Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018

Kurikulum 2013 mengalami beberapa perkembangan dan perbaikan sejak digulirkannya pada tahun 2013. Perbaikan kurikulum tersebut berlguruskan pada lgurusan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidian dan Kebudayaan Nomor 160 tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013. 

Pelaksanaan perbaikannya juga atas dasar masukan dari berbagai lapisan public (masyarakat sipil, asosiasi profesi, perguruan tinggi, dunia persekolahan) terhadap ide, dokumen, dan implementasi kurikulum yang diperoleh melalui monitoring dan evaluasi dari berbagai media. Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi  serta masukan publik tersebut, terdapat beberapa masukan umum, antara lain adanya pemahaman yang kurang tepat oleh masyarakat yang diakibatkan oleh format penyajian dan nomenklatur dalam Kurikulum 2013: 

  • Kompetensi Dasar (KD)  pada Kompetensi Inti 1 (KI-1) dan KD pada KI-2 yang dianggap kurang logis dikaitkan dengan karakteristik mata pelaajaran; 
  • terindikasi adanya inkonsistensi antara KD dalam silabus dan buku teks (baik lingkup materi maupun urutannya); 
  • belum ada pernyataan eksplisit dalam dokumen kurikulum tentang perlunya peserta didik lebih melek teknologi; 
  • format penilaian dianggap terlalu rumit dan perlu penyederhanaan; penegasan kembali pengertian pembelajaran saintifik yang bukan satu-satunya pendekatan dalam proses pembelajaran di kelas; 
  • penyelerasan dan perbaikan teknis buku teks pelajaran agar mudah dipelajari oleh peserta didik.  

Secara umum, perbaikan Kurikulum 2013 bertujuan agar selaras antara ide, desain, dokumen, dan pelaksanaannya. Secara khusus, perbaikan Kurikulum 2013 bertujuan menyelaraskan KI-KD, silabus, pedoman mata pelajaran, pembelajaran, penilaian, dan buku teks. 

Perbaikan tersebut pada tahun 2017 disesuaikan dengan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). PPK adalah gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan melibatkan dan kerjasama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai gerakan nasional revolusi mental (Pasal 1 ayat [1]). PPK mengedepankan lima nilai utama karakter yaitu religiositas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong dan integritas. Penguatan lima nilai karakter tersebut akan dapat mendorong peserta didik untuk memiliki keterampilan Abad 21 yang dibutuhkan dalam meniti kehidupan, seperti  keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking and problem solving), keterampilan berkolaborasi (collaboration skills), keterampilan berkreasi (creativities skills), dan keterampilan berkomunikasi (communication skills).

Perbaikan tersebut di atas dilaksanakan berdasarkan prinsip perbaikan kurikulum sebagai berikut.
1. Keselarasan (Alignment) 
Antara dokumen KI-KD, Silabus, Buku Peks Pelajaran, Pembelajaran, dan Penilaian Hasil Belajar harus selaras dari aspek kompetensi dan lingkup materi. 

2. Mudah Dipelajari (Learnable)
Lingkup Kompetensi dan Materi yang dirumuskan dalam KD mudah dipelajari oleh peserta didik sesuai dengan tingkat perkembangan psikologis dan aspek pedagogis. 

3. Mudah Diajarkan (Teachable)
Lingkup Kompetensi dan Materi yang dirumuskan pada KD mudah diajarkan oleh guru sesuai dengan gaya belajar peserta didik, karakteristik mata pelajaran, karakteristik kompetensi, dan sumber belajar yang ada di lingkungan sehingga dapat menguatkan karakter dan meningkatkan keterampilan Abad 21 pada peserta didik. 

4. Terukur (Measurable)
Kompetensi dan materi yang diajarkan terukur melalui indikator yang mudah
dirumuskan dan layak dilaksanakan.  

5. Bermakna untuk Dipelajari (Worth to be learnt)
Kompetensi dan materi yang diajarkan mempunyai kebermaknaan bagi peserta didik sebagai bekal kehidupan. 

Memperhatikan perkembangan perbaikan Kurikulum di atas, maka diperlukan beberapa contoh praktis yang dibutuhkan guru untuk dapat mengimplementasikan Kurikulum 2013 dengan tepat yang berkaitan dengan pembelajaran dan penilaian, serta unsur penunjang lainnya.  


Untuk membantu guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 tersebut, maka Direktorat PSMA menyusun Modul Pelatihan Guru yang berisi petunjuk atau panduan, contoh praktis untuk setiap mata pelajaran serta uraian tugas yang harus dikerjakan oleh peserta pelatihan. Modul tersebut disusun dalam 4 (empat) seri modul yang saling terkait dengan harapan dapat membantu guru dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013.  

Modul ini terdiri atas 4 (empat) seri modul yang disusun sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan guru dalam melaksanakan Kurikulum 2013 sesuai dengan konsep dan pelaksanaannya. Masing-masing modul terdiri atas uraian singkat materi, fokus modul, penugasan, dan refleksi.   Modul-modul tersebut adalah;

  • Modul 1: Analisis Kompetensi, Materi, Pembelajaran, dan Penilaian
  • Modul 2: Perancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
  • Modul 3: Praktek Pembelajaran dan Penilaian
  • Modul 4: Praktek Pengolahan dan Pelaporan Penilaian Hasil Belajar     

Untuk Lebih Jelas dan detailnya Silahkan Download Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013  SMA Tahun 2018

  • Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Pendidikan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurikulum 2013 Tahun 2018
  • Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Antropologi Kurikulum 2013 Tahun 2018
  • Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Tahun 2018
  • Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Tahun 2018
  • Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Tahun 2018
  • Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Tahun 2018 
  • Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Konghucu dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Tahun 2018
  • Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Budha dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Tahun 2018
  • Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Tahun 2018
  • Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Matematika Kurikulum 2013 Tahun 2018 
  • Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kurikulum 2013 Tahun 2018 
  • Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Tahun 2018 
  • Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kurikulum 2013 Tahun 2018
  • Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Seni Budaya  Kurikulum 2013 Tahun 2018
  • Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kurikulum 2013 Tahun 2018
  • Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Biologi Kurikulum 2013 Tahun 2018
  • Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Fisika Kurikulum 2013 Tahun 2018
  • Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Kimia Kurikulum 2013 Tahun 2018
  • Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Geografi Kurikulum 2013 Tahun 2018
  • Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Sosiologi Kurikulum 2013 Tahun 2018
  • Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Ekonomi  Kurikulum 2013 Tahun 2018
  • Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Jerman Kurikulum 2013 Tahun 2018
  • Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Perancis Kurikulum 2013 Tahun 2018
  • Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Korea Kurikulum 2013 Tahun 2018
  • Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Mandarin Kurikulum 2013 Tahun 2018
  • Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Arab Kurikulum 2013 Tahun 2018
  • Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Matematika Peminatan Kurikulum 2013 Tahun 2018
  • Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Kurikulum 2013 Tahun 2018
  • Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia  Peminatan Kurikulum 2013 Tahun 2018
  • Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Inggris Peminatan Kurikulum 2013 Tahun 2018
  • Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Matematika Peminatan Kurikulum 2013 Tahun 2018