Format Kisi-Kisi Soal Hots, Kartu Soaldan Instrumen Telaah Soal Hots 2017

Soal-soal HOTS merupakan instrumen pengukuran yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, yaitu kemampuan berpikir yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite). Soal-soal HOTS pada  konteks  asesmen mengukur kemampuan: 1)  transfer satu  konsep ke  konsep lainnya,  2) memproses dan menerapkan informasi, 3) mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda- beda, 4) menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah, dan 5) menelaah ide dan informasi secara kritis. Meskipun demikian, soal-soal yang berbasis HOTS tidak berarti soal yang lebih sulit daripada soal recall.

Dilihat dari dimensi pengetahuan, umumnya soal HOTS mengukur dimensi metakognitif, tidak sekadar mengukur dimensi faktual, konseptual, atau prosedural saja.Dimensi metakognitif menggambarkan kemampuan menghubungkan beberapa konsep yang berbeda, menginterpretasikan, memecahkan masalah (problem solving), memilih strategi pemecahan masalah, menemukan (discovery) metode baru, berargumen (reasoning), dan mengambil keputusan yang tepat


Soal-soal HOTS sangat direkomendasikan untuk digunakan pada berbagai bentuk penilaian kelas. Untuk menginspirasi  guru menyusun soal-soal HOTS di  tingkat satuan pendidikan, karakteristik soal-soal HOTS.

1. Mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi
2. Berbasis permasalahan kontekstual
3. Menggunakan bentuk soal beragam

Download 


FORMAT KISI-KISI SOAL HOTS


Mata Pelajaran             : .................................................


No.
Kompetensi Dasar

Materi
Kelas/ Semester
Indikator Soal
Level
Kognitif
Bentuk
Soal
No.
Soal

















































































....................., ...........

Mengetahui                                                                                               Koordinator MGM
Kepala SMA





...................                                                                                                 .....................
NIP.                                                                                                              NIP