektif

· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
2.4. Menunjukkan Perilaku selektif terhadap keanekaragaman hadits
Pembiasaan perilaku yang selektif
terhadap keanekaragaman hadis
membiasakan perilaku yang selektif
terhadap keanekaragaman hadis


· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
3.4. Memahami pembagian hadis dari segi kuantitas dan Kualitasnya











4.4.Menghayati nilai-nilai toleransi yang benar,baik intern umat beragama maupun antar umat beragama.

























Pembagian Hadis Hadis

Ditinjau dari Segi Kuantitas


Hadis Ditinjau dari Segi Kualitas



Mengamati
·   Membaca Pembagian hadis

Menanya
·   Siswa menanyakan mengenai Pembagian Hadis ditinjau dari Segi Kuantitas dan Kualitasnya
·   Siswa lainnya memberi tanggapan atas pertanyaan yang muncul
·   Guru memberi apresiasi atau tanggapan terhadap pertanyaan yang muncul serta terhadap tanggapan dari siswa lainnya

Mengeksplorasi
·  Menentukan sumber informasi berkaitan dengan pembagian hadis dari segi kuantitas dan Kualitasnya
·  Mengumpulkan informasi / bahan dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang pembagian hadis dari segi kuantitas dan Kualitasnya
Mengasosiasikan
·   Merumuskan kembali hasil temuan dari berbagai sumber belajar mengenai pembagian hadis dari segi kuantitas dan Kualitasnya
·   Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan pembagian hadis dari segi kuantitas dan Kualitasnya
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan tentang pembagian hadis dari segi kuantitas dan Kualitasnya
· Tes tertulis
· Observasi
· Penugasan









·   Unjuk Kerja/Kinerja/Praktek
·   Projek
·   Produk
·   Portofolio
·   Tertulis

2 TM
(4x45)
·  Buku Guru Al-Qur’an Hadis, Kemenag RI, 2014

·  Buku Siswa Al-Qur’an Hadis MA, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung












1.5. Memiliki sikap ikhlas dalam beribadah sebagai implemantasi dari pemahaman ayat-ayat Al-Qur'an tentang keikhlasan dalam beribadah pada Surah Al-An‘am: 162–163; Surah Al-Bayyinah: 5; dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a.


Membimbing sikap ikhlas dalam beribadah sebagai implemantasi dari pemahaman ayat-ayat Al-Qur'an tentang keikhlasan dalam beribadah
· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
2.5. Memiliki sikap ikhlas dalam berbuat baik terhadap sesama sebagai implemantasi dari pemahaman ayat-ayat Al-Qur'an tentang keikhlasan pada Surah Al-An‘am: 162–163; Surah Al-Bayyinah: 5; dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a.

membiasakan sikap ikhlas dalam berbuat baik terhadap sesama sebagai implemantasi dari pemahaman ayat-ayat Al-Qur'an tentang keikhlasan
· Observasi
· Penilaian Diri
· Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
3.5. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah pada Surah Al-An‘am: 162–163; Surah Al-Bayyinah: 5; dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a.













4.5. Mendemonstrasikan hapalan dan arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah pada QS
al-An‘am [6]: 162–163; QS. al-Bayyinah [98]: 5; dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a.

Memahami ayat-ayat Al
Qur’an tentang Keikhlasan dalam beribadah pada Surah Al An‘am: 162–163; Surah Al-Bayyinah: 5; dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a.



Mengamati
·  Mengamati Gambar orang yang berhungan dengan Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah pada Surah Al-An‘am: 162–163; Surah Al-Bayyinah: 5; dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a.
·  Siswa menyimak pengantar dari guru Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah pada Surah Al-An‘am: 162–163; Surah Al-Bayyinah: 5; dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a.

Menanya
·   Memberi komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati.
·   Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·   Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.

Mengeksplorasi
·   Menentukan sumber informasi berkaitan dengan  hapalan dan arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah pada Surah Al-An‘am: 162–163; Surah Al-Bayyinah: 5; dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a.
·   Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang  hapalan dan arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah pada Surah Al-An‘am: 162–163; Surah Al-Bayyinah: 5; dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a.

Mengasosiasikan
·   Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar tentang  hapalan dan arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah pada Surah Al-An‘am: 162–163; Surah Al-Bayyinah: 5; dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a.

·   Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan hapalan dan arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah pada Surah Al-An‘am: 162–163; Surah Al-Bayyinah: 5; dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a.

Mengkomunikasikan
·  Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan penggaliannya
·  Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan  tentang hapalan dan arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah pada Surah Al-An‘am: 162–163; Surah Al-Bayyinah: 5; dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a.
· Tes tertulis
· Observasi
· Penugasan















·   Unjuk Kerja/Kinerja/Praktek
·   Projek
·   Produk
·   Portofolio
·   Tertulis


·  Buku Guru Al-Qur’an Hadis, Kemenag RI, 2014

·  Buku Siswa Al-Qur’an Hadis MA, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung













Tag : Silabus
Back To Top