Download Buku Pedoman Peminatan Peserta Didik SMK Tahun 2017

Peminatan adalah program kurikuler yang disediakan untuk mengakomodasi pilihan minat, bakat dan/atau kemampuan peserta didik dengan orientasi pemusatan, dan/atau pendalaman mata pelajaran dan/atau muatan kejuruan. Pada sekolah menengah kejuruan dikenal Peminatan Kejuruan yakni program kurikuler yang disediakan untuk mengakomodasi pilihan minat, bakat dan/atau kemampuan vokasional peserta didik dengan orientasi penguasan kelompok mata pelajaran kejuruan. 

Peminatan pada SMK memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik mengembangkan kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan peserta didik sesuai dengan minat, bakat dan/atau kemampuan dalam bidang keahlian, program keahlian, dan kompetensi keahlian. 

Peminatan peserta didik pada jenjang SMK sangat diperlukan dalam rangka mendukung peserta didik mencapai tujuan akhir baik dalam bidang pekerjaan maupun studi lanjut. Peminatan dapat digunakan sebagai acuan dalam program pendampingan peserta didik baik oleh guru BK/Konselor maupun guru mata pelajaran selama mengikuti pendidikan di sekolah.Penempatan peserta didik pada peminatan pilihan kelompok mata pelajaran kejuruan dimulai pada kelas X.

Untuk lebih jelasnya mengenai Peminatan peserta didik pada jenjang SMK silahkan anda download Buku Pedoman Peminatan Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tahun 2017...dibawah