Buku Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Buku Siswa adalah buku yang diperuntukan bagi siswa yang dipergunakan sebagai panduan aktifitas pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku Siswa bukan sekedar bahan bacaan, tetapi juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) isinya dirancang dan dilengkapi dengan contoh-contoh lembar kegiatan dengan tujuan agar dapat terselenggaranya pembelajaran kontekstual, artinya siswa dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya. Buku Siswa disusun untuk memfasilitasi siswa mendapat pengalaman belajar yang bermakna. Isi sajian buku diarahkan agar siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antar teman maupun dengan gurunya. Melalui kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan motivasi, rasa keiingintahuan, inisiatif, dan kreatifitas peserta didik. Walaupun telah disusun sedemikian rupa, guru masih dapat mengembangkan atau memperkaya materi dan kegiatan lain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. 

Buku Guru adalah panduan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Buku Guru berisi langkah-langkah pembelajaran yang didesain menggunakan pendekatan saintifik sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013.

Buku teks pelajaran adalah sumber pembelajaran utama  untuk mencapai kompetensi dasar dan kompetensi inti dan dinyatakan layak oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk digunakan pada satuan pendidikan.

Pendidikan  Agama  Islam  dan  Budi  Pekerti  merupakan  pendidikan  yang  secara mendasar menumbuhkembangkan akhlak siswa melalui pembiasaan dan pengamalan ajaran Islam secara menyeluruh (kaffah). Oleh karena itu, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai suatu mata pelajaran diberikan pada jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK, baik yang bersifat kokurikuler maupun ekstrakurikuler.

Kompetensi, materi, dan pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dikembangkan melalui pertimbangan kepentingan hidup bersama secara damai dan harmonis (to live together in peace and harmony). Pembelajaran dilaksanakan berbasis aktivitas pada kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Penumbuhan dan pengembangan sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran, pembiasaan, keteladanan, dan pembudayaan untuk mengembangkan karakter siswa lebih lanjut. Sekolah sebagai taman yang menyenangkan untuk tumbuh berkembangnya pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa yang menempatkan pengetahuan sebagai perilaku (behavior), tidak hanya berupa hafalan atau verbal.

Bagi teman guru yang membutuhkan Buku Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 Silahkan download pada link yang telah kami sediakan dibawah ini

Download Buku Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 (Buku Siswa)
Download Buku Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 (Buku Guru)

Adapun ruang lingkup materi PAI & BP Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 diantaranya adalah sebagai berikut:
Pelajaran 1. Kasih Sayang
A. Kasih Sayang Nabi Muhammad saw.
B. Kasih Sayang Allah Swt.

Pelajaran 2. Aku Cinta al-Qur’an
A. Membaca Basmalah
B. Melafalkan Q.S. al-fatihah
C. Menghafal Surah al-fatihah
D. Pesan Q.S. al-fatihah
E. Lafal Huruf Hijaiyyah dan Harakatnya

Pelajaran 3. Iman kepada Allah Swt.
A. Yakin Allah Swt. itu Ada
B. Allah Swt. itu Esa
Pelajaran 4. Bersih itu Sehat
A. Bersuci
B. Tata Cara Bersuci
C. Hidup Bersih

Pelajaran 5. Cinta Nabi dan Rasul
A. Teladan Nabi Adam a.s.
B. Teladan Nabi Nuh a.s.
C. Teladan Nabi Hud a.s

Pelajaran 6. Ayo Belajar
A. Semangat Belajar Nabi Idris a.s.
B. Doa Belajar
C. Membaca dan Menulis
D. Rajin Belajar

Pelajaran 7. Ayo Belajar al-Qur’an
A. Berikut Adalah Lafal Q.S. Al-Ikhlas
B. Hafal Q.S. Al-Ikhlas
C. Pesan Q.S. Al-Ikhlas

Pelajaran 8. Allah Swt. Maharaja
A. al-Malik
B. Dua Kalimat Syahadat

Pelajaran 9. Ayo Kita Salat
A. Salat Wajib
B. Mengaji di sekitar Rumah

Pelajaran 10. Perilaku Terpuji
A. Berkata yang Baik
B. Hormat dan Patuh
C. Bersyukur
D. Pemaaf
E. Jujur
F. Percaya Diri