KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang
Keahlian : Bisnis dan
Manajemen
Program
Keahlian : Manajemen
Perkantoran
Kompetensi Keahlian :
Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran
Mata Pelajaran : Teknologi Perkantoran
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi,
yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan,
dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja
sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui
keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara
berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia”. Kedua kompetensi
tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya
sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan
kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap
dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan
sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih
lanjut.
KOMPETENSI
INTI 3
(PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI
INTI 4
(KETERAMPILAN) |
3.
Memahami,
menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan
metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi
dan Tata Kelola Perkantoranpada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks,
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah,
dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai
dengan bidang kerja Otomatisasi
dan Tata Kelola Perkantoran. Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai
dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam
ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah,
serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
Mata Pelajaran: TeknologiPerkantoran
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1 Memahami konsep teknologi perkantoran
|
4.1 Mempresentasikan
konsep teknologi perkantoran
|
4
|
ADM.PK02.006.01
Menggunakan Teknologi Kantor
(Tidak ada dalam Skema, Ada dalam
SKKNI)
|
Tidak Ada
|
3.2 Menerapkan penggunaan perlengkapan kantor
|
4.2 Menggunakan
perlengkapan kantor
|
8
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.3 Menerapkanpengoperasian peralatan kantor
|
4.3 Mengoperasikan
peralatan kantor
|
16
|
ADM.PK01.006.01
Menggunakan Peralatan
Kantor
|
Mail Handling (Tidak
Cocok)
|
3.4 Menerapkan cara mengetik (keyboarding) yang cepat dan tepat
|
4.4 Mengetik
(keyboarding) dengan cepat dan tepat
|
20
|
TIK.OP01.001.01
Mengetik pada papan
ketik (keyboard) standar
(Tidak ada dalam Skema, Ada dalam
SKKNI)
|
Tidak Ada
|
3.5 Menerapkan aplikasi pengolah kata
|
4.5 Menggunakan
aplikasi pengolah kata
|
16
|
ADM.PK02.001.01
Mengoperasikan
aplikasi perangkat lunak
|
Correspondence
(Tidak Cocok) |
3.6 Menerapkan aplikasi pengolah angka
|
4.6 Menggunakan
aplikasi pengolah angka
|
16
|
ADM.PK02.001.01
Mengoperasikan
aplikasi perangkat lunak
|
Correspondence
(Tidak Cocok) |
3.7 Menerapkan aplikasi presentasi
|
4.7 Menggunakan
aplikasi presentasi
|
16
|
ADM.PK02.001.01
Mengoperasikan
aplikasi perangkat lunak
|
Correspondence
(Tidak Cocok) |
3.8 Menerapkan aplikasi bahan cetak
|
4.8 Menggunakan
aplikasi bahan cetak
|
12
|
ADM.PK02.001.01
Mengoperasikan
aplikasi perangkat lunak
|
Correspondence
(Tidak Cocok) |
3.9 Menerapkan prosedur penggandaan dokumen
|
4.9 Melakukan
penggandaan dokumen
|
12
|
ADM.PK02.011.01
Mengatur
penggandaan dan pengumpulan dokumen (Tidak ada dalam skema, ada dalam SKKNI)
|
Tidak Ada
|
3.10 Menganalisis informasi dari internet untuk menunjang
pekerjaan kantor
|
4.10 Menggunakan
informasi dari internet untuk menunjang pekerjaan kantor
|
8
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.11 Menerapkan pengelolaan informasi melalui web log (blog)
|
4.11 Melaksanakan
pengelolaan informasi melalui web log (blog)
|
8
|
ADM.PK03.006.01
Mengoperasikan web
site
(Tidak ada dalam skema, ada dalam SKKNI)
|
Tidak Ada
|
3.12 Mengevaluasi penggunaan teknologi perkentoran
|
4.12 Membuat
laporan penggunaan teknologi perkantoran
|
12
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
(Tidak Cocok) |
JUMLAH JAM
|
144
|
|
|