KI-KD GAMBAR TEKNIK SMK K13 REV 2017 - Kamus Edukasi

Perangkat administrasi guru,Kurikulum 2013 SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK & MA/MAK,Silabus Kurikulum 2013, Perangkat Pembelajaran kurikulum 2013,KIKD,Administrasi Sekolah, Buku kurikulum 2013, Juknis, Juklak, Permendikbud, Kisi Kisi Soal, Revisi 2018

KI-KD GAMBAR TEKNIK SMK K13 REV 2017

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian                               : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian                             : Teknik Konstruksi dan Properti
Kompetensi Keahlian                       : Konstruksi jalan , irigasi , dan jembatan (4Tahun)
Mata Pelajaran                                  : Gambar Teknik
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Konstruksi Gedung, Sanitasi dan Perawatan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.      Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Konstruksi Gedung, Sanitasi dan Perawatan. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.


KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAK-TU
UNIT KOMPE-TENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1       Memahami jenis-jenis dan fungsi peralatan.
4.1       Menyajikan jenis-jenis  dan fungsi peralatan
8 JP
INA.5220. 123.01.04 .06
Mengidentifikasi bahan dan alat yang diperlukan.
Juru Gambar
INA. 5220. 123.01
Kementerian Pekerjaan Umum

3.2       Menerapkan prosedur penggunaan peralatan menggambar teknik.
4.2       Mengguna-kan peralatan gambar teknik
8 JP


3.3       Menerapkan konsep dan aturan  jenis-jenis garis pada gambar teknik.
4.3       Menggambar jenis-jenis garis pada gambar teknik.
8 JP


3.4       Mengklasifikasi huruf, angka dan etiket pada gambar teknik
4.4       Mengguna-kan huruf, angka dan etiket pada gambar teknik
8 JP


3.5       Menerapkan konsep gambar bentuk-bentuk bidang.
4.5       Menggambar bentuk-bentuk bidang
8 JP


3.6       Menerapkan persyaratan gambar proyeksi orthogonal (2D)
4.6       Menggambar proyeksi orthogonal (2D).
24 JP


3.7       Menerapkan  persyaratan gambar proyeksi piktorial (3D)
4.7       Menggambar proyeksi piktorial (3D).
24 JP


3.8       Memahami jenis-jenis gambar potongan dan aturan penggambaran-nya
4.8       Menyajikan jenis-jenis gambar potongan dan aturan penggambar-annya
16 JP


3.9       Menerapkan aturan tanda pemotongan dan letak hasil gambar potongan 
4.9       Membuat  gambar potongan sesuai tanda pemotongan dan aturan tata letak hasil gambar potongan
16 JP


3.10   Menerapkan aturan simbol, notasi, dan dimensi pada gambar teknik.
4.10   Menggam-bar simbol, notasi, dan dimensi pada gambar teknik.
8 JP


3.11   Mengevaluasi penggambaran simbol, notasi, dan dimensi.
4.11   Memeriksa hasil penggambar-an simbol, notasi, dan dimensi.
8 JP


3.12   Menganalisis konsep tata letak gambar teknik
4.12   Mengatur tata letak gambar teknik.
8 JP


JUMLAH JAM
144 JP


Tag : KIKD
Back To Top