Buku Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Edisi Revisi - Kamus Edukasi

Perangkat administrasi guru,Kurikulum 2013 SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK & MA/MAK,Silabus Kurikulum 2013, perangkat pembelajaran kurikulum 2013,KIKD,Administrasi Sekolah, Buku kurikulum 2013, Juknis, Juklak, Permendikbud

Buku Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Edisi Revisi

Buku teks pelajaran Bahasa Indonesia disusun berdasarkan ki dan kd pada setiap jenjang sekolah dan kelas serta karakteristik masing-masing mata pelajaran. Buku teks pelajaran Bahasa Indonesia terdiri atas “Buku Siswa” dan “Buku Guru” 

Buku siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. dimana buku siswa dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan buku sebagaimana dituangkan dalam buku guru.

Dimana dalam Buku siswa memuat diantaranya sebagai berikut judul bab, informasi kompetensi dasar yang sesuai dengan topik pada setiap bab dimana dalam setiap bab dilengkapi dengan peta konsep, pengantar, bagian kegiatan siswa baik ekperimen maupun non-eksperimen atau diskusi, latihan soal, rangkuman, evaluasi, dan tugas bagi peserta didik. . 

Buku guru merupakan acuan atau pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran yang meliputi persiapan, pelaksanaan, dan penilaian serta pedoman penggunaan buku siswa. Buku ini disusun agar guru mendapat gambaran yang jelas dan rinci dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Berikut ini adalah Daftar isi materi yang terdapat pada pada Buku Bahasa Indonesia kelas 10 Kurikulum 2013

Pelajaran 1  Menyusun Laporan Hasil Observasi
A. Menginterpretasi Laporan Hasil Observasi
B. Merevisi Laporan Hasil Observasi
C. Menganalisis Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi
D. Mengontruksi Teks Laporan Hasil Observasi

Pelajaran 2   Mengembangkan Pendapat dalam Eksposisi
A. Menginterpretasi Makna dalam Eksposisi
B. Mengembangkan Isi Eksposisi
C. Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Eksposisi
D. Menyajikan Gagasan  ke  dalam Teks Eksposisi

Pelajaran 3  Menyampaikan Ide Melalui Anekdot
A. Mengkritisi Teks Anekdot dari Aspek Makna Tersirat
B. Mengontruksi Makna Tersirat dalam Sebuah  Teks Anekdot
C. Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Anekdot
D. Menciptakan Kembali Teks Anekdot dengan  Memerhatikan Struktur dan Kebahasaan

Pelajaran 4  Melestarikan Nilai Kearifan Lokal Melalui Cerita Rakyat
A. Mengidentifikasi Nilai-nilai dan Isi Hikayat
B. Mengembangkan Makna (Isi dan Nilai) Hikayat
C. Membandingkan Nilai dan Kebahasaan Hikayat dengan Cerpen
D. Mengembangkan Cerita Rakyat ke dalam  Bentuk Cerpen

Pelajaran 5  Membuat Kesepakatan Melalui Negosiasi
A. Mengevaluasi Teks Negosiasi
B. Menjelaskan Pengajuan, Penawaran dan Persetujuan alam Teks Negosiasi
C. Menganalisis Teks Negosiasi
D. Mengonstruksikan Teks Negosiasi

Pelajaran 6  Berpendapat Melalui Debat
A. Menemukan Esensi Debat
B. Mengontruksi Bagian-bagian dalam Berdebat
C. Menganalisis Isi Debat
D. Berlatih Praktik Debat

Pelajaran 7  Belajar Dari Biografi
A. Menelaah Teks Biografi
B. Mengungkapkan Kembali Keteladanan dalam  Teks Biografi
C. Menganalisis Makna dan Kebahasaan Teks Biografi
D. Menceritakan Kembali Isi Teks Biografi

Pelajaran 8  Mendalami Puisi
A. Mengidentifikasi Komponen Penting dalam Puis
B. Mendemonstrasikan Puisi
C. Menganalisis Unsur Pembangun Puisi
D. Menulis Puisi
E. Menyusun Ulasan dari Buku yang Dibaca

Tag : Buku Mapel
Back To Top