KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH
KEJURUAN
BidangKeahlian :
SemuaBidangKeahlian
Program Keahlian :
Semua Program Keahlian
KompetensiKeahlian : Semua
Kompetensi Keahlian (3dan 4Tahun)
Mata Pelajaran :
Sejarah Indonesia
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi,
yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan,
dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja
sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui
keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara
berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia”. Kedua kompetensi
tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya
sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan
kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap
dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan
sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih
lanjut.
KOMPETENSI
INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis,danmengevaluasitentangpengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kajian Sejarah
Indonesia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan
dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
4. Melaksanakantugasspesifikdenganmenggunakanalat,
informasi, danprosedurkerja yang lazimdilakukanserta
memecahkanmasalahsesuaidenganbidangkajian Sejarah Indonesia
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang
terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi,
kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah
konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
3.1 Memahamikonsep dasar sejarah(berpikirkronologis,
diakronik, sinkronik, ruangdanwaktuserta perubahandankeberlanjutan)
|
4.1
Menyajikan hasil pemahaman tentang konsep dasar sejarah(berpikirkronologis,
diakronik, sinkronik, ruangdanwaktuserta perubahandankeberlanjutan)
|
3
|
3.2 Menganalisiskehidupanmanusia
dan hasil-hasil budaya masyarakat Pra
Aksara Indonesia
|
4.2Menyajikaninformasimengenaimanusia
dan hasil-hasil budaya khususnya
masyarakat Pra Aksara Indonesia
|
9
|
3.3Menganalisisberbagaiteoritentang
proses masuknya agama dankebudayaan Hindu dan Buddha serta
pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat
Indonesia
(pemerintahan, budaya)
|
4.3
Membuat tulisan tentang berbagai teori
masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha serta pengaruhnya
terhadap kehidupan masyarakat Indonesia
(pemerintahan, budaya)
|
9
|
3.4Menganalisisberbagaiteoritentang
proses masuknya agama dankebudayaan Islam sertapengaruhnya terhadap
kehidupan masyarakat Indonesia (ekonomi,
pemerintahan, budaya)
|
4.4Menyajikan
hasil analisisberbagaiteoritentang
proses masuknya agama dankebudayaan Islam sertapengaruhnya terhadap
kehidupan masyarakat Indonesia (ekonomi,
pemerintahan, budaya)
|
6
|
3.5 Menganalisis proses masuk dan perkembangan
penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia
|
4.5 Mengolah informasi tentang proses masuk dan
perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke
Indonesia dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah
|
6
|
3.6 Menganalisis
dampak politik, budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan
bangsa Eropa dan Jepang dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini
|
4.6 Menalardampakpolitik,
budaya, sosial, ekonomi, danpendidikanpadamasapenjajahanbangsaEropa (Portugis,
Spanyol, Belanda, Inggris) dalamkehidupanbangsa Indonesia
masakinidanmenyajikannyadalambentukceritasejarah
|
9
|
3.7 Menganalisis
nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia
pada masa kini
|
4.7 Menyajikan
hasil analisis nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan
di Indonesia pada masa kini
|
3
|
3.8 Menganalisis
peristiwa proklamasi kemerdekaan dan maknanya bagi kehidupan sosial, budaya,
ekonomi, politik, dan pendidikan bangsa Indonesia
|
4.8Menalar peristiwa proklamasi kemerdekaan dan
maknanya bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan
bangsa Indonesia
|
6
|
3.9Menganalisis
peristiwa pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia pada awal
kemerdekaan dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan Indonesia masa kini
|
4.9Menalar peristiwa pembentukan pemerintahan
Republik Indonesia pada awal kemerdekaan dan maknanya bagi kehidupan
kebangsaan Indonesia masa kini
|
6
|
3.10Menganalisis strategi dan bentuk perjuangan bangsa
Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan
Belanda
|
4.10Mengolah informasi tentang strategi dan bentuk
perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari ancaman
Sekutu dan Belanda
|
6
|
3.11Mengevaluasi upaya bangsa indonesia dalam
menghadapi ancaman disintegrasi bangsa antara lain PKI Madiun 1948, DI/TII,
APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI
|
4.11Merekonstruksi upaya bangsa indonesia dalam menghadapi
ancaman disintegrasi bangsa antara lain PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi
Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI
|
9
|
3.12Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik dan
ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi
Liberal
|
4.12Merekonstruksi perkembangan kehidupan politik dan
ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi
Liberal
|
9
|
3.13Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik dan
ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
|
4.13Melakukan penelitian sederhana tentang kehidupan
politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
|
3
|
3.14Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik dan
ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Orde Baru
|
4.14Melakukan penelitian sederhana tentang pekembangan
kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Orde Baru
|
3
|
3.15Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik dan
ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal Reformasi
|
4.15Melakukan penelitian sederhana tentang pekembangan
kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal Reformasi
|
3
|
3.16Mengevaluasi peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda
dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia
|
4.16Menulis sejarah tentang peran pelajar, mahasiswa,
dan pemuda dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia
|
6
|
3.17Mengevaluasi peran bangsa Indonesia
dalam perdamaian dunia antara lain KAA, Misi Garuda, Deklarasi Djuanda,
Gerakan Non Blok, ASEAN, OKI, dan Jakarta Informal Meeting
|
4.17Menyajikan hasil telaah tentang peran bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia antara lain KAA,
Misi Garuda, Deklarasi Djuanda, Gerakan Non Blok, ASEAN, OKI, dan Jakarta
Informal Meeting
|
6
|
3.18Mengevaluasi kehidupan Bangsa Indonesia dalam
mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era kemerdekaan (sejak
proklamasi sampai dengan Reformasi)
|
4.18Membuat studi evaluasi tentang kehidupan Bangsa
Indonesia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di era
kemerdekaan (sejak proklamasi sampai dengan Reformasi)
|
6
|
108
|