Kisi-Kisi Soal & Kartu Soal Hots Fisika Kelas 11 Kurikulum 2013

KARTU SOAL

Mata Pelajaran             
:
FISIKA
Kelas/Semester           
:
XI/1
Kurikulum
:
2013


Kompetensi Dasar
:
3.11 Menganalisis cara kerja alat optik menggunakan sifat pemantulan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa.
Materi
:
Mata dan kaca mata.
Indikator Soal              
:
Disajikan gambar salah satu cacat mata dan data titik dekatnya, siswa dapat menganalisis gambar dan data tersebut untuk menentukan jarak
benda dari mata
Level Kognitif                 
:
Penalaran

Soal:
1.       Berikut ini disajikan gambar perjalanan sinar pada mata.
Budi dan Andi menderita cacat mata seperti gambar.Budi ingin meminjam kaca mata Andi. Budi dapat membaca tanpa kacamata pada jarak 100 cm sedangkan Andi mampu membaca tanpa kacamata pada jarak 50 cm. Agar dapat membaca buku dengan jelas, Budi bermaksud meminjam kacamata Andi. Pada jarak berapakah Budi harus meletakkan buku tersebut agar dapat membaca dengan jelas memakai kacamata Andi?
A.   25 cm
B.   30 cm
C.   33 cm
D.   40 cm
E.   50 cm

Kunci/Pedoman Penskoran: C
Keterangan:
Soal ini termasuk soal HOTS karena:
ü  Stimulus yang disajikan kontekstual dan menarik (baru, belum pernah dimuat dalam buku- buku atau kumpulan soal sebelumnya).
ü  Untuk  menjawab  soal  di  atas,  siswa  harus  memahami  konsep  miopi  dan  hipermetropi berdasarkan sinar yang jatuh ke mata sesuai gambar yang diberikan.Selanjutnya siswa harus menganalisis konsep menentukan kekuatan kacamata yg harus digunakan pada seseorang yang menderita cacat mata, sehinggaakhirnya siswa dapat menentukan jarak buku harus diletakkan agar terbaca dengan jelas.


INSTRUMEN TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES PILIHAN GANDA/URAIAN

Nama Pengembang
:

Mata Pelajaran                              
:
Fisika
Kls/Prog/Peminatan                  
:
11


No.

Aspek yang ditelaah
Butir Soal
1
2
3
4
5
A.
1.
Materi
Soal menggunakan stimulus yang menarik (baru, mendorong peserta didik untuk membaca).





2.
Soal menggunakan stimulus yang kontekstual (gambar/grafik, teks, visualisasi, dll, sesuai dengan dunia nyata)*





3.
Soal mengukur level kognitif penalaran (menganalisis, mengevaluasi, mencipta) yang dalam penyelesaiannya dicirikan dengan salah satu atau lebih tahapan proses berpikir berikut:
·    Transfer satu konsep ke konsep lainnya
·    Memproses dan menerapkan informasi
·    Mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda
·    Menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah
·    Menelaah ide dan informasi secara kritis





4.
Jawaban tersirat pada stimulus.





*) Khusus mata pelajaran bahasa dapat menggunakan teks yang tidak kontekstual (fiksi, karangan, dan sejenisnya).
**) Pada kolom nomor soal diisikan tanda silang (X) bila soal tersebut tidak memenuhi kaidah.

................., ..............................
Penelaah





...........................................
NIP.

FORMAT KISI-KISI SOAL HOTS


Mata Pelajaran             : .................................................


No.
Kompetensi Dasar

Materi
Kelas/ Semester
Indikator Soal
Level
Kognitif
Bentuk
Soal
No.
Soal

















































































                             ...................., ...........

Mengetahui                                                                                                       Koordinator MGM
Kepala SMA





...................                                                                                                       .....................
NIP.                                                                                                                  NIP