KI-KD Matematika SMA Kurikulum
2013 (Permendikbud No 24 Tahun 2016)
Matematika merupakan ilmu
universal yang berguna bagi kehidupan manusia dan juga mendasari perkembangan teknologi modern,
serta mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir
manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa
ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar,
analisis, teori peluang, dan matematika diskrit. Untuk menguasai dan mencipta teknologi di
masa depan, diperlukan penguasaan dan pemahaman atas matematika yang kuat sejak
dini.
NRC (National Research Council,
1989) dari Amerika Serikat telah menyatakan pentingnya Matematika dengan
pernyataan berikut: “Mathematics is the key to opportunity.” Matematika adalah
kunci kearah peluang-peluang. Bagi seorang siswa keberhasilan mempelajarinya
akan membuka pintu karir yang cemerlang. Bagi para warga negara, matematika
akan menunjang pengambilan keputusan yang tepat. Bagi suatu negara, matematika
akan menyiapkan warganya untuk bersaing dan berkompetisi di bidang ekonomi dan
teknologi.
Mata pelajaran matematika perlu
diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar, untuk membekali
peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis,
inovatif dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama. Kompetensi tersebut
diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola,
dan memanfaatkan informasi untuk hidup
lebih baik pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan sangat kompetitif.
Dalam melaksanakan pembelajaran matematika, diharapkan bahwa peserta didik
harus dapat merasakan kegunaan belajar matematika.
Kompetensi merupakan seperangkat
sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dimiliki, dihayati, dan
dikuasai setelah mempelajari suatu muatan pembelajaran, menamatkan suatu
program, atau menyelesaikan satuan pendidikan tertentu. Berdasarkan analisis
kebutuhan, potensi, dan karakteristik social, ekonomi, dan budaya daerah, maka
pemerintah perlu merumuskan dan menetapkan standar kompetensi lulusan (SKL)
sebagai kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap,
pengetahuan, dan keterampilan. SKL nantinya digunakan sebagai acuan utama
pengembangan standar isi, standar proses, standarpenilaian pendidikan, standar
pendidik dan tenaga kependidikan, standarsarana dan prasarana, standar pengelolaan,
dan standar pembiayaan.
Ada berbagai kegiatan persiapan
yang wajib dilakukan guru sebelum memulai proses pembelajaran, mulai dari
membaca buku-buku referensi untuk memperluas wawasan, mengidentifikasi
sumber-sumber belajar yang relevan, dan menentukan langkah-langkah
pembelajaran, sampai dengan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
Penyusunan RPP bukan hanya
sekedar urusan persiapan administratif seperti yang diyakini sebagian guru,
melainkan kegiatan yang melekat pada pembelajaran sebagai sebuah proses.Dalam
perspektif manajemen, kegiatan perencanaan selalu mendahului kegiatan
pencapaian tujuan.Penyusunan dan pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru
secara mandiri maupun secara berkelompok.Acuan pertama dari penyusunan RPP
adalah silabus dan standar isi.
Setiap guru pada satuan
pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis sebagai
langkah awal dari proses pembelajaran. Hal ini dimaksudkan agar pembelajaran
dapat berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan
efisien dalam rangka mengembangkan ketrampilan berpikir tingkat tinggi. RPP
disusun berdasarkan serangkaian KD yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Penyusunan RPP ini
dilakukan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran, namun perlu
diperbaharui sebelum pembelajaran dilaksanakan.
Kompetensi dasar (KD) merupakan
penjabaran dari komponen yang ada didalam Kompetensi Inti (KI), yang berisi
berbagai materi pembelajaran yang secara langsung akan dapat diterapkan guru di sekolah. KD
digunakan sebagai dasar untuk menyusun indikator dan tujuan pembelajaran dalam
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Indikator dan tujuan pembelajaran
merupakan komponen yang harus ada dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Bagi anda yang sedang mencari
atau membutuhkan KI-KD Matematika SMA Kelas 10, 11 dan 12 Kurikulum 2013 Revisi
2017 silahkan download Pada Link yang telah tersedia dibawah ini