KI KD Mekanika Teknik SMK Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 - Kamus Edukasi

Perangkat administrasi guru,Kurikulum 2013 SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK & MA/MAK,Silabus Kurikulum 2013, perangkat pembelajaran kurikulum 2013,KIKD,Administrasi Sekolah, Buku kurikulum 2013, Juknis, Juklak, Permendikbud

KI KD Mekanika Teknik SMK Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian                               : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian                             : Teknik Konstruksi dan Properti
Kompetensi Keahlian                       : Konstruksi jalan , irigasi , dan jembatan (4Tahun)
Mata Pelajaran                                  : Mekanika Teknik
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Konstruksi Gedung, Sanitasi dan Perawatan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.      Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Konstruksi Gedung, Sanitasi dan Perawatan. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.


KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1          Memahami elemen-elemen struktur.
4.1    Menyajikan elemen-elemen struktur
6 JP


3.2        Memahami  faktor yang mempengaruhi struktur bangunan berdasarkan kriteria desain dan pembebanan
4.2       Menyajikan  faktor yang mempengaruhi struktur bangunan berdasarkan kriteria desain dan pembebanan
9 JP


3.3       Memahami macam-macam gaya dalam struktur bangunan
4.3        Menyajikan macam-macam gaya dalam struktur bangunan
9 JP


3.4       Menerapkan cara menyusun gaya dalam struktur bangunan
4.4       Membuat susunan dan perhitungan gaya dalam struktur bangunan
15 JP


3.5       Menganalisis gaya-gaya dalam (momen, geser dan normal) pada struktur bangunan
4.5       Menghitung gaya-gaya dalam (momen, geser dan normal) pada struktur bangunan.
12 JP


3.6       Menganalisis keseimbang-an gaya pada konstruksi balok sederhana.
4.6       Menghitung keseimbangan gaya pada  konstruksi balok sederhana.
15 JP


3.7       Menganalisis gaya-gaya batang pada konstruksi rangka sederhana
4.7       Menghitung gaya-gaya batang pada konstruksi rangka sederhana
12 JP


3.8       Menganalisis tegangan-tegangan yang terjadi pada balok
4.8       Menghitung tegangan-tegangan yang terjadi pada balok
15 JP


3.9       Mengevalua-si kekuatan balok sederhana berdasarkan tegangan yang terjadi.
4.9       Memeriksa kekuatan balok sederhana berdasarkan tegangan yang terjadi.
15 JP


JUMLAH JAM
108 JP


Tag : KIKD
Back To Top