KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH
KEJURUAN
Bidang Keahlian :
Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian :
Teknik Konstruksi dan Properti
Kompetensi Keahlian : Konstruksi
jalan , irigasi , dan jembatan (4Tahun)
Mata
Pelajaran : Mekanika Teknik
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi,
yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan,
dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja
sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui
keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara
berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia”. Kedua kompetensi
tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya
sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan
kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap
dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan
sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih
lanjut.
KOMPETENSI
INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis,
dan mengevaluasi tentang
pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai
dengan bidang dan lingkup kerja Konstruksi
Gedung, Sanitasi dan Perawatan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks,
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
4.
Melaksanakan tugas
spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang
kerja Konstruksi Gedung, Sanitasi
dan Perawatan.
Menampilkan kinerja
mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi,
kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai
dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara
mandiri.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1
Memahami elemen-elemen struktur.
|
4.1
Menyajikan elemen-elemen struktur
|
6 JP
|
|
|
3.2 Memahami faktor yang mempengaruhi struktur bangunan
berdasarkan kriteria desain dan pembebanan
|
4.2
Menyajikan faktor yang
mempengaruhi struktur bangunan berdasarkan kriteria desain dan pembebanan
|
9 JP
|
|
|
3.3 Memahami macam-macam gaya dalam struktur bangunan
|
4.3
Menyajikan macam-macam gaya
dalam struktur bangunan
|
9 JP
|
|
|
3.4 Menerapkan cara menyusun
gaya dalam struktur bangunan
|
4.4
Membuat susunan dan
perhitungan gaya dalam struktur bangunan
|
15 JP
|
|
|
3.5 Menganalisis gaya-gaya dalam (momen, geser dan normal) pada struktur bangunan
|
4.5
Menghitung gaya-gaya dalam (momen, geser dan normal) pada struktur bangunan.
|
12 JP
|
|
|
3.6 Menganalisis keseimbang-an gaya
pada konstruksi balok sederhana.
|
4.6
Menghitung
keseimbangan gaya pada konstruksi balok
sederhana.
|
15 JP
|
|
|
3.7 Menganalisis gaya-gaya batang pada konstruksi rangka
sederhana
|
4.7
Menghitung gaya-gaya batang pada konstruksi rangka sederhana
|
12 JP
|
|
|
3.8 Menganalisis tegangan-tegangan yang terjadi pada balok
|
4.8
Menghitung
tegangan-tegangan yang terjadi pada balok
|
15 JP
|
|
|
3.9 Mengevalua-si kekuatan balok
sederhana berdasarkan tegangan yang terjadi.
|
4.9
Memeriksa kekuatan
balok sederhana berdasarkan tegangan yang terjadi.
|
15 JP
|
|
|
JUMLAH
JAM
|
108 JP
|
|
|