Contoh Soal dan Kunci Jawaban PPKn SMP Kelas 7 Tahun 2017

Mata Pelajaran :  Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester :  VII/Ganjil
Materi Pokok :  Norma dan Keadilan

Kompetensi Dasar (KD)
1.2 Menanggapi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dengan jujur sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.2 Menghargai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat.
3.2 Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan.
4.2 Melaksanakan perilaku sesuai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan  bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan.

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
  1. Apa yang dimaksud dengan norma?
  2. Mengapa norma diperlukan dalam masyarakat?
  3. Bagaimana proses terbentuknya norma dalam masyarakat?
  4. Jelaskan 4 (empat) macam norma menurut bidangnya dan berilah  masing-masing 2 (dua) contohnya!
  5. Apakah perbedaan sanksi kebiasaan dan adat istiadat? Jelaskan 3 (tiga) manfaat mentaati norma bagi diri sendiri!
  6. Jelaskan 3 (tiga) akibat pelanggaran terhadap norma bagi masya- rakat!
  7. Apa pengertian keadilan?
  8. Apa arti penting hukum dalam mewujudkan keadilan? Sebutkan dua contoh perilaku sesuai norma dalam kehidupan di sekolah!

Kunci Jawaban
  1. Norma adalah aturan atau ketentuan yang mengatur kehidupan warga masyarakat 
  2. digunakan sepada panduan, tatanan dan pengendali tingkah laku.
  3. Norma diperlukan dalam kehidupan masyarakat untuk melindungi kepentingankepentingan manusia sehingga dapat terwujud ketertiban dan kedamaian dalam kehidupan.
  4. Proses terbentuknya norma. Dalam kehidupan bermasyarakat, setiap manusia memiliki perbedaan kepentingan. Untuk melindungi kepentingan dan menghindari perselisihan akibat perbedaan kepentingan tersebut diperlukan adanya aturan hidup yang disepakati bersama yang dinamakan dengan norma.
  5. Macam-macam norma. a. Norma kesusilaan, yaitu peraturan hidup yang bersumber dari suara hati  nurani manusia. Contohnya, (1) tidak mengambil dompet seseorang yang terjatuh atau tertinggal; (2) tidak menyontek pada saat ulangan atau ujian. b. Norma kesopanan, yaitu peraturan hidup yang bersumber dari pergaulan hidup manusia. Contohnya, (1) berkata sopan kepada orang tua; (2) menggunakan tangan kanan menunjukkan sesuatu dan sebagainya. c. Norma agama, peraturan hidup yang bersumber dari wahyu Tuhan. Contohnya, (1) melaksanakan ibadah sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya; (2) menjauhi larangan yang diperintahkan oleh Tuhan dalam kitab suci. d. Norma hukum, peraturan hidup yang dibuat oleh badan-badan resmi Negara yang bersifat mengatur dan memaksa setiap warga negara. Contohnya, (1) kewajiban memilki SIM bagi pengendara kendaraan bermotor; (2) menggunakan helm bagi pengendara kendaraan bermotor roda dua (motor).
  6. Perbedaan sanksi kebiasaan dan adat istiadat terletak pada kekuatan sanksinya. Sanksi terhadap pelanggaran kebiasaan tidak sekuat sanksi pelanggaran pada hukum adat.
  7. Tiga manfaat mentaati norma bagi diri sendiri. a. Membuat hidup menjadi tenang. b. Membuat pergaulan menjadi rukun, tertib dan damai. c. Mengendalikan tingkah laku agar sesuai dengan norma.
  8. Tiga akibat pelanggaran terhadap norma bagi masyarakat. a. Mengakibatkan perselisihan, pertengkaran atau kekacauan. b. Melanggar hak-hak orang lain. c. Merugikan hak atau kepentingan orang lain.
  9. Keadilan adalah setiap orang harus diperlakukan sesuai dengan hak-haknya dan  tidak diperlakukan secara sewenang-wenang.
  10. Arti penting hukum dalam mewujudkan keadilan. a. Pedoman dalam bertingkah laku. b. Menjaga kerukunan anggota masyarakat. c. Sistem pengendalian sosial.
  11. Dua contoh perilaku sesuai norma dalam kehidupan sekolah. a. Menggunakan pakaian seragam sekolah sesuai dengan aturan yang berlaku b. Berkata sopan kepada guru dan karyawan sekolah.