KARTU SOAL
Mata Pelajaran
|
:
|
FISIKA
|
Kelas/Semester
|
:
|
XI/1
|
Kurikulum
|
:
|
2013
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
3.11 Menganalisis
cara kerja alat optik menggunakan sifat pemantulan dan pembiasan cahaya oleh cermin
dan lensa.
|
Materi
|
:
|
Mata dan kaca mata.
|
Indikator Soal
|
:
|
Disajikan gambar salah satu cacat mata dan data titik dekatnya, siswa
dapat menganalisis gambar dan data tersebut untuk menentukan jarak
benda dari mata
|
Level Kognitif
|
:
|
Penalaran
|
Soal:
1.
Berikut
ini disajikan gambar perjalanan sinar pada mata.
Budi dan Andi menderita cacat
mata seperti gambar.Budi ingin meminjam kaca mata Andi. Budi dapat membaca
tanpa kacamata pada jarak 100 cm sedangkan Andi mampu membaca tanpa kacamata
pada jarak 50 cm. Agar dapat membaca buku dengan jelas, Budi bermaksud meminjam
kacamata Andi. Pada jarak berapakah Budi harus meletakkan buku tersebut agar
dapat membaca dengan jelas memakai kacamata Andi?
A. 25 cm
B. 30 cm
C. 33 cm
D. 40 cm
E. 50 cm
Kunci/Pedoman Penskoran: C
Keterangan:
Soal ini termasuk soal HOTS
karena:
ü Stimulus yang disajikan kontekstual dan menarik
(baru, belum pernah dimuat dalam buku- buku atau kumpulan soal sebelumnya).
ü Untuk
menjawab soal di
atas, siswa harus
memahami konsep miopi
dan hipermetropi berdasarkan
sinar yang jatuh ke mata sesuai gambar yang diberikan.Selanjutnya siswa harus menganalisis
konsep menentukan kekuatan kacamata yg harus digunakan pada seseorang yang
menderita cacat mata, sehinggaakhirnya siswa dapat menentukan jarak buku harus diletakkan
agar terbaca dengan jelas.
INSTRUMEN TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES PILIHAN GANDA/URAIAN
Nama Pengembang
|
:
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Fisika
|
Kls/Prog/Peminatan
|
:
|
11
|
No.
|
Aspek yang ditelaah
|
Butir Soal
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
A.
1.
|
Materi
Soal menggunakan
stimulus yang menarik (baru,
mendorong peserta didik untuk membaca).
|
|
|
|
|
|
2.
|
Soal menggunakan
stimulus yang
kontekstual (gambar/grafik, teks,
visualisasi, dll,
sesuai dengan dunia
nyata)*
|
|
|
|
|
|
3.
|
Soal mengukur
level kognitif
penalaran (menganalisis, mengevaluasi,
mencipta) yang
dalam penyelesaiannya
dicirikan dengan salah satu atau lebih tahapan
proses berpikir
berikut:
· Transfer satu konsep ke
konsep lainnya
· Memproses dan menerapkan informasi
· Mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda
· Menggunakan
informasi untuk menyelesaikan masalah
· Menelaah ide dan
informasi secara
kritis
|
|
|
|
|
|
4.
|
Jawaban
tersirat pada stimulus.
|
|
|
|
|
|
*) Khusus mata pelajaran bahasa dapat menggunakan teks yang tidak kontekstual (fiksi, karangan, dan sejenisnya).
**) Pada kolom nomor soal
diisikan tanda silang (X) bila soal tersebut tidak memenuhi kaidah.
................., ..............................
Penelaah
...........................................
NIP.
FORMAT
KISI-KISI SOAL HOTS
Mata Pelajaran : .................................................
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Kelas/ Semester
|
Indikator Soal
|
Level
Kognitif
|
Bentuk
Soal
|
No.
Soal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
...................., ...........
Mengetahui Koordinator MGM
Kepala SMA
................... .....................
NIP. NIP