SILABUS Desain Grafis SMK Kelas 10 Kurikulum 2013 Tahun 2017 - Kamus Edukasi

Perangkat administrasi guru,Kurikulum 2013 SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK & MA/MAK,Silabus Kurikulum 2013, Perangkat Pembelajaran kurikulum 2013,KIKD,Administrasi Sekolah, Buku kurikulum 2013, Juknis, Juklak, Permendikbud, Kisi Kisi Soal, Revisi 2018

SILABUS Desain Grafis SMK Kelas 10 Kurikulum 2013 Tahun 2017

Desain grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi.

Bidang Keahlian      : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian   : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian              : Multimedia (C2)

SILABUS MATA PELAJARAN
Nama Sekolah                               : ………………………………………………………………………………….
Bidang Keahlian                            : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kompetensi Keahlian                   : Teknik Komputer dan Informatika
Mata Pelajara                               : Dasar Desain Grafis
Durasi (Waktu)                             : 144 JP @ 45 menit
Kelas/Semester                          : X /1 dan 2
KI-3 (Pengetahuan)                      : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan)                      :  Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
Alokasi Waktu (JP)
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
1
2
3
4
5
6
3.1      Mendiskusikan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang
4.1      Menempatkan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang
3.1.1               Menjelaskan unsur-unsur tata letak garis.
3.1.2              Menguraikan unsur-unsur warna
3.1.3              Mendeskripsikan tekstur dan ruang.

4.1.1               Menetapkan tata letak unsu-unsur garis.
4.1.2              Menetapkan tata letak unsur-unsur warna
4.1.3              Menatapkan tata letak unsur-unsur warna

·      Unsur-unsur desain grafis dan prinsipnya:
·      Karakteristik, kegunaan, dan makna warna.
·      Warna sebagai representasi dari alam
·      Warna sebagai komunikasi, dan ekspresi.


·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang unsur-unsur desain grafis.
·      Mengumpulkan data tentang tata letak unsur-unsur dalam desain grafis.
·      Mengolah data tentang tata letak unsur-unsur dalam desain grafis.
·      Mengomunikasikan tentang tata letak unsur-unsur dalam desain grafis.
Pengetahuan:
·      Tes tertulis

Keterampilan:
·      Pengamatan
·      Unjuk kerja
3.2     Mendiskusikan fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB

4.2     Menempatkan berbagai fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB.
3.2.1              Menguraikan fungsi warna CMYK dan RGB
3.2.2            Membandingkan warna CMYK dengan RGB

4.2.1              Melakukan kombinasi warna CMYK dan RGB.
4.2.2            Menunjukkan penempatan warna sesuai fungsi.
·      Fungsi warna CMYK dan RGB.
·      Persamaan dan perbedaan warna CMYK dengan RGB.
·       Kombinasi warna CMYK dngan RGB

·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang unsur warna CMYK dan RGB.
·      Mengumpulkan data tentang fungsi unsur warna CMYK dan RGB.
·      Mengolah data tentang fungsi unsur warna CMYK dan RGB.
·      Mengomunikasikan tentang fungsi unsur warna CMYK dan RGB.
Pengetahuan:
·      Tes tertulis

Keterampilan:
·      Pengamatan
·      Unjuk kerja
3.3     Mendiskusikan prinsip-prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis
4.3     4.3 Menerapkan hasil prinsip-prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis
3.3.1              Menjelaskan prinsip tata letak desain.
3.3.2            Menguraikan prinsip desain









4.3.1              Mengintegrasikan perinsip ke dalam desain.
4.3.2            Menunjukkan desain sesuai prinsip.
·      kesatuan (Unity) and keselarasan (harmony)
·      Keseimbangan (Balance)
·      Proporsi (Proportion)
·      Irama (Rhythm)
·      Penekanan/ fokus dan emphasis
·      Contrast dan variety.
·      Repetisi (Repetition)


·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang prinsip tata letak.
·      Mengumpulkan data tentang prinsip tata letak desain.
·      Mengolah data tentang prinsip tata letak desain.
·      Mengomunikasikan tentang prinsip tata letak desain.
Pengetahuan:
·      Tes tertulis

Keterampilan:
·      Pengamatan
·      Unjuk kerja
3.4     Mendiskusikan berbagai format gambar
4.4     4.4 Menempatkan berbagi format gambar
3.4.1              Menjelaskan format gambar.
3.4.2            Menguraikan berbagai format.
4.4.1              Membandingkan format gambar.
4.4.2            Menyimpan gambar dengan format pilihan.
·      Macam-macam format gambar.
·      Fungsi dan manfaat format gambar.
·      Perbedaan fungsi setiap format.


·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang format gambar.
·      Mengumpulkan data tentang berbagai format gambar.
·      Mengolah data tentang berbagai format gambar.
·      Mengomunikasikan tentang berbagai format gambar.
Pengetahuan:
·      Tes tertulis

Keterampilan:
·      Pengamatan
·      Unjuk kerja
3.5     Menerapkan prosedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam desain
4.5     Melakukan proses scanning gambar/ ilustrasi/teks dengan alat scanner dalam desain
3.5.1              Menjelaskan fungsi scanning.
3.5.2            Menguraikan prosedur scanning.


4.5.1              Memilih gambar untuk discan.
4.5.2            Menunjukkan hasil scanning.
·      Jenis-jenis scanner.
·      Langkah-langkah scanning.
·      Kelebihan dan kekurangan proses scanning.


·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang scanning.
·      Mengumpulkan data tentang prosedur scanning.
·      Mengolah data tentang prosedur scanning.
·      Mengomunikasikan tentang prosedur scanning.

Pengetahuan:
·      Tes tertulis

Keterampilan:
·      Pengamatan
·      Unjuk kerja
3.6      Menerapkan  perangkat lunak pengolah gambar vektor
4.6     Menggunakan  perangkat lunak pengolah gambar vektor
3.6.1              Menjelaskan fungsi fitur-fitur pengolah gambar vektor.
3.6.2            Membandingkan gambar berdasarkan fitur.
4.6.1              Mengintegrasikan fitur dalam menolah gambar vektor.
4.6.2            Menunjukkan gambar vektor hasil pengolahan.
·      Perangkat lunak pengolah gambar.
·      Mengolah gambar vektor dengan perangkat lunak.

·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang pengolah gambar vektor.
·      Mengumpulkan data tentang perangkat lunak pengolah gambar vektor.
·      Mengolah data tentang perangkat lunak pengolah gambar vektor.
·      Mengomunikasikan tentang perangkat lunak pengolah gambar vektor.
Pengetahuan:
·      Tes tertulis

Keterampilan:
·      Pengamatan
·      Unjuk kerja
3.7     Menerapkan  manipulasi gambar vektor dengan menggunakan fitur efek
4.7     Memanipulasi gambar vektor dengan menggunakan fitur efek
3.7.1              Menjelaskan fungsi manifulasi gambar vektor.
3.7.2             Mengintegrasikan  efek fitur manipulasi pada gambar.
4.7.1              Membandingkan efek manipulasi pada gambar.
4.7.2             Menunjukkan gambar hasil manipulasi.
·      Manfaat manipulasi gambar vektor.
·      Teknik memanipulasi gambar vektor.

·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang manipulasi gambar.
·      Mengumpulkan data tentang efek manipulasi gambar.
·      Mengolah data tentang efek manipulasi gambar.
·      Mengomunikasikan tentang efek manipulasi gambar.
Pengetahuan:
·      Tes tertulis

Keterampilan:
·      Pengamatan
·      Unjuk kerja
3.8     Menerapkan pembuatan desain berbasis gambar vektor
4.8     Membuat desain berbasis gambar vektor
3.8.1              Menguraikan desain gambar berbasis vektor.
3.8.2            Mengintegrasikan desain gambar berbasis vektor.

4.8.1              Mensketsa desain gambar.
4.8.2            Menunjukkan desain gambar berbasis vektor.
·      Pembuatan gambar berbasis vektor.
·      Mengedit gambar berbasis vektor.

·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang desain gambar.
·      Mengumpulkan data tentang desain gambar berbasis vektor.
·      Mengolah data tentang desain gambar berbasis vektor.
·      Mengomunikasikan tentang desain gambar berbasis vektor.
Pengetahuan:
·      Tes tertulis

Keterampilan:
·      Pengamatan
·      Unjuk kerja
3.9     Menerapkan perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster)
4.9     Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster)
3.9.1              Menjelaskan fungsi fitur-fitur pengolah gambar bitmap.
3.9.2            Membandingkan gambar berdasarkan fitur.
4.9.1              Mengintegrasikan fitur dalam menolah gambar vector.
4.9.2            Menunjukkan gambar vector hasil pengolahan.
·      Perangkat lunak pengolah gambar.
·      Mengolah gambar bitmap dengan perangkat lunak.

·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang pengolah gambar bitmap.
·      Mengumpulkan data tentang perangkat lunak pengolah gambar bitmap.
·      Mengolah data tentang perangkat lunak pengolah gambar bitmap.
·      Mengomunikasikan tentang perangkat lunak pengolah gambar bitmap.
Pengetahuan:
·      Tes tertulis

Keterampilan:
·      Pengamatan
·      Unjuk kerja
3.10   Menerapkan  manipulasi gambar raster dengan menggunakan fitur efek
4.10   Memanipulasi gambar raster dengan menggunakan fitur efek
3.10.1            Menjelaskan fungsi manifulasi gambar bitmap.
3.10.2          Mengintegrasikan  efek fitur manipulasi pada gambar.
4.10.1            Membandingkan efek manipulasi pada gambar.
4.10.2          Menunjukkan gambar hasil manipulasi.
·      Manfaat manipulasi gambar bitmap.
·      Teknik memanipulasi gambar bitmap.

·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang manipulasi gambar.
·      Mengumpulkan data tentang efek manipulasi gambar.
·      Mengolah data tentang efek manipulasi gambar.
·      Mengomunikasikan tentang efek manipulasi gambar.
Pengetahuan:
·      Tes tertulis

Keterampilan:
·      Pengamatan
·      Unjuk kerja
3.11     Menerapkan desain berbasis gambar bitmap (raster)
4.11     4.11 Membuat desain berbasis gambar bitmap (raster)
3.11.1              Menguraikan desain gambar berbasis bitmap.
3.11.2            Mengintegrasikan desain gambar berbasis bitmap.

4.11.1              Mensketsa desain gambar.
4.11.2            Menunjukkan desain gambar berbasis bitmap.
·      Pembuatan gambar berbasis bitmap.
·      Mengedit gambar berbasis bitmap.

·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang desain gambar.
·      Mengumpulkan data tentang desain gambar berbasis bitmap.
·      Mengolah data tentang desain gambar berbasis bitmap.
·      Mengomunikasikan tentang desain gambar berbasis bitmap.
Pengetahuan:
·      Tes tertulis

Keterampilan:
·      Pengamatan
·      Unjuk kerja
3.12   Mengevaluasi  penggabungan gambar vektor dan bitmap (raster)
4.12   Membuat desain penggabungan gambar vektor dan bitmap (raster)
3.12.1            Menguraikan karakteristik penggabungan gambar vektor dan bitmap
3.12.2           Menyusun kriteria penilaian
4.12.1            Melakukan penilaian terhadap penggabungan gambar vektor dan bitmap
4.12.2           Menyusun laporan penilaian

·         Karakteristik penggabungan gambar vektor dan bitmap
·         Kriteria penilaian penggabungan gambar vektor dan bitmap
·         Menyusun laporan penilaian.

·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang penilaian gambar.
·      Mengumpulkan data tentang penilaian gabungan gambar vektor dan bitmap.
·      Mengolah data tentang penilaian gabungan gambar vektor dan bitmap.
·      Mengomunikasikan tentang penilaian gabungan gambar vektor dan bitmap.
Pengetahuan:
·      Tes tertulis

Keterampilan:
·      Pengamatan
·      Unjuk kerja


Tag : Silabus, SMK
Back To Top