Buku Matematika Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017 - Kamus Edukasi

Perangkat administrasi guru,Kurikulum 2013 SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK & MA/MAK,Silabus Kurikulum 2013, perangkat pembelajaran kurikulum 2013,KIKD,Administrasi Sekolah, Buku kurikulum 2013, Juknis, Juklak, Permendikbud

Buku Matematika Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Pendidikan matematika di sekolah diharapkan   memberikan kontribusi dalam mendukung pencapaian kompetensi lulusan pendidikan dasar dan pendidikan menengah melalui pengalaman belajar, agar mampu:
  1. memahami konsep dan menerapkan prosedur matematika dalam kehidupan sehari hari;
  2. melakukan  operasi  matematika  untuk  penyederhanaan, dan analisis komponen yang ada;
  3. melakukan penalaran matematis yang meliputi membuat generalisasi berdasarkan pola, fakta, fenomena atau  data  yang  ada,membuat dugaan dan memverifikasinya;
  4. memecahkan  masalah  dan  mengomunikasikan gagasan melalui simbol,  tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah;
  5. menumbuhkan sikap positif seperti sikap logis, kritis, cermat, teliti, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah. 

Pengembangan kompetensi matematika diarahkan untuk meningkatkan kecakapan hidup (life skill), terutama dalam membangun penalaran, komunikasi, dan pemecahan masalah (problem solving). Selain itu, pengembangan kompetensi matematika juga menekankan kemahiran atau keterampilan menggunakan perangkat teknologi untuk melakukan perhitungan teknis (komputasi) dan penyajian dalam bentuk gambar dan grafik (visualisasi), yang penting untuk mendukung keterampilan lainnya yang bersifat keterampilan lintas disiplin ilmu dan keterampilan yang bersifat nonkognitif serta pengembangan nilai, norma dan etika (soft skill).

Pengelompokan materi Matematika SMP kelas VII terdiri 4 Kompetensi Inti (KI)  yang kemudian dijabarkan menjadi 38 Kompetensi Dasar (KD) itu merupakan bahan kajian yang akan ditransformasikan dalam kegiatan pembelajaran selama satu tahun dalam dua semester yang terurai dalam 38 minggu. Sesuai dengan sistem semester, maka 38 minggu itu dibagi menjadi dua semester, semester pertama dan semester kedua. Setiap semester terbagi menjadi 19 minggu, sehingga alokasi waktu yang tersedia adalah 5 × 40 menit × 32 minggu/tahun atau 5 × 40 menit × 19 minggu/semester.  

Pembelajaran   Matematika   menggunakan   pendekatan   saintifik   yang   dapat diperkuat dengan model-model pembelajaran, antara lain: Model Pembelajaran Kooperatif; Pembelajaran Kontekstual; Model Discovery Learning; Project-Based Learning; dan Problem-Based Learning.
Ruang Lingkup Materi Matematika Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017
1. Bilangan 
2. Himpunan 
3. Bentuk Aljabar
4. Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
5. Perbandingan 
6. Aritmatika Sosial
7. Garis dan Sudut
8. Segiempat dan Segitiga
9. Penyajian Data
10. teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras
Download Buku Matematika Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Tag : Buku Mapel
Back To Top