KI-KD Teknologi Perkantoran SMK Revisi 2017 - Kamus Edukasi

Perangkat administrasi guru,Kurikulum 2013 SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK & MA/MAK,Silabus Kurikulum 2013, perangkat pembelajaran kurikulum 2013,KIKD,Administrasi Sekolah, Buku kurikulum 2013, Juknis, Juklak, Permendikbud

KI-KD Teknologi Perkantoran SMK Revisi 2017

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
            Bidang Keahlian                  : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian              : Manajemen Perkantoran
Kompetensi Keahlian          : Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran
Mata Pelajaran                   : Teknologi Perkantoran


Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoranpada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.      Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Mata Pelajaran: TeknologiPerkantoran

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1     Memahami konsep teknologi perkantoran
4.1      Mempresentasikan konsep teknologi perkantoran
4
ADM.PK02.006.01 Menggunakan Teknologi Kantor
(Tidak ada dalam Skema, Ada dalam SKKNI)
Tidak Ada
3.2     Menerapkan penggunaan perlengkapan kantor
4.2      Menggunakan perlengkapan kantor
8
Tidak Ada
Tidak Ada
3.3     Menerapkanpengoperasian peralatan kantor
4.3      Mengoperasikan peralatan kantor
16
ADM.PK01.006.01
Menggunakan Peralatan Kantor

Mail Handling (Tidak Cocok)
3.4     Menerapkan cara mengetik (keyboarding)  yang cepat dan tepat
4.4      Mengetik (keyboarding) dengan cepat dan tepat
20
TIK.OP01.001.01
Mengetik pada papan ketik (keyboard) standar
(Tidak ada dalam Skema, Ada dalam SKKNI)
Tidak Ada
3.5     Menerapkan aplikasi pengolah kata
4.5      Menggunakan aplikasi pengolah kata
16
ADM.PK02.001.01
Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak
Correspondence
(Tidak Cocok)
3.6     Menerapkan aplikasi pengolah angka

4.6      Menggunakan aplikasi pengolah angka
16
ADM.PK02.001.01
Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak
Correspondence
(Tidak Cocok)
3.7     Menerapkan aplikasi presentasi
4.7      Menggunakan aplikasi presentasi
16
ADM.PK02.001.01
Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak
Correspondence
(Tidak Cocok)
3.8     Menerapkan aplikasi bahan cetak
4.8      Menggunakan aplikasi bahan cetak
12
ADM.PK02.001.01
Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak
Correspondence
(Tidak Cocok)
3.9     Menerapkan prosedur penggandaan dokumen

4.9      Melakukan penggandaan dokumen
12
ADM.PK02.011.01
Mengatur penggandaan dan pengumpulan dokumen (Tidak ada dalam skema, ada dalam SKKNI)
Tidak Ada
3.10 Menganalisis informasi dari internet untuk menunjang pekerjaan kantor
4.10  Menggunakan informasi dari internet untuk menunjang pekerjaan kantor
8
Tidak Ada
Tidak Ada
3.11 Menerapkan pengelolaan informasi melalui web log (blog)
4.11  Melaksanakan pengelolaan informasi melalui web log (blog)
8
ADM.PK03.006.01
Mengoperasikan web site
 (Tidak ada dalam skema, ada dalam SKKNI)
Tidak Ada
3.12 Mengevaluasi penggunaan teknologi perkentoran
4.12  Membuat laporan penggunaan teknologi perkantoran
12
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
Correspondence
(Tidak Cocok)
JUMLAH JAM
144




Tag : KIKD
Back To Top