Buku IPS Kelas 8 Revisi 2017 - Kamus Edukasi

Perangkat administrasi guru,Kurikulum 2013 SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK & MA/MAK,Silabus Kurikulum 2013, Perangkat Pembelajaran kurikulum 2013,KIKD,Administrasi Sekolah, Buku kurikulum 2013, Juknis, Juklak, Permendikbud, Kisi Kisi Soal, Revisi 2018

Buku IPS Kelas 8 Revisi 2017


Buku Guru merupakan pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran yang meliputi persiapan, pelaksanaan dan penilaian serta pedoman penggunaan buku siswa. dan Buku Siswa adalah buku yang diperuntukkan bagi siswa yang dipergunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. dimana Buku Siswa bukan sekedar bahan bacaan, tetapi juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) isinya dirancang dan dilengkapi dengan contoh-contoh lembar kegiatan dengan tujuan agar dapat terselenggaranya pembelajaran kontekstual, artinya siswa dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya. 

Buku Siswa disusun untuk memfasilitasi siswa mendapat pengalaman belajar yang bermakna. Isi sajian buku diarahkan agar siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antar teman maupun dengan gurunya. Melalui kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan motivasi, rasa keiingintahuan, inisiatif, dan kreativitas peserta didik.

Buku guru dan buku siswa merupakan standar minimal yang dapat dikembangkan jika guru merasa perlu mengembangkannya sesuai dengan kondisi sekolah, terutama yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran, guru dapat menyesuaikan sesuai dengan alat dan bahan praktikum atau media belajar yang tersedia di sekolah atau model-model pembelajaran yang dipilih guru. 

Di dalam isi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2005 dimana dijelaskan bahwa buku (teks) pelajaran adalah buku acuan wajib untuk digunakan di sekolah yang memuat materi pembelajaran dalam rangka peningkatan keimanan dan ketakwaan, budi pekerti dan kepribadian, kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, kepekaan dan kemampuan estetis, potensi fisik dan kesehatan yang disusun berdasarkan standar nasional pendidikan.

Mata Pelajaran IPS merupakan salah satu mata pelajaran wajib di SMP/MTsyang memadukan (integrated) konsep geografi, sosiologi, ekonomi, dan sejarah. Karena itu pembelajaran IPS diorganisasikan dengan pendekatan interdisipliner, multidisipliner atau transdisipliner dari Ilmu-ilmu Sosial, Humaniora, dan Psikologi sesuai perkembangan peserta didik.

Mata Pelajaran IPS menggunakan geografi sebagai titik tolak (platform) kajian dengan pertimbangan semua tempat, benda, sumber daya dan peristiwa terikat dengan lokasi. Tujuannya adalah menekankan pentingnya ruang sebagai tempat hidup dan sumberdaya bagi manusia, mengenal potensi dan keterbatasan ruang, karena itulah ruang selalu saling berhubungan (konektivitas antarruang) untuk saling melengkapi. Akibat dari interaksi antara alam dan manusia, serta konektivitas antarruang, ruang pun senantiasa berubah menurut waktu dan teknologi yang digunakan oleh manusia dalam memanfaatkan ruang. Pemahaman ruang dalam lingkup negara Indonesia dapat mengembangan rasa cinta terhadap tanah air, memperkokoh kesatuan dan persatuan (NKRI). 

Pembelajaran  IPS di SMP/MTs meliputi pemahaman lingkungan dan masyarakat dalam lingkup nasional dan internasional untuk mengembangkan pengetahuan, sikap, berpikir logis, sistematis, kritis, analitis, dan berketerampilan sosial. Semua itu, selain untuk meningkatkan pemahaman potensi wilayah Indonesia, juga mengembangkan nasionalisme, memperkokoh sikap kebangsaan, dan mampu bekerjasama dalam masyarakat majemuk selaku warga masyarakat, warga negara dan warga dunia.

Ruang lingkup materi pokok yang terdapat pada buku mata pelajaran IPS di SMP, meliputi sebagai berikut:
Bab I: Interaksi Keruangan Dalam Kehidupan Di Negara-Negara Asean  
Subbab A. Mengenal Negara-Negara Asean
Subbab B. Interaksi Antarnegara-Negara Asean
Subbab C. Pengaruh Perubahan Dan Interaksi Keruangan Terhadap Kehidupan Di Negara-Negara Asean 
Bab II: Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Sosial Dan Kebangsaan  
Bab III: Keunggulan Dan Keterbatasan Ruang  Pengaruhnya Terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, Budaya Di Indonesia  Dan Asean
Subbab A. Keunggulan Dan Keterbatasan Antarruang Serta Peran Pelaku Ekonomi Dalam Suatu Perekonomian
Subbab B. Perdagangan Antardaerah Atau Antarpulau Dan Perdagangan Internasional
Subbab C. Penguatan Ekonomi Maritim Dan Agrikultur Di Indonesia
Subbab D. Pendistribusian Kembali (Redistribusi) Pendapatan Nasional
Bab IV: Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masab Penjajahan Dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan
Subbab A. Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat Ke Indonesia
Subbab B. Kondisi Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan
Subbab C. Tumbuh Dan Berkembangnya Semangat Kebangsaan
Silahkan anda anda Download Buku Pegangan Guru dan Siswa Mata pelajaran IPS Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 pada Link Yang telah kami sediakan dibawah ini
Download Buku Pegangan Guru Mapel IPS Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Download Buku Pegangan Siswa Mapel IPS Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Terima Kasih….semoga bermanfaat
Tag : Buku Mapel
Back To Top