Silabus al-Qur’an-Hadis Mts Kelas 7 Kurikulum 2013 Edisi Revisi - Kamus Edukasi

Perangkat administrasi guru,Kurikulum 2013 SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK & MA/MAK,Silabus Kurikulum 2013, perangkat pembelajaran kurikulum 2013,KIKD,Administrasi Sekolah, Buku kurikulum 2013, Juknis, Juklak, Permendikbud

Silabus al-Qur’an-Hadis Mts Kelas 7 Kurikulum 2013 Edisi Revisi

Silabus al-Qur’an-Hadis Mts Kelas 7 Kurikulum 2013

Mata pelajaran al-Qur’an-Hadis di Madrasah Aliyah adalah salah satu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang merupakan peningkatan dari al-Qur’an-Hadis yang telah dipelajari oleh peserta didik di MTs. Peningkatan tersebut dilakukan dengan cara mempelajari, memperdalam serta memperkaya kajian alQur’an dan Hadis terutama menyangkut dasar-dasar keilmuannya sebagai persiapan untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, serta memahami dan menerapkan tema-tema tentang manusia dan tanggung jawabnya di muka bumi, demokrasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam perspektif al-Qur’an dan Hadis sebagai persiapan untuk hidup bermasyarakat.

Secara substansial, mata pelajaran al-Qur’an-Hadis memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempelajari dan mempraktikkan ajaran dan nilai-nilai yang terkandung dalam al-Qur’an-Hadis sebagai sumber utama ajaran Islam dan sekaligus menjadi pegangan dan pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari.

Mata pelajaran al-Qur’an-Hadis bertujuan untuk: 
a) Meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap al-Qur’an dan Hadis, 
b) Membekali peserta didik dengan dalil-dalil yang terdapat dalam al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman dalam menyikapi dan menghadapi kehidupan, 
c) Meningkatkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan al-Qur’an dan hadis yang dilandasi oleh dasar-dasar keilmuan tentang al-Qur’an dan Hadis.

Ruang lingkup mata pelajaran al-Qur’an dan Hadis.di Madrasah
Aliyah meliputi:
1. Masalah dasar-dasar ilmu al-Qur’an dan al-Hadis, meliputi: 
a. Pengertian al-Qur’an menurut para ahli.
b. Pengertian hadis, sunnah, khabar, atsar dan hadis  qudsi.
c. Bukti keotentikan al-Qur’an ditinjau dari segi keunikan  redaksinya, kemukjizatannya, dan sejarahnya.
d. Isi pokok ajaran al-Qur’an dan pemahaman kandungan  ayat-ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran alQur’an.
e. Fungsi al-Qur’an dalam kehidupan.
f. Fungsi hadis terhadap al-Qur’an.
g. Pengenalan kitab-kitab yang berhubungan dengan  cara-cara mencari surat dan ayat dalam al-Qur’an.
h. Pembagian hadis dari segi kuantitas dan kualitasnya. 

2. Tema-tema yang ditinjau dari perspektif al-Qur’an dan Hadis, yaitu: 
a. Manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi.
b. Demokrasi dan musyawarah mufakat.
c. Keikhlasan dalam beribadah.
d. Nikmat Allah dan cara mensyukurinya.
e. Perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup.
f. Pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para  duafa.
g. Berkompetisi dalam kebaikan.
h. Amar ma‘ruf nahi munkar.
i. Ujian dan cobaan manusia.
j. Tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan  masyarakat.
k. Berlaku adil dan jujur.
l. Toleransi dan etika pergaulan.
m. Etos kerja.
n. makanan yang halal dan baik.
o. Ilmu pengetahuan dan teknologi


Tag : Silabus
Back To Top