UKBM SMA Kurikulum 2013

UKBM merupakan paket belajar yang digunakan oleh peserta didik untuk mengikuti proses belajar. Dalam pengembangan UKBM menghindari kegiatan memindahkan BTP ke dalam UKBM. UKBM dikembangkan sebagai memperluas pengalaman belajar/kelanjutan dari BTP. dimana Komponen UKBM diambil dari komponen RPP, seperti berikut.
  • Judul UKBM diambil dari substansi yang terdapat pada KD pengetahuan dan keterampilan yang ada di RPP.
  • Identitas UKBM meliputi Nama Mata Pelajaran, Semester, Kompetensi Dasar, Materi Pokok, Alokasi Waktu, Tujuan Pembelajaran, dan Materi Pembelajaran diambil dari RPP. Ada perbedaan antara rumusan tujuan pembelajaran yang ada pada RPP dengan tujuan yang ada pada UKBM. Tujuan yang ada pada UKBM ditujukan kepada peserta didik secara langsung sebagai pengguna UKBM. Untuk itu, kalimat ………..peserta didik dapat/mampu…pada tujuan pembelajarah di RPP diubah menjadi ……Kalian diminta dapat/mampu………pada UKBM.
  • Peta konsep diambil dari materi pembelajaran yang menggambarkan keseluruhan cakupan materi pokok yang ada pada RPP.
  • Proses belajar meliputii 
    • petunjuk pengggunaan UKBM antara lain memuat media dan sumber belajar yang dapat diambil dari RPP; 
    • pendahuluan merealisasi apersepsi dan motivasi pada RPP dalam bentuk pemberian stimulus yang membuka pikiran (pembuka awal) peserta didik sebelum masuk kepada proses penguasaan kompetensi; 
    • Kegiatan inti merealisasi skenario belajar yang direncanakan pada RPP dalam bentuk kegiatan bertahap dan berlanjut (kegiatan belajar 1, 2, 3, dst) kegiatan penutup diambil dari kegiatan penutup pada RPP yang diperkaya dengan pengecekan pola berpikir peserta didik, pemberian penghargaan sebagai pembelajar mandiri. Apabila UKBM telah tersedia maka skenario pembelajaran pada RPP dapat disesuaikan, misalnya….Peserta didik melakukan observasi menggunakan Bio-3.1/4.1/1/1-1 (Kode UKBM ini diartikan sebagai UKBM pada mapel Biologi, pasangan KD 3.4/4.1, materi semester 1, urutan RPP ke-1, dan urutan UKBM ke-1)
Berikut ini Contoh sistematika UKBM sebagai berikut  mengembangkan sistematika lain tetapi harus tetap mengacu kepada karakteristik dan prinsip UKBM
UKBM 2017
Bagi teman yang membutuhkan Contoh UKBM SMA silahkan Download pada link yang telah tersedia dibawah ini 
UKBM Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti
UKBM Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
UKBM Bahasa Indonesia
UKBM Matematika Umum 
UKBM Bahasa Inggris
UKBM Sejarah Indonesia
UKBM Seni Budaya
UKBM Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kesehatan
UKBM Prakraya dan Kewirausahaan
UKBM Mulok Bahasa Jawa
UKBM Matematika Peminatan
UKBM Kimia
UKBM Biologi
UKBM Fisika
UKBM Sosiologi
UKBM Sejarah
UKBM Geografi
UKBM Ekonomi
UKBM Antropologi
UKBM Bahasa dan Sastra Indonesia
UKBM Bahasa dan Sastar Mandarin
UKBM Bahasa dan Sastra Inggris
UKBM Bahasa Jerman
UKBM Bahasa Jepang
Download Juga