Perubahan Kurikulum 2013 PAI & BP SMK Rev 2016 Ke Revisi 2017 - Kamus Edukasi

Perangkat administrasi guru,Kurikulum 2013 SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK & MA/MAK,Silabus Kurikulum 2013, perangkat pembelajaran kurikulum 2013,KIKD,Administrasi Sekolah, Buku kurikulum 2013, Juknis, Juklak, Permendikbud

Perubahan Kurikulum 2013 PAI & BP SMK Rev 2016 Ke Revisi 2017

PERUBAHAN KUR-13 SMK DENGAN KURIKULUM 13 SMK (PERBAIKAN 2017)

No
Mata Pelajaran
Struktur Kur-13 (Lama)
Struktur Kur-13 (Perbaikan)
JP/Minggu/Smt
Total
JP/Minggu/Smt
Total
Keterangan
A.Muatan Nasional


1
PABP
3 JP/mg x 6 Smt
318
3 JP/mg x 6 Smt
318
Tdk mengalami perubahan
2
PPKn
2 JP/mg x 6 Smt
212
2 JP /mgx 6 Smt
212
Tdk mengalami perubahan
3
Bahasa Indonesia
4 JP/mg x 6 Smt
424
4 JP/mg x 2 Smt (1 dan 2) dan 3 jp/mg x 4 smt (3, 4, 5, 6)
354
Mengalami perubahan
4
Matematika
4 JP/mg x 6 Smt
424
4 JP/mg x 6 Smt
424
Tdk mengalami perubahan
5
Sejarah Indoesia
2 JP/mg x 6 Smt
212
3 JP/mg x 2 Smt (1 dan 2)
108
Mengalami perubahan
6
Bahasa Inggris dan Bhs.Lainnya
2 JP/mg x 6 Smt
212
Untuk program 3 tahun
3 JP/mg x 4 Smt (1, 2, 3 dan 4) dan 4 jp/mg x 2 Smt (5 dan 6)
Untuk program 4 Tahun
3 JP/mg x 4 Smt (1, 2, 3 dan 4) dan 4 jp/mg x 4 Smt (5,6,7, 8)
352


488
Mengalami perubahan
Terutama adanya tambahan bahasa asing lainnya pada kelas XII (3 Th) dan XIII (4 Th)
B. Muatan Kewilayahan

7
Seni Budaya
2 JP/mg x 6 Smt
212
3 JP/mg x 2 Smt (1 dan 2)
108
Mengalami perubahan
8
Penjasorkes
2 JP/mg x 6 Smt
212
2 JP/mg x 4 Smt (1, 2, 3 dan 4)
144
Mengalami perubahan


PERUBAHAN KUR-13 SMK MENJADI KURIKULUM 13 SMK (PERBAIKAN 2017)

Mata Pelajaran    : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Aspek
Kurikulum 2013
Kurikulum 2013 (Perbaikan 2017)
Alasan
Jml Jam/Mg/Smt
Total Jam
Jml Jam/Mg/Smt
Total jam
A.      Waktu





1.    Jumlah Jam
3 JP/mg x 6 Smt
318
3 JP/mg x 6 Smt
318
Tidak ada perubahan
2.    Durasi (berapa semester di semester berapa)
Semua semester
Semua semester
Tidak ada perubahan
B.   Kompetensi Dasar (KD)



1.    Jumlah KD
33
33

2.    Materi KD
3.1 menganalisis Q.S. al-Hujurat/49:
10 dan 12 serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
4.1.1 membaca Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.1.2 mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 dengan fasih dan lancar
4.1.3 menyajikan hubungan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta Hadis terkait
3.1 Menganalisis Q.S. al-Anfal (8):72, Q.S. al-Hujurat (49): 10 dan 12 serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
4.1.1   Membaca Q.S. al-Anfal (8):72, Q.S. al-Hujurat (49): 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Anfal (8:72), Q.S. al-Hujurat (49): 10 dan 12 dengan fasih dan lancar
4.1.3   Menyajikan keterkaitan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S. al-Anfal (8:72), Q.S. al-Hujurat (49): 10 dan 12, serta Hadis terkait
Tidak ada perubahan

3.2 menganalisis Q.S. al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-Nur/24 : 2, serta Hadis tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
4.2.1 membaca Q.S. al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-Nur/24:2 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.2.2 mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-Nur/24:2 dengan fasih dan lancar
4.2.3 menyajikan keterkaitan antara larangan berzina dengan berbagai kekejian (fahisyah) yang ditimbulkannya dan perangai yang buruk (saa-a sabila) sesuai pesan Q.S. al-Isra’/17: 32 dan Q.S. an-Nur/24:2
3.2   Menganalisis Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2, serta Hadis tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
4.2.1   Membaca Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.2.2          Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2 dengan fasih dan lancar
4.2.3   Menyajikan larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina dengan berbagai kekejian (fahisyah) yang ditimbulkannya sesuai pesan Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2
Tidak ada perubahan

3.3 menganalisis makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
4.3 menyajikan hubungan makna- makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir dengan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku adil
3.3   Menganalisis makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
4.3   Menyajikan hubungan makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir dengan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku adil
Tidak ada perubahan

3.4 menganalisis makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.
4.4 menyajikan hubungan antara beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt. dengan perilaku teliti, disiplin, dan waspada
3.4   Menganalisis makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah swt.
4.4   Mempresentasikan hubungan makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah swt dengan perilaku teliti, disiplin, dan waspada
Menyajikan diubah mempresentasikan karena materi pembelajaran dikembangkan melalui diskusi dan presentasi

3.5 menganalisis ketentuan berpakaian sesuai syariat Islam
4.5 menyajikan keutamaan tatacara berpakaian sesuai syariat Islam
3.5   Menerapkan ketentuan berpakaian sesuai syariat Islam
4.5   Mempraktikkan tata cara berpakaian sesuai syariat Islam
Menganalisis diubah menjadi menerapkan karena diutamakan mengaplikasikan atau menerapkan ketentuan berpakaian tidak sekedar menganalisis


3.6 menganalisis manfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
4.6 menyajikan kaitan antara contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari dengan keimanan
3.6   Memahami manfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
4.6   Melaksanakan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
Menyajikan diubah melaksanakan karena lebih ditekankan pada kemampuan melaksanakan bukan sekedar menyajikan

3.7 menganalisis semangat menuntut ilmu, menerapkan, dan menyampaikannya kepada sesama
4.7 menyajikan kaitan antara kewajiban menuntut ilmu, dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S. at-Taubah/9: 122 dan Hadis terkait
3.7   Menganalisis kewajiban menuntut ilmu untuk membela agama
4.7   Menyajikan kewajiban menuntut ilmu dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S. at-Taubah (9): 122 dan Hadis
Tidak ada perubahan

3.8 menganalisis kedudukan al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam
4.8 mendeskripsikan macam-macam sumber hukum Islam
3.8   Menganalisis kedudukan al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam
4.8   Menentukan suatu hukum berdasarkan al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam
Mendiskripsikan diubah menjadi menentukan karena lebih tinggi tingkat kemampuannya

3.9 menganalisis hikmah ibadah haji, zakat, dan wakaf bagi individu dan masyarakat
4.9 menyimulasikan ibadah haji, zakat, dan wakaf
3.9   Menganalisis tata cara ibadah haji, zakat, dan wakaf
4.9   Menyimulasikan tata cara ibadah haji, zakat, dan wakaf
Tidak ada perubahan

3.10 menganalisis substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah
4.10 menyajikan keterkaitan antara substansi dan strategi dengan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah
3.10  Menganalisis substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah
4.10 Menyajikan substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah
Tidak ada perubahan

3.11 menganalisis substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Madinah
4.11 menyajikan keterkaitan antara substansi dan strategi dengan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Madinah
3.11 Menganalisis strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah
4.11  Mempresentasikan dan strategi dengan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah
Menyajikan diubah mempresentasikan karena materi pembelajaran dikembangkan melalui diskusi dan presentasi

3.1 menganalisis makna Q.S. al-Maidah/5 : 48; Q.S. an-Nisa/4: 59, dan Q.S. at-Taubah/9 : 105, serta Hadis tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja
4.1.1 membaca Q.S. al-Maidah/5 : 48; Q.S. an-Nisa/4: 59, dan Q.S. at-Taubah/9 : 105 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.1.2 mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Maidah/5 : 48; Q.S. an-Nisa/4: 59, dan Q.S. at-Taubah/9 : 105 dengan fasih dan lancar
4.1.3 menyajikan keterkaitan antara perintah berkompetisi dalam kebaikan dengan kepatuhan terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesan Q.S. al-Maidah/5 : 48; Q.S. an-Nisa/4: 59, dan Q.S. at-Taubah/9 : 105
3.12  Menganalisis makna Q.S. al-Maidah (5) : 48; Q.S. an-Nisa (4): 59, dan Q.S. at-Taubah (9): 105, serta Hadis tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja
4.12.1   Membaca Q.S. al-Maidah (5) : 48; Q.S. an-Nisa (4): 59, dan Q.S. at-Taubah (9): 105 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijulhuruf
4.12.2         Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Maidah (5) : 48; Q.S. an-Nisa (4): 59, dan Q.S. at-Taubah (9): 105 dengan fasih dan lancar
4.12.3   Menyajikan perintah berkompetisi dalam kebaikan dan kepatuhan terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesan Q.S. al-Maidah (5) : 48; Q.S. an-Nisa (4): 59, dan Q.S. at-Taubah (9): 105
Tidak ada perubahan

3.2 menganalisis makna Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5 : 32, serta Hadis tentang toleransi, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
4.2.1 membaca Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5 : 32 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.2.2 mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5 : 32 dengan fasih dan lancar
4.2.3 menyajikan keterkaitan antara kerukunan dan toleransi sesuai pesan Q.S. Yunus/10: 40-41 dengan menghindari tindak kekerasan sesuai pesan Q.S. Al-Maidah/5: 32
3.13  Menganalisis makna Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Q.S. al-Maidah (5): 32, serta Hadis tentang toleransi, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
4.13.1   Membaca Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Q.S. al-Maidah (5): 32 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.13.2        Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Q.S. al-Maidah (5): 32 dengan fasih dan lancar
4.13.3         Mempresentasikan perintah toleransi dan kerukunan sesuai pesan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan menghindari tindak kekerasan sesuai pesan Q.S. Al-Maidah (5): 32
Menyajikan diubah mempresentasikan karena materi pembelajaran dikembangkan melalui diskusi dan presentasi

3.3 menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
4.3 menyajikan keterkaitan antara beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt., dengan perilaku sehari-hari
3.14  Menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah swt.
4.14  Mempresentasikan keterkaitan antara beriman kepada kitab-kitab suci Allah swt dengan perilaku sehari-hari
Menyajikan diubah mempresentasikan karena materi pembelajaran dikembangkan melalui diskusi dan presentasi

3.4 menganalisis makna iman kepada rasul-rasul Allah Swt.
4.4 menyajikan kaitan antara iman kepada rasul-rasul Allah Swt. dengan keteguhan dalam bertauhid, toleransi, ketaatan, dan kecintaan kepada Allah
3.15  Menganalisis makna iman kepada rasul-rasul Allah swt.
4.15  Menyajikan hubungan antara iman kepada rasul-rasul Allah swt dengan keteguhan dalam bertauhid, toleransi, ketaatan, dan kecintaan kepada Allah
Tidak ada perubahan

3.5 menganalisis makna syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari
4.5 menyajikan kaitan antara syaja’ah (berani membela kebenaran) dengan upaya mewujudkan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
3.16  Menganalisis makna syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran
4.16  Menyajikan makna syaja’ah (berani membela kebenaran) dan upaya mewujudkan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
Tidak ada perubahan

3.6 menganalisis perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
4.6 menyajikan kaitan antara ketauhidan dalam beribadah dengan hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sesuai dengan Q.S. al-Isra’/17: 23 dan Hadis terkait
3.17  Menganalisis perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
4.17  Menyajikan ketauhidan dalam beribadah serta hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sesuai dengan Q.S. al-Isra’ (17): 23  dan Hadis terkait
Tidak ada perubahan

3.7 menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
4.7 menyajikan prosedur penyelenggaraan jenazah
3.18  Mengevaluasi tata cara perawatan jenazah
4.18 Menyimulasikan tata cara perawatan jenazah
Menyajikan diubah menjadi menyimulasikan karena pada ranah ketrampilan perawatan jenazah lebih tepat dengan menyimulasikan

3.8 menganalisis pelaksanaan khutbah, tablig, dan dakwah
4.8 menyajikan ketentuan khutbah, tablig, dan dakwah
3.19  Menganalisis pelaksanaan khutbah, tablig, dan dakwah
4.19 Menyimulasikan tata cara khutbah, tablig, dan dakwah
Menyajikan diubah menjadi menyimulasikan karena pada ranah ketrampilan khutbah, tabligh dan dakwah lebih tepat dengan menyimulasikan

3.9 menelaah prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam
4.9 mempresentasikan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam
3.20  Menganalisis prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam
4.20  Menentukan kegiatan usaha sesuai dengan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam
Menelaah diubah menjadi menganilis hanya ganti istilah saja, karena keduanya berada pada tingkat berfikir yang sama yaitu menganalisis pada taksonomi Anderson

3.10 menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan
4.10 menyajikan kaitan antara perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan dengan prinsip-prinsip yang mempengaruhinya
3.21  Menganalisis perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan (Masa Khulafaur Rasyidin – Bani Umayyah)
4.21  Menyajikan perkembangan peradaban Islam dan faktor-faktor yang mempengaruhinya pada masa kejayaan (Khulafaur Rasyidin – Bani Umayyah)
Menelaah diubah menjadi menganilis hanya ganti istilah saja, karena keduanya berada pada tingkat berfikir yang sama yaitu menganalisis pada taksonomi Anderson

3.11 menelaah perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang)
4.11.1 menyajikan prinsip-prinsip perkembangan peradaban Islam pada masa modern (1800-sekarang)

4.11.2 menyajikan prinsip-prinsip pembaharuan yang sesuai dengan perkembangan peradaban Islam pada masa modern

3.22  Menganalisis perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang)
4.22.1   Menyajikan perkembangan peradaban Islam pada masa modern (1800-sekarang)
4.22.2   Menyajikan prinsip-prinsip pembaharuan yang sesuai dengan perkembangan peradaban Islam pada masa modern
Menelaah diubah menjadi menganilis hanya ganti istilah saja, karena keduanya berada pada tingkat berfikir yang sama yaitu menganalisis pada taksonomi Anderson

3.1 menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta Hadis tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis
4.1.1 membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159,; sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul-huruf
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, dengan lancar
4.1.3 Menyajikan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai pesan Q.S. Ali Imran/3: 190-191
3.23  Mengevaluasi makna Q.S. Ali Imran (3): 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3): 159, serta Hadis tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis
4.23.1   Membaca Q.S. Ali Imran (3): 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3): 159,; sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul-huruf
4.23.2        Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3): 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3): 159, dengan lancar
4.23.3 Menyajikan sikap kritis dan ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai pesan Q.S. Ali Imran (3): 190-191
4.23.4 Mempresentasikan demokrasi dan sikap tidak memaksakan kehendak sesuai pesan Q.S. Ali Imran (3): 159
Dalam KD cukup satu kata operasional, maka cukup mengevaluasi saja.

Menyajikan diubah mempresentasikan karena materi pembelajaran dikembangkan melalui diskusi dan presentasi

3.2 menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia
4.2.1 membaca Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.2.2 mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83 dengan lancar
4.2.3 menyajikan keterkaitan antara kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah dengan berbuat baik terhadap sesama manusia sesuai pesan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83






3.24  Mengevaluasi makna Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. al-Baqarah (2): 83, serta Hadis tentang kewajibanberibadah dan bersyukur kepada Allah sertaberbuat baik kepada sesama manusia
4.24.1   Membaca Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. al-Baqarah (2): 83 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.24.2        Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. al-Baqarah (2): 83 dengan lancar
4.24.3 Mempresentasikan  kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik terhadap sesama manusia sesuai pesan Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. al-Baqarah (2): 83
Dalam KD cukup satu kata operasional, maka cukup mengevaluasi saja.

3.3 menganalisis dan mengevaluasi makna iman kepada hari akhir


4.3 menyajikan kaitan antara beriman kepada hari akhir dengan perilaku jujur, bertanggung jawab, dan adil

3.25  Mengevaluasi makna iman kepada hari akhir
4.25  Menyajikan perilaku jujur, bertanggung jawab, dan adil sebagai perwujudan iman kepada hari akhir
Dalam KD cukup satu kata operasional, maka cukup mengevaluasi saja.

3.4 menganalisis dan mengevaluasi makna iman kepada qadha dan qadar



4.4 menyajikan kaitan antara beriman kepada qadha dan qadar Allah Swt. dengan sikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal

3.26  Mengevaluasi makna iman kepada qadha dan qadar
4.26Mempresentasikan makna sikap optimis, ikhtiar, dan tawakkal sebagai perwujudan  iman kepada qadha dan qadar Allah swt. 
Dalam KD cukup satu kata operasional, maka cukup mengevaluasi saja.

3.5 menganalisis dan mengevaluasi perilaku bekerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat
4.5 mengaitkan perilaku bekerja keras dan bertanggung jawab kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan keimanan

3.27  Mengevaluasi perilaku bekerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat
4.27  Menyajikan perilaku bekerja keras, jujur, bertanggung jawab, adil, dan toleransi dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat sebagai wujud keimanan
Dalam KD cukup satu kata operasional, maka cukup mengevaluasi saja.
Mengaitkan diubah menyajikan karena materi pembelajaran dikembangkan dengan scientifik melalui diskusi




3.6 menganalisis dan mengevaluasi ketentuan pernikahan dalam Islam
4.6 menyajikan prinsip-prinsip pernikahan dalam Islam

3.28  Mengevaluasi ketentuan pernikahan dalam Islam
4.28  Menyajikan prosesi pernikahan dalam Islam
Dalam KD cukup satu kata operasional, maka cukup mengevaluasi saja.

3.7 menganalisis dan mengevaluasi ketentuan waris dalam Islam
4.7 mempraktikkan pelaksanaan pembagian waris dalam Islam

3.29  Mengevaluasi ketentuan waris dalam Islam
4.29  Menggunakan ketentuan pembagian waris Islam dalam kehidupan
Dalam KD cukup satu kata operasional, maka cukup mengevaluasi saja.
Mempraktikan diubah menggunakan karena hitungan mawaris tidak hanya dipraktikkan tapi digunakan dalam kehidupan sehari hari

3.8 menganalisis dan mengevaluasi strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
4.8 menyajikan prinsip-prinsip strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia

3.30  Mengevaluasi strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
4.30  Menyajikan prinsip-prinsip strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
Dalam KD cukup satu kata operasional, maka cukup mengevaluasi saja.

3.9 menganalisis dan mengevaluasi sejarah perkembangan Islam di Indonesia
4.9 menyajikan nilai-nilai keteladanan tokoh-tokoh dalam sejarah perkembangan Islam di Indonesia

3.31  Mengevaluasi sejarah perkembangan Islam di Indonesia
4.31  Menyajikan nilai-nilai keteladanan tokoh-tokoh dalam sejarah perkembangan Islam di Indonesia
Dalam KD cukup satu kata operasional, maka cukup mengevaluasi saja.

3.10 menganalisis dan mengevaluasi faktor-faktor kemajuan peradaban Islam di dunia
4.10 menyajikan faktor-faktor penentu kemajuan peradaban Islam di dunia

3.32  Mengevaluasi faktor-faktor kemajuan peradaban Islam di dunia
4.32  Menyajikan faktor-faktor penentu kemajuan peradaban Islam di dunia
Dalam KD cukup satu kata operasional, maka cukup mengevaluasi saja.

3.11 menganalisis dan mengevaluasi faktor-faktor kemunduran peradaban Islam di dunia
4.11 menyajikan faktor-faktor penyebab kemunduran peradaban Islam di dunia

3.33  Mengevaluasi faktor-faktor kemunduran peradaban Islam di dunia
4.33  Menyajikan faktor-faktor penyebab kemunduran peradaban Islam di dunia
Dalam KD cukup satu kata operasional, maka cukup mengevaluasi saja.

Tag : KIKD
Back To Top