KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH
KEJURUAN
Mata
Pelajaran : Dasar Desain Grafis
Kelas : 10
Bidang
Keahlian : Teknologi
Informasi dan Komunikasi
Program
Keahlian : Teknik
Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Teknik
Komputer dan Jaringan (3 Tahun)
Tujuan
kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap
spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek
kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap
spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial
yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab,
responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan,
pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI
3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI
4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi
tentang pengetahuan faktual,
konseptual, operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Jaringan pada
tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan
alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan
masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Komputer dan Jaringan. Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai
dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif,
kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan,
gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
WAKTU
|
UNIT
KOMPETENSI
|
SKEMA
SERTIFIKASI
|
3.1
Memahami layout dan komposisi
|
4.1
Membuat layout dan komposisi
|
5
|
TIK.MM01.004.01 Memperagakan pengetahuan
dan syarat – syarat
multimedia
|
KKNI
|
3.2
Memahami fungsi dan format warna
|
4.2
Menempatkan berbagai fungsi dan
format warna
|
5
|
||
3.3
Menerapkan prinsip-prinsip tata
letak, antara lain : proporsi, irama (rythm),
keseimbangan, kontras, kesatuan (unity),
dan harmoni dalam pembuatan desain grafis
|
4.3
Menggunakan prinsip-prinsip tata letak,
antara lain : proporsi, irama (rythm),
keseimbangan, kontras, kesatuan (unity),
dan harmoni dalam pembuatan desain grafis
|
5
|
||
3.4
Memahami format gambar
|
4.4
Mengimplementasikan format
gambar
|
2
|
TIK.MM02.032.01
Membuat, memanipulasi, dan menggabung gambar 2D
|
KKNI
|
3.5
Menerapkan prosesedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam
desain
|
4.5
Melakukan proses scanning gambar/ ilustrasi/teks dengan
alat scanner dalam desain
|
3
|
||
3.6
Menerapkan perangkat lunak pengolah gambar berbasis vektor
|
4.6
Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar berbasis
vektor
|
15
|
TIK.MM02.053.01
Membuat dan memanipulasi gambar-gambar digital
|
KKNI
|
3.7
Menerapkan fitur efek pada gambar berbasis vektor
|
4.7
Menggunakan fitur efek pada
gambar berbasis vektor
|
20
|
||
3.8
Menerapkan desain berbasis
vektor
|
4.8
Membuat desain berbasis vektor
|
35
|
||
3.9
Menerapkan perangkat lunak
pengolah gambar berbasis bitmap
|
4.9
Menggunakan perangkat lunak
pengolah gambar berbasis bitmap
|
15
|
||
3.10
Menerapkan fitur efek pada
gambar berbasis bitmap
|
4.10
Menggunakan fitur efek pada
gambar berbasis bitmap
|
20
|
||
3.11
Menerapkan desain berbasis
bitmap dan vektor
|
4.11
Membuat desain berbasis bitmap
dan vektor
|
25
|
||
3.12
Mengevaluasi desain berbasis
vektor dan bitmap
|
4.12
Membuat laporan
|
30
|
||
Jumlah Total Jam
|
180
|
jam
|