KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH
KEJURUAN
Bidang Keahlian :
Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian :
Teknik Konstruksi dan Properti
Kompetensi Keahlian : Konstruksi
jalan , irigasi , dan jembatan (4Tahun)
Mata
Pelajaran : Gambar Teknik
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi,
yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan,
dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja
sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui
keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara
berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia”. Kedua kompetensi
tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya
sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan
kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap
dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan
sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih
lanjut.
KOMPETENSI
INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis,
dan mengevaluasi tentang
pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai
dengan bidang dan lingkup kerja Konstruksi
Gedung, Sanitasi dan Perawatan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks,
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
4.
Melaksanakan tugas
spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang
kerja Konstruksi Gedung, Sanitasi
dan Perawatan.
Menampilkan kinerja
mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi,
kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai
dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara
mandiri.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAK-TU
|
UNIT KOMPE-TENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1 Memahami jenis-jenis dan fungsi peralatan.
|
4.1
Menyajikan jenis-jenis
dan fungsi peralatan
|
8 JP
|
INA.5220. 123.01.04 .06
Mengidentifikasi bahan dan alat yang diperlukan.
|
Juru Gambar
INA. 5220. 123.01
Kementerian Pekerjaan Umum
|
3.2 Menerapkan prosedur penggunaan peralatan menggambar teknik.
|
4.2
Mengguna-kan peralatan gambar teknik
|
8
JP
|
|
|
3.3 Menerapkan konsep dan aturan jenis-jenis garis pada
gambar teknik.
|
4.3
Menggambar jenis-jenis
garis pada gambar teknik.
|
8
JP
|
|
|
3.4 Mengklasifikasi huruf, angka dan etiket pada gambar teknik
|
4.4
Mengguna-kan huruf, angka dan etiket pada gambar teknik
|
8
JP
|
|
|
3.5 Menerapkan konsep
gambar bentuk-bentuk
bidang.
|
4.5
Menggambar bentuk-bentuk
bidang
|
8
JP
|
|
|
3.6 Menerapkan persyaratan gambar proyeksi orthogonal (2D)
|
4.6
Menggambar proyeksi orthogonal (2D).
|
24
JP
|
|
|
3.7 Menerapkan
persyaratan gambar proyeksi piktorial (3D)
|
4.7
Menggambar proyeksi piktorial (3D).
|
24
JP
|
|
|
3.8 Memahami jenis-jenis gambar potongan dan aturan
penggambaran-nya
|
4.8
Menyajikan jenis-jenis
gambar potongan dan aturan penggambar-annya
|
16 JP
|
|
|
3.9 Menerapkan aturan tanda
pemotongan dan letak hasil gambar potongan
|
4.9
Membuat
gambar potongan sesuai tanda pemotongan dan aturan tata letak hasil
gambar potongan
|
16
JP
|
|
|
3.10 Menerapkan aturan simbol, notasi, dan dimensi pada gambar teknik.
|
4.10
Menggam-bar simbol, notasi, dan
dimensi pada gambar teknik.
|
8
JP
|
|
|
3.11 Mengevaluasi penggambaran simbol, notasi, dan dimensi.
|
4.11
Memeriksa hasil penggambar-an
simbol, notasi, dan dimensi.
|
8
JP
|
|
|
3.12 Menganalisis konsep tata letak gambar teknik
|
4.12
Mengatur tata letak
gambar teknik.
|
8
JP
|
|
|
JUMLAH JAM
|
144 JP
|
|
|