Download Silabus Desain Grafis Kelas 10 Kurikulum 2013 Tahun 2017 - Kamus Edukasi

Perangkat administrasi guru,Kurikulum 2013 SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK & MA/MAK,Silabus Kurikulum 2013, perangkat pembelajaran kurikulum 2013,KIKD,Administrasi Sekolah, Buku kurikulum 2013, Juknis, Juklak, Permendikbud

Download Silabus Desain Grafis Kelas 10 Kurikulum 2013 Tahun 2017

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Mata Pelajaran                               : Dasar Desain Grafis
Kelas                                               : 10
Bidang Keahlian                             : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian                          : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian                      : Teknik Komputer dan Jaringan (3 Tahun)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Jaringan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.      Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Komputer dan Jaringan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1      Memahami layout dan komposisi
     4.1          Membuat layout dan komposisi
5
TIK.MM01.004.01 Memperagakan pengetahuan dan syarat syarat multimedia
KKNI
3.2      Memahami  fungsi dan format warna
     4.2          Menempatkan berbagai fungsi dan format warna
5
3.3      Menerapkan prinsip-prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis
     4.3           Menggunakan prinsip-prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis
5
3.4      Memahami format gambar
     4.4          Mengimplementasikan format gambar
2
TIK.MM02.032.01 Membuat, memanipulasi, dan menggabung gambar 2D
KKNI
3.5      Menerapkan prosesedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam desain
     4.5          Melakukan proses scanning gambar/ ilustrasi/teks dengan alat scanner dalam desain
3
3.6      Menerapkan  perangkat lunak pengolah gambar berbasis vektor
     4.6          Menggunakan  perangkat lunak pengolah gambar berbasis vektor
15
TIK.MM02.053.01 Membuat dan memanipulasi gambar-gambar digital
KKNI
3.7      Menerapkan  fitur efek pada gambar berbasis vektor
     4.7          Menggunakan fitur efek pada gambar berbasis vektor
20
3.8      Menerapkan desain berbasis vektor
     4.8          Membuat desain berbasis vektor
35
3.9      Menerapkan perangkat lunak pengolah gambar berbasis bitmap
     4.9          Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar berbasis bitmap
15
3.10   Menerapkan fitur efek pada gambar berbasis bitmap
  4.10          Menggunakan fitur efek pada gambar berbasis bitmap
20
3.11   Menerapkan desain berbasis bitmap dan vektor
  4.11          Membuat desain berbasis bitmap dan vektor
25
3.12   Mengevaluasi desain berbasis vektor dan bitmap
  4.12          Membuat laporan
30
Jumlah Total Jam
180
  jam



Tag : Silabus
Back To Top